Soal PH/UH + Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 K13 Tahun 2021/2022

Sobat guru-baik dimanapun berada, Soal PH merupakan kumpulan bebrapa soal yang diambil dari materi pertema yang telah diajarkan sebelumnya, yang dijadikan sebagai media untuk mengevaluasi peserta didik terhadap materi yang telah diberikan selama ini.

Soal penilaian harian kelas 5 tema 5 kurikulum 2013 merupakan sebuah perangkat tes yang berisikan beberapa soal untuk menguji sejauh mana peserta didik memahami materi pertema yang selama ini diajarkan oleh guru.

gambar soal PH kelas 5 tema 5

Penilaian harian sangat penting dilaksanakan dengan menggunakan soal PH yang sesuai dengan kisi-kisi kelas 5 tema 5 k13 revisi 2021 Agar para guru mampu menilai sejauh mana kecakapan peserta didik yang telah dicapai.

Contoh Soal

1. Sebutkan contoh kegiatan di masyarakat yang memupuk persatuan dan kesatuan?

2. Salah satu tekad kesatuan dan persatuan dalam peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu …..

3. Bagaiman cara menjaga kerukunan antar umat beragama?

4. Sebutkan faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia?

5. Perhatikan bacaan berikut :

Rantai makanan sebagai bagian jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama makhluk hidup penyusunnya ada. Jika salah satu dari penyusun rantai makanan tersebut tidak ada, karena berbagai faktor, penyusun rantai makanan lain akan terganggu. Jika tidak ada padi, tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan. Rantai makanan itu akan terganggu dan merugikan apabila ular sawah yang seharusnya memangsa tikus sawah ternyata memangsa hewan lain, misal anak ayam yang dipelihara manusia.
Buatlah pertanyaan pada bacaan diatas !

6. Pikiran pokok pada paragraf di bawah ini adalah ….. Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini.

7. Perhatikan paragraf berikut !

Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris. Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur. Kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu, merupakan beberapa contoh dari sekian banyak hasil pertanian/perkebunan Indonesia. Peminat produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata banyak di luar negeri. Banyak produk pertanian yang rutin diekspor dengan nominal yang cukup besar. Biji cokelat, tembakau, aneka rempah-rempah, seperti lada hitam, lada putih, kayu manis, biji pala, dan vanili, merupakan beberapa contoh hasil pertanian yang terus diekspor. Potensi maritim dan agraris di Indonesia semuanya berguna bagi kemakmuran dan kesejahteraan segenap bangsa Indonesia.
Informasi apa yang di peroleh dari paragraf diatas?

8. Sebutkan pikiran utama dalam paragraf berikut !

Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi. Pemenuhan kebutuhan barang didistribusikan melalui jaringan transportasi. Sebagai negara kepulauan, saat ini pemerintah membangun sistem transportasi udara yang lebih baik untuk mempermudah dan mempercepat perpindahan manusia dan barang. Pemerintah juga membangun sistem transportasi darat yang makin baik dengan meyediakan berbagai pilihan moda angkutan, seperti kereta api. Transportasi laut pun menjadi salah satu sistem transportasi yang memudahkan distribusi barang dan perpindahan penduduk antarpulau.

9. Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Sebutkan dampak dari kondisi tersebut!

10. Jelaskan perbedaan negara maritim dan agraris!

Jawaban

1. Contoh kegiatan di masyarakat :
a. Kerja bakti membersihkan sungai
b. Gotong royong membangun rumah
c. Mengumpulkan bantuan untuk korban bencana alam

2. Tekad untuk menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

3. Cara menjaga kerukunan umat beragama yaitu :
a. Saling menghormati dan menghargai dalam beragama
b. Saling menjaga pada setiap perayaan agama agar bejalan aman dan damai
c. Saling merawat dan menjaga tempat ibadah

4. Faktor pendorong persatuan dan kesatuan :
a. Rasa Nasionalisme
b. Rasa Toleransi yang tinggi
c. Kesadaran dalam hidup bermasyarakat, sehingga timbul keinginan dari dalam hati untuk selalu membantu sesama, mengikuti kegiatan sosial, dan lain-lain.
d. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara seperti jasa pahlwan yang telah melawan para penjajah.
e. Adanya rasa senasib dan sepenanggungan yang diakibatkan oleh penderitaan semasa penjajahan.
f. Penggunaan bahasa Indonesia.

5. Bagaiamana yang terjadi jika penyusun rantai makanan tidak ada?

6. Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua

7. Indonesia merupakan negara agraris yang terkenal dengan penghasil rempah – rempah dan memiliki tanah yang subur. Hasil pertanian dan perkebunan antara lain Kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu. Selain itu ada juga yag di ekspor seperti Biji cokelat, tembakau, lada hitam, lada putih, kayu manis, biji pala, dan vanili

8. Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi

9. Dampak dari wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut yaitu melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah.

10. Perbedaan maritim dan agraris:
• Negara maritim adalah negara yang sebagaian besar wilayahnya merupakan perairan.
• Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani

Download soal PH Kelas V Tema 5

Telah kami sampaikan diawal artikel bahwa, akan kami bagikan soal ulangan harian kelas 5 + kunci jawaban tersebut dengan gratis dan mudah untuk tema 5 lengkap.

Untuk mendownloadnya telah kami sediakan link unduhan yang bisa digunakan, tinggal klik maka soal PH akan langsung terdownload dikomputer bapak/ibu guru sekalian.


Download Soal Tematik Subtema 1 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 2 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 3 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 4 -Unduh-

-----------------------Kisi-kisi PH Kelas 5 Semester 1 k13 revisi 2021-------------------

Demikian informasi file soal penilaian harian (PH) kelas 5 tema 5 kurikulum 2013 revisi terbaru yang bisa kami berikan, silahkan gunakan sebagai perangkat ajar untuk ulangan harian secara langsung maupun refferensi, Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal PH/UH + Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 K13 Tahun 2021/2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel