Rangkuman Materi Perbandingan Dan Skala Kelas 4 5 6 | Acara Belajar Dirumah TVRI Jum'at 24 April 2020

Untuk Jum'at tanggal 24 April 2020, berikut kami rangkumkan materi perbandingan dan skala kelas 4 5 6, sebagai refferensi adik - adik peserta didik sekolah dasar (SD) dalam menyaksikan acara belajar dirumah TVRI.

Perbandingan Dan Skala

Perbandingan merupakan upaya yang dilakukan untuk membandingkan antara dua hal atau lebih, baik dalam bentuk jumlah maupun ukuran. Perbandingan ini merupakan sebuah perbandingan yang sederhanya. Sehingga Nilai perbandingan ini bisa diibaratkan sebagai a dan b, atau x dan y. Dan untuk penyelasaiannya sendiri bisa menggunakan rumus aritamtika.

Perbandingan dibedakan menjadi dua yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.

Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai merupakan upaya membandingkan dua objek atau lebih dengan besar salah satu nilai variabel yang bertambah maka membuat variabel lain menjadi bertambah juga.

Adapun rumus yang digunakan untuk perbandingan senilai ialah sebagai berikut :

Perbandingan Berbalik Nilai

Perbandingan berbalik nilai merupakan upaya membandingkan dua objek atau lebih dengan besar salah satu nilai variabel yang bertambah maka membuat variabel lain menjadi berkurang.

Adapun rumus yang digunakan untuk perbandingan berbalik nilai ialah sebagai berikut :

Perlu diketahui, untuk bisa mengidentifikasi jenis sebuah soal apakh itu perbandingan senilai ataupun berbalik nilai, perlu sebuah pengamatan dari kita masing - masing, sehingga dari pengamatan tersebut kita bisa menyimpulkannya nanti.

Skala

Skala adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak yang sebenarnya.

Perlu diketahui, bahwa skala ini banyak sekali penerapannya dalam kehidupan nyata, contohnya sering digunakan oelh arsitektur dalam melihat denah sebuah bangunan atau juga oleh arkeolog untuk menghitung luas suatu daerah.

Adapun rumus untuk menghitung skala adalah sebagai berikut :

Sebaiknya tanyakan kepada orang tua, teman, ataupun guru adik - adik sekalian jika memang ada yang belum bisa dimengerti.

Untuk Pembahasan Soal dan jawaban kelas 4 5 6 tanggal 24 April 2020,==>DISINI<==

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Perbandingan Dan Skala Kelas 4 5 6 | Acara Belajar Dirumah TVRI Jum'at 24 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel