Jawaban Reviu PPKn Pembelajaran 3 Jenjang SD Seri PPPK

Dengan tujuan mempermudah teman-teman calon guru ASN dan PPPK tahun 2021. Maka berikut kami sediakan refferensi jawaban soal PPPKn pembelajaran 3 jenjang SD Seri PPPK

gambar jawaban reviu PPKn Pembelejaran 3 jenjang SD

Kegiatan belajar mandiri ini bertujuan mempermudah setiap calon agar bisa menyelesaikan tahap 1 di program kemendikbud.

Silahkan gunakan sebagai media evaluasi diri terdapat penguasaan materi statistika dan peluang menggunakan kuis dibawah ini :

Soal

1. "Bagi bangsa Indonesia, pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena merupakan salah satu bentuk pengamalan Pancasila terutama sila ..."

a. Persatuan Indonesia
b. Ketuhanan Yang Maha Esa
c. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan /Perwakilan
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia 
e. Kemanusian Yang Adil dan Beradab

Jawaban Benar :"e. Kemanusian Yang Adil dan Beradab"

 

 

2. "Secara yuridis pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena ..."

a. penegakkan HAM merupakan bagian tidak terpisahkan dari kebijakan Presiden
b. pengakuan terhadap HAM terdapat dalam berbagai jenis peraturan
c. jaminan perwujudan HAM terdapat dalam konstitusi
d. penegakkan HAM merupakan ciri negara demokratis
e. penghormatan terhadap HAM merupakan amanat ideologi negara

 Jawaban Benar :"c. jaminan perwujudan HAM terdapat dalam konstitusi"

 

3. "Kita mengenal nilai vital, dan setiap orang pasti membutuhkan dan mempertahankannya. Tanpa nilai vital, seseorang tidak mampu mempertahankan hidupnya dalam masyarakat. Yang kita fahami bahwa nilai vital ini merupakan ..."

a. Nilai sosial yang berguna bagi memenuhi kebutuhan rohani atau spiritual manusia yang sifatnya lebih universal atau umum.
b. Nilai sosial yang berguna bagi aktivitas atau kegiatan manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.
c. Merupakan nilai ketuhanan yang mengandung satu keyakinan atau kepercayaan oleh manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
d. Nilai yang berkaitan dengan perasaan dan jiwa keindahan manusia, atau sering juga disebut sebagai nilai estetika.
e. Nilai sosial yang berguna bagi jasmani manusia, termasuk benda-benda nyata yang dapat dimanfaatka bagi pemenuhan kebutuhan fisik.

 Jawaban Benar :"b. Nilai sosial yang berguna bagi aktivitas atau kegiatan manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari."

 

4. "Pada dasarnya upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM sering mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Hal tersebut disebabkan karena penegakan HAM masih bersifat parsial atau berdiri sendiri. Untuk itu, dibutuhkan peran serta segenap komponen bangsa, yaitu masyarakat dan pemerintah. Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana hubungan peran pemerintah dan masyarakat dalam upaya pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM?"

a. Masyarakat bisa lebih berperan aktif dengan melakukan tindakan tegas dan keras kepada semua lembaga atau organisasi yang tidak mendukung kebijakan pemerintah dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM.
b. Pemerintah dapat menjadikan laporan masyarakat mengenai terjadinya pelanggaran HAM sebagai dasar untuk bertindak tegas dengan menggunakan kekerasan dalam rangka menjamin terwujudnya penghormatan dan penegakkan HAM.
c. Pemerintah bertindak sebagai regulator atau pembuat kebijakan penegakkan HAM, sementara itu masyarakat mendukung dengan tetap bersikap kritis kebijakan pemerintah tersebut dalam proses penegakkan HAM
d. Pemerintah dapat memaksa masyarakat untuk patuh terhadap semua kebijakan dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM, serta memberikan sanksi kepada siapa saja yang mengkritisi kebijakan tersebut.
e. Pemerintah dan masyarakat berperan sesuai dengan kehendaknya dalam mewujudkan pengakuan, penghormatan dan penegakkan hak asasi manusia, karena keduanya memiliki peran yang berbeda serta tidak saling berkaitan satu sama lain.

 Jawaban Benar :"c. Pemerintah bertindak sebagai regulator atau pembuat kebijakan penegakkan HAM, sementara itu masyarakat mendukung dengan tetap bersikap kritis kebijakan pemerintah tersebut dalam proses penegakkan HAM"

 

5. "Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, betapa banyak nilai dalam masyarakat. Nilai-nilai ini merupakan sesuatu yang berharga dalam kehidupan. Oleh karenanya setiap orang menjaga secara baik setiap nilai yang mereka harapkan. Misalnya sesorang berharap terjaminnya nilai sosial, nilai kebenaran,nilai keindahan, nilai moral, maupun nilai agama yang mereka anut masing-masing. Nilai moral sebenarnya .."

a. Nilai yang bersumber dari unsur rasa yang terdapat pada setiap diri manusia, dan biasa disebut dengan nilai estetika.
b. Nilai yang melakat pada masyarakat berkaitan dengan sikap dan tindakan manusia nilai ini menjadi ciri bahwa manusia tidak dapat hidup mandiri.
c. Nilai yang besumber dari kehendak atau kemauan, dengan nilai ini manusia dapat bergaul dengan baik diantara sesama manusia lainnya.
d. Nilai yang bersumber dari akal manusia. Nilai ini mutlak dibawa sejak lahir. Oleh karenanya ada yang menyatakan nilai ini merupakan kodrat dari Tuhan.
e. Nilai yang bersumber dari nilai-nilai ketuhanan yang tersimpan dalam ajaran agama dan dianggap nilai yang paling tinggi disbanding yang lainnya.

  Jawaban Benar :"c. Nilai yang besumber dari kehendak atau kemauan, dengan nilai ini manusia dapat bergaul dengan baik diantara sesama manusia lainnya."

 

6. "Bagi seorang tersangka atau terdakwa dalam perkara pidana berhak mendapatkan perlindungan hukum dan didampingi penasehat hukum. Hal tersebut merupakan perwujudan

a. economical rights
b. proverty rights
c. political rights
d. procedural rights
e. social rights

 Jawaban Benar :"d. procedural rights"

 

7. "Pendidikan merupakan salah satu upaya pewarisan nilai, moral, norma, dan kaidah-kaidah masyarakat lainnya. Pancasila sebagai sumber nilai, moral dan norma bagi warga masyarakat Indonesia yang harus diwariskan kepada setiap warga Negara merupakan kewajiban Negara. Ini meruapakan amanah dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 .."

a. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 1
b. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 4
c. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 3
d. Beberapa pasal UUD NRI tahun 1945 terutama pasal 29

Selengkapnya, silahkan download soal dan kunci jawaban khusus guru SD seri PPPK pdf Dibawah ini

Silahkan gunakan informasi yang kami sampaikan ini dengan sebaik mungkin. Semoga bisa menjadi refferensi untuk teman-teman guru sekaian.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Reviu PPKn Pembelajaran 3 Jenjang SD Seri PPPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel