Soal PH/UH + Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 K13 Tahun 2021/2022

Sobat guru-baik dimanapun berada, Soal PH merupakan kumpulan bebrapa soal yang diambil dari materi pertema yang telah diajarkan sebelumnya, yang dijadikan sebagai media untuk mengevaluasi peserta didik terhadap materi yang telah diberikan selama ini.

Soal penilaian harian kelas 4 tema 4 kurikulum 2013 merupakan sebuah perangkat tes yang berisikan beberapa soal untuk menguji sejauh mana peserta didik memahami materi pertema yang selama ini diajarkan oleh guru.

gambar soal PH kelas 4 tema 4

Penilaian harian sangat penting dilaksanakan dengan menggunakan soal PH yang sesuai dengan kisi-kisi kelas 4 tema 4 k13 revisi 2021 Agar para guru mampu menilai sejauh mana kecakapan peserta didik yang telah dicapai.

Contoh Soal

1. Sebutkan 3 contoh sikap yang mencerminkan sila ke 3?

2. Menggalang kegiatan sosial dan meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan merupakan pengamalan Pancasila sila ke …..

3. Apa manfaat budaya tegur dalam kehidupan sehari hari?

4. Perhatikan gambar berikut ! Apa makna symbol Pancasila tersebut?

5. Perhatikan cerita berikut !

Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama. Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.

Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu. Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencari demi sahabatnya.

Setelah Gabus mengatakan makanan yang dapat menyembuhkan penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.

Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu memakannya. Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.

Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala. (disadur dari Dongeng dan Cerita Rakyat Nusantara paling Melegenda, Ajeng Restiyani)
Jelakan sifat tokoh tupai dalam cerita diatas?

6. Tempat dimana tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, dan lain sebagainya disebut ….

7. Perhatikan teks berikut !

Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi buatannya ke toko mebel. Di toko mebel itulah orang- orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.
Informasi apa yang kamu dapatkan dari teks diatas?

8. Perhatikan teks berikut !

Sambil menunggu bel masuk sekolah, Imam selalu membaca buku sebelum pelajaran dimulai. Semua tugas dari guru sudah dipersiapkan semuanya. Teman temannya yang lain ada yang sedang duduk sambi bercerita sesama teman, ada pula yang sedang membersihkan papan tulis serta menyapu lantai.
Latar waktu dan tempat pada teks diatas adalah?

9. Apa produk yang dihasilkan dari pengrajin kayu?

10. Jelaskan bagaimana kegiatan ekonomi pada proses pembuatan baju !

Download soal PH

Telah kami sampaikan diawal artikel bahwa, akan kami bagikan soal ulangan harian kelas 4 + kunci jawaban tersebut dengan gratis dan mudah untuk tema 4 lengkap.

Untuk mendownloadnya telah kami sediakan link unduhan yang bisa digunakan, tinggal klik maka soal PH akan langsung terdownload dikomputer bapak/ibu guru sekalian.


Download Soal Tematik Subtema 1 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 2 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 3 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 4 -Unduh-

-----------------------Kisi-kisi PH Kelas 4 Semester 1 k13 revisi 2021-------------------

Demikian informasi file soal penilaian harian (PH) kelas 4 tema 4 kurikulum 2013 revisi terbaru yang bisa kami berikan, silahkan gunakan sebagai perangkat ajar untuk ulangan harian secara langsung maupun refferensi, Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal PH/UH + Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 4 K13 Tahun 2021/2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel