ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Bahasa Inggris Tahun 2022/2023

Sobat Guru-Baik, Salam hangat menyambut kurikulum baru. Mengingat sudah ribuan sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka di tahun 2022/2023 ini. Maka pada postingan ini kami bagikan informasi tentang salah satu kelengkapan perangkat ajar terbaru yakni alur tujuan pembelajaran (ATP) yang kali ini kami khususkan untuk mata pelajaran bahasa inggris SD fase A.

Alur Pembelajaran (AP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran (CP).

Layaknya seperti silabus, ATP disusun sistematis dan logis dimana didalamnya berisikan capaian pembelajaran, tujuan pembelajara, perkiraan jumlah jam, Kata/Frasa Kunci,Topik/Konten Inti, profil pelajar pancasila yang dibuat perpertemuan dan dijelaskan secara Singkat dan nantinya dikembangkan sebagai garis besar penyusunan modul ajar.

Adapun Fungsi dan manfaat Alur Pembelajaran (AP) adalah sebagai panduan guru dan siswa untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir fase tersebut.

Bagaimana Cara membuat alur tujuan pembelajaran?

Baiklah secara singkat akan kami paparkan sekitar 7 langkah yang bisa difahami agar bisa menyusun sebuah ATP.
1. Lakukam analisis Capaian Pembelajaran yang didalamnya berisikan materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
2. Identifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase dan sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.
3. Lakukan analisis setiap elemen dan atau sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut. Ada enam dimensi, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha, Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
4. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
5. Susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
6. Kemudian Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama).
7. Terakhir, Tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan untuk jumlahnya sendiri bisa disesuikan dengan alokasi waktu masing-masing mata pelajaran.

Alur Tujuan Pembelajaran bahasa inggris Kelas 1 SD

Baiklah sesuai dengan judul postingan, rasanya kurang lengkap jika kami tidak menyertakan contoh ATP bahasa inggris SD kelas 1. Silahkan disimak melalui tampilan dibawah ini.

gambar ATP bahasa inggris kelas 1 SD

Link Download ATP SD

Baiklah, di penghujung tulisan ini untuk memudahkan bapak/ibu guru mencari refferensi, maka telah kami sediakan lengkap file contoh dalam format pdf yang bisa di convert doc dengan mudah. Tergantung guru-guru sekalian butuhnya dalam format apa.
HUBUNGI ADMIN UNTUK FILE LENGKAP

Lebih Lengkap : ATP KElas 1 Seluruh Mata Pelajaran Kurikulum Merdeka 2022/2023

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "ATP Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD Bahasa Inggris Tahun 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel