RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku K13 Revisi 2020

Berikut kami sajikan contoh RPP 1 lembar kelas 1 tema 3 kegiatanku semester 1 revisi 2020 sebagai refferensi pembuatan perangkat ajar terbaru berdasarkan surat edaran mendikbu nomor 14 tahun 2019.

contoh rpp 1 lembar kelas 1 tema 3 revisi terbaru

Mengikuti kebijakan terbaru RPP dibuat lebih sederhana, praktis dan efektif dengan tujuan lebih meringankan kerja guru dalam menyiapkan administrasi ajar. Dengan harapan guru bisa lebih fokus dalam menyiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa dikelas dan evaluasi disetiap akhir kegiatan sehingga kompetensi bisa tercapai dengan baik.

Adapun arahan kebijakan terbaru dari mendibud terkait RPP revisi terbaru 2020 ialah sebagai berikut :

  • Guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan format RPP
  • 3 Komponen inti (komponen lainnya bersipat pelengkap dan dapat dipilih secara mandiri; tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen) 1 halaman cukup
  • Penulisan RPP dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga Guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri

Berdasarkan arahan mendikbud diatas, hal yang paling penting untuk RPP 1 lembar ini ialah terletak pada 3 komponen wajib (tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian) yang ada didalamnya.

Berikut 3 komponen wajib dalam RPP 1 lembar kelas 1 tema 3 subtema 1 pembelajaran 1 kurikulum 2013 revisi 2020 sebagai inti dari RPP itu sendiri :

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat

2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.

3. Melalui penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila.

4. Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila Pancasila dengan tepat.

5. Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat

6. Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, marakas, dan sejenisnya.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

 Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca do’a (Orientasi).

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) 15 menit

Kegiatan Inti

 Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?(HOTS)

 Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di pagi hari baik di rumah maupun di sekolah.(Collaboration)

 Setelah itu siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan pagi hari.

 Setelah siswa melafalkan bunyi teks sila-sila Pancasila, guru mengadakan permainan menyusun kata-kata menjadi bunyi teks Pancasila.

 Selesai permainan guru meminta siswa sekali lagi melafalkan bunyi teks sila-sila Pancasila. (Critical thinking and Problem formulation)

 Setelah semua siswa selesai mencoba memeragakan, guru meminta seluruh kelas diminta menyanyikan kembali lagu Bangun Tidur dengan penuh semangat. (Creativity and inovation)

Kegiatan Penutup

 Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

 Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.

 Menyanyikan lagu daerah.

 Salam dan do’a penutup

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi Pencapaian Siswa / Formatif asesmen dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

C. ASSESMENT

Penilaian Sikap, Pengetahuan Dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Agar Lebih jelas, silahkan lihat contoh melalui tampilan dibawah ini :

Download RPP kelas 1 Tema 3 1 Lembar

Subtema 1, Unduh Doc

Subtema 2, Unduh Doc

Subtema 3, Unduh Doc

Subtema 4, Unduh Doc

Akhirya kami cukupkan informasi untuk RPP 1 lembar kelas 1 ini sampai disini, semoga bisa menjadi refferensi untuk menuyusun perangkat pembelajran teman- teman guru sekalian.

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku K13 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel