Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Matematika Terbaru 2022/2023

Sobat Guru-Baik, Postingan kali ini kami akan bagikan modul ajar matematika kelas 1 SD yang khusus kami tujukan untuk guru sekolah yang akan mengimpelementasikan kurikulum merdeka di tahun ajaran baru 2022/2023.

gambar modul ajar matematika kelas 1 SD

Materi yang digunakan dalam penyusunan modul ajar sesuai dengan buku panduan pelajaran matematika kemendikbud terbaru semester ganjil yang berjudul "belajar bersama temanmu", terdiri dari 8 bab yang akan menjadi bahan pembelajaran selama 2 semester meliputi Bab I Bilangan sampai 10, Bab II Menguraikan dan menyusun bilangan, Bab III Bilangan untuk menunjukkan urutan, Bab IV Penjumlahan, Bab V Pengurangan, Bab VI Bilangan yang lebih dari 10, Bab Vii Waktu dan Bab VIII Mengeksplorasi Banyak Benda.

Disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Adapun Tujuan pengembangan Modul Ajar kurikulum merdeka adalah mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran. Sehingga didalamnya tertuang tiga komponen penting yang menjadi penyusun modul ajar kurikulum merdeka, Meliputi:

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelaran yang digunakan.

2. Kompetensi Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Dengan menggunakan komponen-komponen penting diatas sehingga menjadi dasar untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga modul ajar kurikulum merdeka yang tersedia memiliki 4 kriteria penting berikut:
👉Esensial :
Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
👉Menarik, bermakna dan menantang :
Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
👉Relevan Dan Kontekstual :
Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
👉Berkesinambungan :
Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Dalam penggunaan dan penerapannya bapak/ibu guru bisa memilih satu dari tiga opsi pengaplikasian modul ajar pada kurikulum merdeka yang dianut sekolah masing-masing yakni:
👉Mandiri Belajar :
Satuan pendidikan menerapkan beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka tanpa mengganti kurikulum yang digunakan.
👉Mandiri berubah :
Satuan pendidikan menggunakan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan dan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi secara sederhana.
👉Mandiri berbagi :
Satuan pendidikan menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan perangkat ajar secara mandiri.

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SD

Tersedia dalam format pdf yang bisa bapak/ibu guru gunakan sebagai refferensi, berupa contoh modul ajar mata pelajaran matematika untuk kelas satu sekolah dasar (fase A kurikulum merdeka). Nantinya bisa dikembangkan sendiri oleh bapak/ibu agar menjadi lebih baik dan sempurna.

Selanjutnya silahkan download contoh modul ajar matematika kelas 1 SD berformat pdf yang bisa di convert doc melalui tautan dibawah ini:

DAPATKAN HARGA PROMO

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Matematika Terbaru 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel