Kisi-Kisi PTS Atau UTS Jenjang SD Semester 1 K13 Tahun 2021/2022

Sobat Guru-baik, Untuk membantu teman-teman guru dalam mempersiapkan mid semester ganjil ini, maka pada postingan kami suguhkan kisi-kisi penilaian tengah semester (PTS) untuk SD lengkap mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 revisi terbaru.

gambar Kisi-Kisi PTS SD Semester 1

Sebelum ada perubahan kurikulum, kita lebih familiar menyebut ujian mid semester dengan nama ulangan tengah semester (UTS) untuk KTSP kemudian saat sekarang ini berubah lagi namanya menjadi penilaian tengah semester (PTS) untuk K13 yang saat ini tengah digalakkan.

Kisi-kisi PTS/UTS merupakan sebuah kerangka dasar yang dibuat sebagai panduan pembuatan soal penilaian tengah semester pada satuan pendidikan.

Sedangkan Untuk kisi-kisi PTS SD adalah sebuah kerangka dasar yang dibuat sebagai panduan pembuatan soal penilaian tengah semester pada satuan pendidikan sekolah dasar mulai dari kelas rendah 1 2 3 dan kelas tinggi 4 5 6.

Adapun tujuan dibuatnya kisi-kisi ialah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana bentuk soal yang akan diujikan pada saat mid semester.

Sehingga dengan adanya kisi-kisi ini bisa memberikan manfaat dua arah baik untuk guru maupun untuk siswa. Manfaat untuk guru bisa menjadi panduan memilih materi yang pas dan sesuai untuk dibuat soal. Sedangkan untuk siswa bisa menjadi bahan prediksi tentang bagaimana bentuk soal yang akan keluar sehingga bisa mempelajari materi yang tepat sasaran dan sesuai dengan soal.

Komponen penyusun kisi-kisi terdiri dari tema, subtema, materi, muatan pelajaran, kompetensi dasar, indikator soal, bentuk soal dan no soal.

Kisi - kisi penilaian tengah SD kurikulum 2013 harus dibuat oleh guru pemangku setiap kelas. Disusun berdasarkan buku kemendikbud kurikulum 2013 terbitan terbaru yang digunakan. Kisi - kisi untuk setiap kelas nya terdiri dari 3 tema, setiap tema terdiri dari 3 subtema dan 6 pembelajaran. Dengan kisi-kisi ini diharapkan para guru wali kelas dapat membuat soal PTS yang sesuai dengan kompetensi dasar yang diharapkan dan bentuknya pun sesuai dengan indikator.

Oke, Untuk guru yang membutuhkan, Silahkan "Download kisi-kisi PTS SD Semester 1" menggunakan link tautan yang kami sediakan dibawah ini:


Kisi-Kisi PTS Kelas 6 Semester 1
Kisi-Kisi PTS Kelas 5 Semester 1
Kisi-Kisi PTS Kelas 4 Semester 1
Kisi-Kisi PTS Kelas 3 Semester 1
Kisi-Kisi PTS Kelas 2 Semester 1
Kisi-Kisi PTS Kelas 1 Semester 1

Silahkan dikembangkan sendiri sesuai dengan ide dan kreativitas masing-masing agar tercipta kisi-kisi yang inovatif untuk menggali kompetensi setiap siswa.

Akhirnya sekian informasi tentang kisi-kisi mid semester untuk jenjang SD bisa kami berikan, Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kisi-Kisi PTS Atau UTS Jenjang SD Semester 1 K13 Tahun 2021/2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel