Refferensi Jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Numerasi

Sobat Guru peserta bimtek literasi dan numerasi dimanapun berada, Setelah mempelajari miskonsepsi literasi dan konsep numerasi maka selanjutnya bapak ibu guru akan diberikan beberapa kasus yang berkaitan dengan numerasi dan diminta untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kasus tersebut.

Agar lebih memahami, silahkan diskusikan kasus - kasus dibawah ini! Kemudian tariklah kesimpulan apakan bisa mengukur kemampuan numerasi peserta didik.

gambar jawaban studi kasus konsep dasar numerasi

Perhatikan ilustrasi dibawah ini.

Kasus 1

1. Pak Yoga memiliki 15 meter kayu. Dia ingin membuat beberapa buah rak buku. Setiap rak buku membutuhkan 4 meter kayu dalam proses pembuatannya. Berapa banyak rak buku yang dapat dibuat oleh Pak Yoga?

2. 15 orang anak akan pergi ke sebuah toko buku. Mereka berencana untuk memesan taksi. Taksi tersebut hanya dapat membawa paling banyak 4 orang penumpang. Berapa banyak taksi yang mereka butuhkan?

3. Kegiatan jalan santai yang akan diselenggarakan di bulan Agustus akan menempuh jarak 15 km. Lintasan tersebut akan dibagi menjadi 4 sublintasan. Berapa panjang jarak setiap sublintasan?

Pertanyaan:

1.Apakah yang menarik dari ketiga ilustrasi tersebut?

2.Terdapat dua orang murid A dan murid B memberikan jawaban terhadap ketiga pertanyaan tersebut.

3.Murid A menjawab pertanyaan a, b dan c dengan jawaban yang sama yaitu 3,75. Sementara murid B menjawab untuk pertanyaan a dengan jawaban 3 rak buku, pertanyaan b dengan jawaban 4 taksi dan pertanyaan c dengan jawaban 3,75 km.

4.Berdasarkan jawaban kedua murid tersebut, manakah menurut Anda yang memiliki kemampuan numerasi yang lebih baik. Jelaskan alasan Anda dan diskusikan dengan teman sejawat Anda.

Kasus 2

Seorang anak diminta untuk menghitung nilai mean, median dan modus suatu data. Anak tersebut kemudian menggunakan kalkulator atau alat hitung semacamnya untuk melakukan perhitungan tersebut.

Jika seseorang mengerjakan permasalahan matematika kontekstual seperti permasalahan di atas tetapi menghitung dengan alat hitung misalnya kalkulator apakah dapat dikatakan memiliki literasi matematika yang baik?

Kasus 3

Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran matematika adalah sering ditemukan beberapa murid yang mampu mengerjakan perhitungan matematika secara formal, ketika dihadapkan dengan permasalahan kontektual yang sedikit berbeda walapun masih menggunakan konsep matematika yang sama, sering mengalami kesulitan untuk menyelesaikan masalah kontekstual tersebut.

Diskusikan dengan peserta lainnya, tentang hal tersebut.

Apakah kasus seperti ini ada hubunganya dengan kemampuan numerasi? Jelaskan.

Pilihan jawaban pertanyaan Studi Kasus Konsep Dasar Numerasi

Siswa A dan B memiliki kemampuan numerasi Akan tetapi, siswa B memiliki kemampuam numerasi yang lebih dibanding siswa A Karena, siswa B bernalar dan kontekstual sangat bagus

Siswa B,karena tidak semua permasalahan diselesaikan denga konsep atau cara yang sama seperti jawaban siswa B dalam membuat rak ia menjawab 3 berarti kayu akan tersisa 3 meter.mungkin lebih baik kayu itu bersisa dari pada rak ditamba besar,karena jika rak tidak sesuai ukuran kekuatannya berkurang,juga akan mengganggu tempat benda lain.dalam memesan taksi B menjawab 4,itu juga keputusan yang tepat sebab jika dia mesan tiga taksi sementara muatan satu taksi 4 orang tentu 3 orang temannya akan tinggal.untuk jalan santai yang berjarak 15 km dan akan dibagi 4 sub tentu untuk kesamaan sub tersebut tentu jaraknya dibagi sama.

Murid B memiliki kemampuan numerasi yang lebih baik karena dapat melakukan perhitungan yang sesuai dengan pertanyaan dari masing-masing ilustrasi.

Membuat pelajaran matematika lebih menarik salah satunya adalah dengan mengintegrasikan ilmu matematika ke dalam kehidupan siswa sehari-hari mulailah dari yang sangat sederhana sampai komplek

Dari ketiga kasus semua anak sudah memiliki kemampuan literasi sesuai dengan pemahaman mereka dalam memecahkan masalah

Source : guru belajar dan berbagi seri literasi numerasi

Lainnya :


Jawaban Soal KeDua Simulasi Aktivitas 2 Seri Literasi Numerasi


Jawaban Soal KeTiGa Simulasi Aktivitas 2 Seri Literasi Numerasi


Jawaban Soal KeEmpat Simulasi Aktivitas 2 Seri Literasi Numerasi


Jawaban Soal KeLima Simulasi Aktivitas 2 Seri Literasi Numerasi


Jawaban Soal KeEnam Simulasi Aktivitas 2 Seri Literasi Numerasi


Soal Dan jawaban Miskonsepsi Perkembangan Numerasi


Soal Dan jawaban Miskonsepsi Perkembangan Literasi 2


Soal Dan Jawaban Tes Awal Seri Literasi Numerasi


Soal Dan Jawaban Studi Kasus Asesmen Penyusunan Program Literasi dan Numerasi berdasarkan Profil Peserta Didik


Soal & Refferensi Jawaban Kasus Implementasi Numerasi dalam Pembelajaran Seri Literasi Numerasi


Jawaban Studi Kasus 1 SMP pada tugas Modul 2 Implementasi Literasi dan Numerasi


Jawaban Studi Kasus SD [Kelas Rendah Dan Tinggi] Seri Literasi Numerasi


Hikmah Pengimbasan Simulasi Aktivitas 3 Seri Literasi Numerasi


Contoh Profilling Peserta Didik pada kegiatan Evaluasi

Demikian informasi kali ini kami sajikan, Semoga apa yang kami berikan bisa memberi manfaat bagi pembaca sekalian. Salam Sehat.

Belum ada Komentar untuk "Refferensi Jawaban Studi Kasus Konsep Dasar Numerasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel