Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Dilengkapi Contoh Dan Link Download File Lengkap 2022/2023

Sobat pendidik nusantara, Untuk membantu guru-guru menyusun perangkat ajar terbaru yang akan digunakan pada tahun ajaran 2022/2023 ini. Maka melalui postingan berikut kami berikan informasi tentang modul ajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA. Tak hanya sekedar informasi bapak/ibu guru juga bisa melihat contoh yang kami tampilkan serta menggunakan properti link unduhan diakhir artikel untuk mengambil file lengkap berformat pdf sebagai refferensi.

gambar modul ajar kelas 7 SMP bahasa indonesia

Dibuat berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, perlu penetapan satuan pendidikan pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri. Namun sebelum lanjut lebih jauh, ada baiknya memahami beberapa hal penting terkait modul ajar dan kurikulum merdeka berikut.

Apa itu Modul Ajar dan Kurikulum Merdeka ?

Setelah kita sebelumnya mengenal sebuah studi plan dengan sebutan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk kurikulum 2013. Maka di tahun ini namanya berubah menjadi modul ajar atau rpp plus yang akan diimplementasikan pada kurikulum merdeka. Sama halnya dengan rpp sebelumnya modul aja masih merupakan sebuah rencana ajar yang menjadi skenario dari guru agar tatanan kegiatan pembelajaran berjalan sedemikian rupa sebagaimana yang dikehendaki oleh guru mapel masing-masing

Modul ajar adalah salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran dan sebagai penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid. Sedangkan Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Ciri Khas Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Untuk Modul ajar, guru dibebaskan Memilih atau memodifikasi yang disediakan Pemerintah untuk disesuaikan dengan karakteristik murid. Sederhana, mudah dipahami dan diimplementasikan adalah ciri khas modul ajar kurikulum merdeka yang merujuk pada memadukan kemampuan kognitif (pikiran), kecerdasan sosial-emosional (perasaan), kemauan untuk belajar, bersikap, dan mengambil tindakan (disposisi atau afektif) untuk melakukan perubahan. Budi Pekerti mengarah pada pengembangan kemampuan untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat (lifelong learning) yang memiliki kemampuan untuk mengatur diri menentukan arah belajar mereka.

Siapa Pengguna Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Untuk penggunaannya modul ajar digunakan sebagai salah satu perangkat ajar guru sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum pemulihan / prototipe (kurikulum merdeka), baik itu sekolah penggerak maupun sekolah umum yang telah mendaftarkan sekolahnya untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui jalur mandiri.

Penggunaan Dan Penerapan Modul Ajar

Dalam penggunaan dan penerapannya untuk sekolah mandiri, bapak/ibu guru bisa memilih satu dari tiga opsi pengaplikasian modul ajar pada kurikulum merdeka berikut:
👉Mandiri Belajar :
Satuan pendidikan menerapkan beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka tanpa mengganti kurikulum yang digunakan.
👉Mandiri berubah :
Satuan pendidikan menggunakan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan dan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi secara sederhana.
👉Mandiri berbagi :
Satuan pendidikan menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan perangkat ajar secara mandiri.

Lebih dari itu, selain untuk kurikulum pemulihan, modul ajar kurikulum merdeka bisa juga digunakan sebagai pengganti rpp bagi sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2013. Bapak /ibu guru hanya tinggal menyesuaikan kompetensi dasar dan materi pembelajaran saja.

Materi Dan Komponen Penyusun Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10

Materi yang digunakan dalam penyusunan modul sesuai dengan buku panduan mata pelajaran bahasa indonesia kelas sepuluh yang "berjudul Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia" terbitan kemendikbud terbaru semester ganjil dan genap.

Sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Sehingga didalamnya tertuang tiga komponen penting yang menjadi penyusun modul ajar kurikulum merdeka, Meliputi:

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Karakteristik Modul Ajar

Dengan menggunakan komponen-komponen penting diatas sehingga menjadi dasar untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga "modul ajar bahasa indonesia kelas 10 kurikulum merdeka yang tersedia memiliki beberapa kriteria penting" sebagai berikut:
👉Esensial :
Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
👉Menarik, bermakna dan menantang :
Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
👉Relevan Dan Kontekstual :
Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
👉Berkesinambungan :
Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Contoh Modul Ajar Bahasa indonesia kelas 10

Untuk contoh yang kami sajikan adalah pertemuan ke 1 bab 1 MENGUNGKAP FAKTA ALAM SECARA OBJEKTIF, materi Menyimak Teks Laporan Observasi secara Kritis. secara lengkap dapat dilihat dibawah ini:

INFORMASI UMUM
Nama : …………………..
Instansi : SMAN
Tahun Pelajaran : 2022
Jenjang / Kelas : SMA / X
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Alokasi Waktu : 270 Menit atau 2 X 3 Pertemuan (1 JP =45 menit)

Tujuan Pembelajaran
Fase : E

Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara

Domain : Menyimak

Tujuan
10.1 Mengevaluasi informasi yang tidak akurat dan bias dalam monolog berupa paparan laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif.
10.2 Memahami dan menganalisis gagasan dalam paparan laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif.

Pertanyaan Esensial :
1. Seperti apakah laporan hasil observasi yang objektif?
2. Bagaimana menggunakan informasi lain untuk mendukung hasil observasi kita?
3. Mengapa laporan hasil observasi harus objektif?

Pengetahuan/Keterampilan Esensial : Memahami dan menyajikan

Kata Kunci : Menyimak, teks laporan observasi, struktur teks, informasi

Deskripsi Umum Pembelajaran :
• Mempersiapkan pembelajaran
• Menyiapkan LK
• Kegiatan pembelajaran: awal, inti, penutup
• Refleksi
• Mengerjakan asesmen

Profil Pelajar Pancasila
Bernalar kritis, yang ditunjukkan melalui menganalisis isi teks laporan hasil observasi secara kritis.

Sarana dan Prasarana
Buku paket, pulpen, buku catatan, KBBI luring/daring, PUEBI luring/daring, meja, kursi, ruang kelas, internet, aplikasi mengajar, dan lingkungan sekitar.
Sasaran Peserta Didik
Peserta didik reguler

Jumlah Peserta Didik
Maksimal 32 Peserta didik

Ketersediaan Materi
• Pengayaan untuk peserta didik berpencapaian tinggi: YA/TIDAK
• Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk peserta didik yang sulit memahami konsep: YA/TIDAK

Model Pembelajaran
Tatap muka

Jenis Asesmen
 Tertulis
 Performa

Kegiatan Pembelajaran Utama

Pengaturan siswa
 Individu
 Berpasangan
 Berkelompok

Metode
 Ceramah
 Diskusi
 Presentasi
 Permainan
 Simulasi
 kolaboratif

Materi Ajar, Alat dan Bahan, Perkiraan Biaya

Materi Ajar
 Buku paket peserta didik yang diwajibkan sekolah
 Buku penunjang yang relevan
 PUEBI daring : https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
 Video pembelajaran / slide power point
 Internet

Alat dan Bahan
 Alat perekam suara dan video
 Laptop
 Kertas
 Pulpen
 Pelantang suara

Perkiraan Biaya
Fotokopi teks, yaitu perkiraan 36 peserta didik x @Rp200,00= Rp7.200,00

Materi Pembelajaran

a. Pengertian laporan hasil observasi
Laporan hasil observasi ialah teks yang mengungkapkan fakta-fakta yang didapatkan melalui proses pengamatan.

b. Pengertian objektif
Objektif artinya informasi yang diberikan sesuai dengan data yang didapat selama observasi. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk menuliskan informasi dan data yang indra kalian benar-benar dapatkan.

c. Struktur laporan hasil observasi
1) Pernyataan umum atau klasifikasi Bagian ini berisi pembuka atau pengan tar hal tentang yang akan disampaikan, hal umum tentang objek yang akan dikaji, dan menjelaskan secara garis besar pemahaman terhadap hal tersebut. Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal yang dibahas pada bagian ini adalah nama ilmiah, klasifikasi umum binatang (serangga/mamalia/unggas, dll.), dan tempat hidup secara umum.
2) Deskripsi bagian Bagian ini berisi penjelasan detail mengenai objek atau bagian-bagian dari objek. Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal-hal yang dapat dibahas di bagian ini adalah bagian tubuh, pola makan, daur hidup, habitat, kebiasaan unik, dll.
3) Deskripsi manfaat atau kesimpulan Bagian ini menjelaskan manfaat objek yang diobservasi, baik bagi manusia maupun bagi alam secara umum.

d. Struktur laporan hasil observasi yang disajikan secara ilmiah
Laporan observasi dapat disajikan, baik secara populer maupun ilmiah. Laporan populer memiliki bagian-bagian yang lebih fleksibel, tetapi bagiannya tidak lengkap. Hal itu sebagaimana yang tampak pada artikel dalam surat kabar atau majalah. Sementara itu, laporan ilmiah memiliki bagian lebih lengkap dan sistematika teratur.
Laporan hasil observasi pada umumnya disajikan dalam bentuk karya tulis atau yang lazim disebut dengan makalah. Adapun yang dimaksud dengan makalah adalah karya tulis yang membahas suatu persoalan dengan pemecahan masalah berdasarkan hasil membaca atau hasil pengamatan lapangan. Makalah biasanya disusun untuk diskusi-diskusi resmi, seperti simposium, seminar, atau lokakarya. Makalah sering pula disebut paper, yakni tugas tertulis pada suatu mata pelajaran yang penyusunannya dapat berupa kajian hasil obervasi lapangan.

Makalah disajikan dalam bagian-bagian sebagai berikut.
1) Pendahuluan
Bagian ini menguraikan masalah yang akan dibahas, meliputi latar belakang masalah, perumusan masalah, prosedur pemecahan masalah, dan sistematika pembahasan.
2) Pembahasan Bagian ini memuat uraian tentang hasil kajian penulis dalam mengembangkan jawaban terhadap masalah yang dirumuskan. Pembahasan masalah dilengkapi dengan data lapangan (hasil observasi) serta pendapat-pendapat penulis itu sendiri. Bagian ini boleh saja disusun lebih dari satu bagian.
3) Kesimpulan
Kesimpulan adalah pemaknaan kembali terhadap uraian yang telah dibuat pada bagian pembahasan. Bagian ini merupakan hasil pemaknaan kembali pembahasan, bukan ringkasan isi. Dalam mengambil kesimpulan tersebut, penulis harus mengacu pada permasalahan yang diajukan dalam bagian pendahuluan.

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
 Guru mengucapkan salam pembuka, mengecek kehadiran peserta didik, berdoa untuk memulai pembelajaran.
 Guru menanyakan kabar kepada peserta didik.
 Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Misalnya, apakah kalian pernah melakukan observasi?
 Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
 Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran.

Kegiatan Inti (70 menit)
 Guru memberikan penjelasan secara singkat terhadap paparan materi yang disampaikan tentang Pengertian laporan hasil observasi
 Peserta didik mengamati dan menyimak dengan baik paparan materi baik berupa tayangan gambar atau video yang disampaikan oleh guru
 Peserta didik diberikan bimbingan oleh guru melalui kegiatan diskusi.
 Peserta didik diminta untuk menjawab pertannyaan yang di ajukan oleh guru.
1. Seperti apakah laporan hasil observasi yang objektif?
2. Bagaimana menggunakan informasi lain untuk mendukung hasil observasi kalian?
3. Mengapa laporan hasil observasi harus objektif?
 Guru melakukan pengamatan dan penilaian kepada peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung
 Peserta didik mengumpulkan informasi melalui buku / internet / perpustakaan / bertanya kepada guru.
 Peserta didik menyajikan hasil karya pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
 Peserta didik melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka terhadap masalah yang ditemukan.

Kegiatan Penutup (10 menit)
 Guru dan peserta didik membuat simpulan bersama-sama mengenai pengertian teks observasi.
 Guru dan peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran hari ini.
 Guru mengingatkan topik pembelajaran berikutnya.
 Guru dan peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan doa.

Link Download Modul Ajar

Baiklah, di penghujung tulisan ini telah kami sediakan lengkap file lengkap semua bab modul ajar bahasa Indonesia SMA kelas 10 semester ganjil dan genap, dimana kami sediakan dalam format pdf yang bisa di convert doc dengan mudah. Tergantung minat dan kebutuhan guru-guru sekalian.

DAPATKAN HARGA PROMO

Semester Ganjil

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas X BAB I Mengungkap Fakta Alam secara Objektif Kurikulum Merdeka

Gunakan tombol UNDUH LINK Untuk medapatkan file berformat pdf yang telah kami simpan rapi dalam google drive. Bapak/ibu guru bisa mengconvertnya dalam doc dan dengan mudah mengeditnya.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas X BAB II Mengungkapkan Kritik lewat Senyuman Kurikulum Merdeka

Gunakan tombol UNDUH LINK Untuk medapatkan file berformat pdf yang telah kami simpan rapi dalam google drive. Bapak/ibu guru bisa mengconvertnya dalam doc dan dengan mudah mengeditnya.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas X BAB III Menyusuri Nilai dalam Cerita Lintas Zaman Kurikulum Merdeka

Gunakan tombol UNDUH LINK Untuk medapatkan file berformat pdf yang telah kami simpan rapi dalam google drive. Bapak/ibu guru bisa mengconvertnya dalam doc dan dengan mudah mengeditnya.

Semester Genap

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas X BAB IV Belajar Menjadi Negosiator Ulung Kurikulum Merdeka

Gunakan tombol UNDUH LINK Untuk medapatkan file berformat pdf yang telah kami simpan rapi dalam google drive. Bapak/ibu guru bisa mengconvertnya dalam doc dan dengan mudah mengeditnya.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas X BAB V Memetik Keteladanan dari Biografi Pahlawan Kurikulum Merdeka

Gunakan tombol UNDUH LINK Untuk medapatkan file berformat pdf yang telah kami simpan rapi dalam google drive. Bapak/ibu guru bisa mengconvertnya dalam doc dan dengan mudah mengeditnya.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas X BAB VI Berkarya dan Berekspresi melalui Puisi Kurikulum Merdeka

Gunakan tombol UNDUH LINK Untuk medapatkan file berformat pdf yang telah kami simpan rapi dalam google drive. Bapak/ibu guru bisa mengconvertnya dalam doc dan dengan mudah mengeditnya.

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Dilengkapi Contoh Dan Link Download File Lengkap 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel