Jawaban Soal Tema 1 Kelas 4 Halaman 59 60 61 62 63 64 Dan 65

Adik-adik silahkan pelajari kunci jawaban soal tema 1 kelas 4 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku pembelajaran 5. Jawaban yang akan kami berikan kali ini ialah pada halaman 59 60 61 62 63 64 dan 65.

Adapun materi yang dibahas meliputi menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia, menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dan menjelaskan perbedaan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.

Refferensi jawaban yang kami berikan ini bis digunakan oleh adik-adik sebagai bahan pembelajaran untuk menghadapi PH, PTS maupun PAS, dapat pula digunakan oleh guru dan orang tua untuk mengoreksi jawaban siswa

Bahasan soal dan jawaban

Ayo Membaca

Warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Suku Minang

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?

"Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!"

Jawaban : Silahkan Diskusikan dengan teman satu kelompok adik-adik sekalian

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.

"Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut."

Jawaban : Silahkan Diskusikan dengan teman satu kelompok adik-adik sekalian

Presentasikan hasil temuanmu kepada teman dalam satu kelompok.

"Untuk Memulai diskusi diatas adik-adik bisa memperhatikan dan mengembangkan soal dan jawaban yang tersedia dibawah ini

1. "Di mana asal suku Minang ?"
Jawaban: Suku Minang berasal dari Provinsi Sumatera Barat.

2. "Mengapa banyak suku Minang yang ditemui di berbagai daerah dan kota besar?"
Jawaban: Hal tersebut dikarenakan suku minang suka merantau dan berjualan. Sehingga Suku Minang cenderung dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

3. "Apa nama seni tradisional Suku Minang yang terkenal?"
Jawaban: Seni tradisional Suku Minang yang terkenal adalah Tari Piring, Tari Rantak, Tari Randai, Tari Indang, dan Tari Payung.

Ayo Mengamati

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerakan dasar tersebut. Sekarang kamu akan mempelajari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk. Amati dan baca keterangan pada gambar berikut.

Praktikkan gerakan dasar duduk tari Bungong Jeumpa di atas. Perhatikan instruksi dan peragaan dari gurumu.

Setelah selesai belajar menari, sekarang kamu akan mendiskusikan tangram yang telah kamu buat sebelumnya.

Ayo Berdiskusi

Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut.

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan? Jelaskan.

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak beraturan?

Bagaimana caramu membedakan antara segi banyak beraturan dengan segi banyak tidak beraturan? Tuliskan pada diagram frayer berikut.

Presentasikan diagram yang telah kamu buat kepada teman di sebelahmu!

Ayo Renuungkan!

Setelah belajar hari ini, renungkanlah!

•• Seberapa sering kamu bekerja sama dengan orang yang berbeda? Jelaskan!

•• Apa yang akan kamu lakukan setelah mengetahui bahwa terdapat keberagaman di sekitarmu?

Kerjasama Dengan Orang Tua!!

Sampaikanlah kepada orang tua mengenai pentingnya memahami dan menghargai keragaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu, baik keragaman sosial, budaya, maupun agama. Minta orang tuamu menulis kesimpulan diskusi pada kolom berikut.

Demikian Pembahasan soal dan jawaban buku siswa kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 5 halaman 59 60 61 62 63 64 Dan 65 kami bagikan. Semoga bisa menjadi refferensi bagi peserta didik maupun pendidik yang membacanya. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Soal Tema 1 Kelas 4 Halaman 59 60 61 62 63 64 Dan 65"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel