Cara Cetak Surat Keterangan Mutasi Siswa MI MTs MA MAK Di Aplikasi EMIS 4.0 Tahun 2021

Sobat Guru-baik, Di postingan kali ini, kami akan menjelaskan tentang bagaimana caranya mencetak surat mutasi atau pindah siswa yang berasal dari sekolah Madrasah (MI, MTs, MA).

Sebagaimana kita ketahui bahwa sekolah madrasah merupakan sekolah yang berada dalam naungan departemen agaman (DEPAG). Sehingga aplikasi pendataan yang digunakan adalah EMIS.

Layaknya DAPODIK untuk sekolah umum, emis juga difungsikan hampir sama. yakni sebagai aplikasi pendataan siswa.

Seperti halnya bahasan kita pada tulisan ini, bahwa surat pindah atau mutasi untuk sekolah yang berada dalam naungan departemen agaman (MI, MTs, MA, MAK) harus dibuat melalui aplikasi EMIS.

Akan tetapi masih banyak sekolah yang membuat surat mutasi dengan manual, padahal menu cetak surat mutasi pada aplikasi EMIS sudah tersedia dan bisa digunakan.

Faktor yang mungkin melatar belakangi tidak menggunakan aplikasi pendataan sekolah (EMIS) untuk mencetak surat mutasi adalah belum faham atau bisa jadi tidak mau ribet membuka aplikasi ini.

Baiklah, kami tujukan kepada teman-teman yang mungkin masih bingung bagaimana caranya. Berikut kami share langkah-langkah membuat dan mencetak surat mutasi siswa diaplikasi emis:


➧ Pertama, silahkan buka aplikasi emis versi terbaru dan login menggunakan id dan password sekolah masing-masing,
➧ Kedua, setelah berhasil masuk silahkan Klik "Menu Siswa"
➧ Ketiga, Pilih menu Mutasi
➧ Keempat, Pilih menu "mutasi keluar"
➧ Kelima, Klik “BUAT SURAT KETERANGAN”
➧ Keenam, silahkan Ketikkan nama siswa yang akan dimutasi, NISN (otomatis terisi bagi yang ada NISN), TANGGAL PINDAH, dan ALASAN PINDAH, lalu silahkan centang kalimat "Saya, Staf Lembaga - Madrasah Tsanawiyah, bertanggung jawab atas pengeluaran surat keterangan mutasi secara penuh.
➧ Ketujuh, klik Simpan.
➧ Jika proses penyimpanan berhasil, silahkan klik nama siswa yang akan dimutasi. Selanjutnya silahkan pilih "Cetak".
➧ Sampai pada tahap proses pembuatan dan pencetakan surat mutasi siswa selesai dilakukan. Adapun hasilnya dapat dilihat seperti contoh yang kami tampilkan berikut ini:

gambar contoh surat mutasi emis 4.0

Perlu diingat bahwa, nomor yang terdapat pada pojok bawah surat mutasi tersebut nantinya akan dibutuhkan oleh sekolah baru yang menerima siswa pindahan tersebut. Baik bagi sekolah dibawah naungan Departemen agama (EMIS) maupun sekolah umum (DAPODIK).

Sampai disini kami akhiri, Semoga informasi terkait cara mudah mencetak surat keterangan mutasi di aplikasi EMIS 4.0 dapat difahami. Semoga bermafaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cetak Surat Keterangan Mutasi Siswa MI MTs MA MAK Di Aplikasi EMIS 4.0 Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel