Jawaban Soal Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan? | Acara Belajar Dirumah TVRI 29 April 2020

Ada tiga soal yang akan muncul dalam kegiatan belajar dirumah TVRI untuk kelas 4 5 6 membahas tentang materi sumber - sumber energi dan energi alternatif. Dimana kompetensi yang ingin dicapai kali ini ialah Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya. Agar bisa tercapai, berikut kami berikan jawaban pertanyaan akhir sesi belajar dirumah TVRI tersebut

jawaban soal kelas 4 5 6 TVRI 29 April 2020

1. Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan?

Jawab : Karena jika sumber energi dimanfaatkan secara berlebihan dan terus menerus lama kelamaan akan habis, terutama sumber energi tak terbarukan yang dalam pembentukannya membutuhkan waktu jutaan tahun itupun jikalau bahan pembentuknya masih ada, sebagaimana kita ketahui sumber energi tak terbarukan ini berasal dari fosil dan mineral alam.

Penjelasan : Sumber energi terbagi menjadi dua yaitu : tak terbarukan dan terbarukan, dikatakan tak terbarukan karena apabila sejumlah sumbernya dieksploitasi maka untuk mengganti sumber yang sejenis, mungkin dan belum pasti akan terjadi selama jutaan tahun lagi sedangkan terbarukan sumber energi yang dengan cepat bisa pulih kembali secara alami dan berkelanjutan.

2. Pak Dodi mengendarai mobil pada malam hari. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada mobil tersebut!

Jawab : Perubahan energi yang terjadi adalah sumber energi kimia kemudian berubah menjadi energi kinetik yang menggerakkan mesin mobil dan dilanjutkan berubah menjadi energi listrik yang menghidupkan setiap lampu pada mobil tersebut.

3 Jelaskan pemanfaatan energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab : Pemanfaatan energi biogas ialah pemanfaatan energi yang berhasil diperoleh dari hasil fermentasi bahan organik seperti limbah dan kotoran. Energi ini berupa gas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Contoh : Pengganti gas LPG, bahan bahan kendaraan, pembangkit listrik dan bahan bakar gas lainnya.

Sampai disini jawaban untuk pertanyaan dalam acara belajar dirumah TVRI kelas 4 5 6 tanggal 29 April 2020 yang bisa kami berikan. Jika ada tambahan silahkan sematkan dalam kolom komentar yang telah kami sediakan

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Soal Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan? | Acara Belajar Dirumah TVRI 29 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel