Jawaban Soal Reviu IPS Pembelajaran 2 Jenjang SD Seri PPPK 2021

Guru-Baik.Com. Sobat Pengajar, Berikut kami posting jawaban kuis reviu IPS pembelajaran 2 jenjang SD sebagai bahan pembelajaran bagi calon guru ASN dan PPPK tahun 2021.

gambar jawaban reviu IPS pembelajaran 2 seri PPPK 2021

Butir soal yang disajikan bertujuan untuk melatih setiap calon peserta ujian agar dapat mengukur sejauh mana penguasaan materi. berlatih dan terus berlatih mengisi adalah jalan terbaik agar bisa memperoleh hasil terbaik.

Baiklah, Berikut ini adalah kunci jawaban khusus PGSD seri PPPK tahun 2021, Sesuai dengan judul postingan ini. Silahkan disimak dan fahami.

Soal Dan Jawaban

1. "Sejarah menyimpan banyak peristiwa. Peristiwa-peristiwa sejarah menjadi bagian catatan masa lalu yang dialami manusia. Karena begitu luas dan hampir tak terbatasnya materi yang menjadi objek studi sejarah maka salah satu prinsip yang digunakan dalam penyusunan sejarah ialah ..."

a. keberlanjutan
b. akomodasi
c. kronologis
d. kategorisasi
e. seleksi

 Kunci jawaban :"c. kronologis"

 

2. "Kebudayaan memiliki tiga unsur penting. Sistem budaya, sistem sosial dan wujud budaya. Ketiga sistem tersebut tentunya memiliki hubungan satu sama lainnya Unsur kebudayaan yang merupakan penjelmaan dari wujud sistem budaya adalah..."

a. Fasilitas sekolah
b. Tata tertib sekolah
c. Pakaian seragam sekolah
d. Kepala sekolah
e. Bangunan sekolah

 Kunci jawaban :"b. Tata tertib sekolah"

 

3. "Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus dikelola dengan efektif dan efisien dengan mengelola pembiayaan sehingga dapat mencapai apa yang menjadi program utama sekolah dalam pengembangan pelayanan pendidikan. Keberhasilan sekolah dalam pengelolaan tentunya tidak lepas dari peran kepala sekolah sebagai manager pengelolaan dan pengembangan. Kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis adalah kompleks budaya yang dijabarkan dari unsur kebudayaan universal yaitu sistem..."

a. kemasyarakatan
b. religi
c. politik
d. Kesenian
e. Teknologi

 Kunci jawaban :"a. kemasyarakatan"

 

4. "Unsur-unsur kebudayaan adalah salah satu cara untuk memahami budaya atau kebudayaan. Karena dengan mengetahui unsur-unsurnya, paling tidak kita akan mendapatkan gambaran tentang kebudayaan secara lebih baik. Unsur-unsur kebudayaan meliputi semua kebudayaan mana pun di dunia, baik yang kecil, bersahaja dan terisolasi maupun yang besar, kompleks dan dengan jaringan hubungan yang luas.Urutan unsur-unsur kebudayaan universal dari yang sulit ke mudah berubah adalah..."

a. Sistem religi, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi, sistem kesenian
b. Sistem religi, sistem kesenian, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan
c. Sistem religi, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan, sistem kesenian
d. Sistem religi, sistem kemasyarakatan, sistem kesenian, sistem teknologi
e. Sistem religi, sistem kesenian, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi

 Kunci jawaban :"a. Sistem religi, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi, sistem kesenian"

 

5. "Waktu, ruang dan peristiwa adalah tiga dimensi yang satu sama lainnya saling berhubungan. Ketiga dimensi tersebut berkaitan dengan kehidupan manusia. Kesatuan tiga dimensi waktu, ruang dan peristiwa yang berkaitan dengan manusia dalam sejarah memberi pengertian bahwa ..."

a. sejarah dibuat oleh manusia
b. perubahan dan keberlanjutan peristiwa
c. sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada kurun waktu tertentu
d. perubahan adalah hakikat sejarah
e. masyarakat manusia berada di tempat tertentu di dunia

 
Kunci jawaban :"c. sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada kurun waktu tertentu"

 

6. "Manusia saling berinteraksi satu sama lain. Hubungan ini menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Segala tindakan dan perilaku manusia yang ada di masyarakat ini tertuju untuk mendapatkan hubungan sosial berupa"

a. Bantuan dari orang lain
b. Pertahanan hidup
c. Saling berkomunikasi
d. Kepuasan pergaulan dengan orang lain
e. Pemenuhan pangan, sandang dan papan

Kunci jawaban :"e. Pemenuhan pangan, sandang dan papan"

 

 

7. "Unsur waktu dalam sejarah adalah sangat penting dalam arti kelangsungan dan perubahan. Waktu menjadi bagian dari sejarah sebagai identitas sebuah peristiwa terjadi. Peristiwa dalam sejarah akan berulang dengan perbedaan pada waktu yang berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa waktu dalam sejarah ialah ..."

a. waktu tertentu
b. waktu tak terhingga
c. waktu berlalu
d. waktu yang lalu
e. waktu yang berlangsung

Selengkapnya, silahkan download soal dan kunci jawaban reviu IPS pembelajaran 2 khusus guru SD seri PPPK pdf Dibawah ini

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bisa menjadi refferensi dan penunjang kelulusan seleksi PPPK 2021 teman-teman guru sekaian.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Soal Reviu IPS Pembelajaran 2 Jenjang SD Seri PPPK 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel