Kesimpulan Persatuan Melalui Hidup Rukun Dalam Perbedaan [jawaban soal buku siswa kelas 6 tema 2 halaman 10]

Berikut kami berikan kunci jawaban soal buku siswa kelas 6 tema 2 halaman 10 tentang perbedaan yang menguatkan  muatan pelajaran bahasa Indonesia.

Pada halaman ini setiap siswa siswa kelas 6 diberikan teks yang harus dibaca dan ditelaah kemudian di berikan pertanyaan yang sesuai dengan teks  tersebut yaitu "Teks Perbedaan yang menguatkan".

Perbedaan tidak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita dapat melakukan banyak hal.

Setelah mengamati gambar dan membaca teks tentang hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!

Contoh:


  • Apa yang dimaksud dengan transmigran? Transmigran adalah orang yang berpindah ke daerah (pulau) lain.
  • Sebutkan nama suku yang ada di Indonesia! Suku Bali, Suku Balantak di Sulawesi Tengah, Suku Banggai di Sulawesi Tengah: Kabupaten Banggai Kepulauan, Suku Baduy di Banten, Suku Bajau di Kalimantan Timur, Suku Banjar di Kalimantan Selatan, Suku Batin di Jambi, Suku Bawean di Jawa Timur: Gresik, Suku Bentong di Sulawesi Selatan, Suku Berau di Kalimantan Timur: kabupaten Berau, Suku Betawi di Jakarta, Suku Bima NTB: kota Bima, Suku Boti di kabupaten Timor Tengah Selatan, Suku Bolang Mongondow di Sulawesi Utara: Kabupaten Bolaang Mongondow, Suku Bugis di Sulawesi Selatan, Suku Bungku di Sulawesi Tengah: Kabupaten Morowali, Suku Buru di Maluku: Kabupaten Buru, Suku Buol di Sulawesi Tengah: Kabupaten Buol, Suku Bulungan di Kalimantan Timur: Kabupaten Bulungan, Suku Buton di Sulawesi Tenggara: Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau, Suku Bonai di Riau: Kabupaten Rokan Hilir, Suku Gayo di Aceh: Gayo Lues Aceh Tengah Bener Meriah, Suku Gorontalo di Gorontalo: Kota Gorontalo, Suku Gumai di Sumatera Selatan: Lahat, dan lain-lain.
  • Berasal dari daerah manakan Tumpeng Gede? Tumpeng Gede, merupakan nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya. Tumpeng-tumpeng tersebut dikumpulkan dari warga, lalu dimantrakan oleh dukun adat desa setempat dan dibagi-bagikan kepada warga digunakan sebagai Sesandingan.

Tukarkan pertanyaan yang telah kamu buat dengan teman di sebelahmu dan diskusikan jawabannya bersama-sama! Tulis kesimpulan tentang persatuan melalui hidup rukun dalam perbedaan pada bagan berikut!

Contoh:

Kesimpulan Persatuan Melalui Hidup Rukun Dalam Perbedaan [jawaban soal buku siswa kelas 6 tema 2 halaman 10]

Ket :

1. Apa perbedaan yang ada....?

  • Berbeda suku dan agama, ada yang berasal dari sunda, jawa dan etnis tionghoa.
2. Bagaimana menykapinya
  • Meskipun berbbeda suku, mereka saling toleransi. Seperti setiap akhir mingggu berkumpul dibalai utama kampung dan saling membantu melakukan apa saja yang diutuhkan warga.
3. Apa Manfaat hidup rukun
  • Hidup akan terasa damai 
  • berdampigan,
  • tulus
  • dan saling menjaga

Belum ada Komentar untuk "Kesimpulan Persatuan Melalui Hidup Rukun Dalam Perbedaan [jawaban soal buku siswa kelas 6 tema 2 halaman 10]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel