RPP Daring Kelas 4 Format 1 Lembar Tema 8 Semester 2

Guru-Baik.Com - Teruntuk guru SD yang saat ini masih melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online. Dilaman ini telah kami siapkan contoh RPP daring kelas 4 semester 2 tema 9 tahun ajaran 2021/2022.

RPP ini berfungsi mengatur kegiatan pembelajran jarak jauh dengan memanfaatkan android sebagai sarana transfer ilmu dari guru ke siswa.

RPP Dibuat dalam bentuk tematik. Dimana setiap tema mengadung 4 subtema dan pembelajaran.

Dimana setiap 1 kali pembelajaran terdiri dari 1 lembar RPP yang dibuat sesuai edaran mendikbud nomor 14 yang memuat 3 komponen inti, meliputi tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau assesment.

RPP model ini sepenuhnya megatur kegiatan pembelajaran agar bisa dilaksanakan tanpa harus tatap muka langsung, Sehingga proses transfer ilmu dilakukan dengan bantuan aplikasi whatsapp, telegram, google meeting ataupun Zoominar.

New normal yang berbeda dari tahun-tahun yang lalu tentu menjadi keadaan yang sangat berbeda disetiap sekolah. Setiap tehnik dan metode efektif untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh diterapkan oleh masing-masing guru.

Contoh RPP Daring kelas 4 semester 2

Baiklah, agar lebih jelas silahkan lihat contoh rpp yang telah kami siapkan dibawah ini :

A. TUJUAN PEMBELAJARAN


1. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
2. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
3. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi.
4. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
5. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak.
6. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat mempraktikkan gaya dorongan dan tarikan.
7. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN


Pembukaan
 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) Dipandu melalui grup whatsapp
 Siswa mengisi daftar hadir online yang dikirimkan guru di grup whatsapp
Kegiatan Inti
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi teks cerita fiksi
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresif, intonasi tepat, dan penuh percaya diri.
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi ciri-ciri teks cerita fiksi
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi tentang pengertian gaya dan gerak
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi tentang perbedaan gaya dan gerak
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa

C. PENILAIAN (ASESMEN)


Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru. Misalnya memberikan tugas dirumah dan mengumpulkannya melalui WA grup.

Link Download

Untuk ibu/bapak guru yang ingin mendownload, Silahkan gunakan link yang telah kami sematkan melalui cuplikan dibawah ini:

Perlu diketahui bahwa RPP ini memiliki 3 komponen inti didalamnya sebagaimana tertuang dalam SE no 14 tentang penyederhaan RPP, meliputi :

1. Tujuan Pembelajaran

2. Inti Pembelajaran

3. Penilaian atau assesment.

Ketiga komponen diatas adalah wajib untuk ada dalam sebuah RPP. Boleh ditambahkan komponen lain seperti Ki-KD dan sebagainya sebagai pelengkap. Akan tetapi hal ini jika guru menginginkannya untuk mencapai goal learning masing-masing.

Akhir kata, Kami Cukupkan informasi tentang RPP tematik kelas 4 semester 2 terbaru sampai disini. Semoga bisa memberikan refferensi bagi teman-teman guru SD/MI dimanapun berada.

Belum ada Komentar untuk "RPP Daring Kelas 4 Format 1 Lembar Tema 8 Semester 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel