Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka di SIMPKB

Sobat guru-baik, kabar kali ini kami tujukan kepada seluruh bapak/ibu kepala sekolah dimanapun berada. Untuk persiapan menyambut kurikulum baru tahun 2024, kemendikbudristek telah membuka Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka dari tanggal 11 Februari hingga 31 Maret 2022.

Kebijakan merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) ini merupakan opsi atau pilihan tambahan yang diberikan kepada satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan Kemendikburistek terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Mungkin akan banyak sekali pertanyaan yang timbul dibenak bapak ibu sekalian terkait apa itu kurikulum merdeka? seperti apa dan untuk apa Platform Merdeka Mengajar yang di luncurkan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim. Apakah sebaiknya saya ikut menerapkan Kurikulum Merdeka tahun ini atau tidak? dan banyak lagi.

Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Sebaiknya cermati video interaktif pada implementasi kurikulum merdeka. Serta bisa memberikan pemahaman awal terkait kebijakan Kemendikbudristek yaitu Merdeka Belajar Episode 15 mengenai Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

Perlu diketahui, Tahun 2024 menjadi penentuan kebijakan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran. Evaluasi ini menjadi acuan Kemendikburistek dalam mengambil kebijakan lanjutan paska pemulihan pembelajaran.

Langkah-langkah Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka

Silahkan simak bagaimana cara mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka bagi GTK yang memenuhi persyaratan, yang kami coba tutorkan berikut ini:

Gambar Cara daftar implementasi merdeka belajar

Langkah pertama, Silahkan Kunjungi link pendaftaran yang beralamatkan di : https://sim-gurubelajar.simpkb.id/ dan masuk menggunakan akun simpkb atau simpatika yang terdaftar.

Setelah berhasil masuk ke laman utama, klik tombol daftar lalu pada laman selanjutnya akan ada notifikasi muncul, silahkan baca dan fahami terlebih dahulu. Adapun notifnya dapat dilihat sebagai berikut:

Salam Hormat Bapak/Ibu Kepala Satuan Pendidikan

Terima kasih telah berminat dan sukarela mempertimbangkan pilihan menggunakan kurikulum merdeka jalur mandiri. Saat ini adalah fase prototipe, artinya satuan pendidikan dapat menggunakan kurikulum merdeka sekaligus memberikan umpan balik perbaikan sebelum penetapan kebijakan kurikulum pada tahun 2024. Kami akan meminta umpan balik secara berkala (3 Bulanan) untuk mendapatkan umpan balik perbaikan kurikulum sekaligus memetakan kebutuhan dukungan kepada satuan pendidikan dalam melakukan implementasi kurikulum merdeka

klik tombol "Ikuti pembelajaran" dan tunggu proses.

Langkah berikutnya silahkan tonton dua Video Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka dengan cara klik mulai. Disetiap video akan ditampilkan beberapa pertanyaan yang wajib dijawab

Setelah selesai silahkan klik tombol isi kuesioner untuk melanjutkan kelangkah 2 Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka di SIMPKB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel