Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Terbaru 2022/2023 [Lengkap Semua BAB]

Sobat pejuang pendidikan yang profesional, Melalui postingan berikut akan kami akan share contoh perangkat ajar terbaru yaitu modul ajar fase d kurikulum merdeka untuk kelas tujuh khusus mata pelajaran bahasa indonesia. Bapak ibu sekalian bisa menjadikannya sebagai refferensi ditahun ajaran 2022/2023.

Penyusunan modul dibuat berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Yang mana didalamnya telah diterangkan terkait struktur kurikulum merdeka.

gambar modul ajar kelas 7 SMP bahasa indonesia

Tak hanya sekolah penggerak saja yang dapat mengimplementasikan modul ajar kurikulum merdeka, namun sekolah lain yang berminat bisa juga mengimplementasikannya dengan jalur mandiri.

Bagi guru yang saat ini bertugas disekolah yang kebetulan mengimplementasikan kurikulum merdeka jalur mandiri, maka bapak/ibu guru bisa memilih satu dari tiga opsi penerapan berikut:
👉Mandiri Belajar :
Satuan pendidikan menerapkan beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka tanpa mengganti kurikulum yang digunakan.
👉Mandiri berubah :
Satuan pendidikan menggunakan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan dan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi secara sederhana.
👉Mandiri berbagi :
Satuan pendidikan menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan perangkat ajar secara mandiri.

Lebih dari itu, selain untuk kurikulum pemulihan, modul ajar kurikulum merdeka bisa juga digunakan sebagai pengganti rpp bagi sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2013. Bapak /ibu guru hanya tinggal menyesuaikan kompetensi dasar dan materi pembelajaran saja.

Materi yang digunakan dalam penyusunan modul sesuai dengan buku paket mata pelajaran bahasa indonesia SMP kelas vii dari kemendikbud terbaru semester ganjil dan genap yang terdiri dari beberapa bab yang akan dibahas, Meliputi bab 1 Jelajah Nusantara, bab 2 Berkelana di dunia imajinasi, bab 3 Hal Yang Baik Bagi Tubuh, Bab 4 Aksi Nyata Para Pelindung Bumi, bab 5 Membuka Gerbang Dunia, Bab 6 Sampaikan Melalui Surat

Sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Sehingga didalamnya tertuang tiga komponen penting yang menjadi penyusun modul ajar kurikulum merdeka, yaitu:

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Karakteristik Modul Ajar

Dengan menggunakan komponen-komponen penting diatas sehingga menjadi dasar untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga "modul ajar yang tersedia memiliki beberapa kriteria penting" sebagai berikut:
👉Esensial :
Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
👉Menarik, bermakna dan menantang :
Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
👉Relevan Dan Kontekstual :
Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
👉Berkesinambungan :
Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Contoh

Contoh Modul Bahasa Indonesia kelas VII berikut tersedia dalam format pdf yang bisa bapak/ibu guru gunakan sebagai refferensi. Nantinya bisa dikembangkan sendiri oleh bapak/ibu agar menjadi lebih baik dan sempurna.

INFORMASI UMUM
Nama : Jenjang / Kelas : SMP / 7
Asal Sekolah : SMPN
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Alokasi Waktu : 160 Menit (2 X Pertemuan)
Jumlah Peserta Didik : 32
Moda Pembelajaran : Tatap Muka
Fase : D Domain
Mapel : Membaca dan Memirsa

Profil Pelajar Pancasila :
 Kreatif, yang ditunjukkan melalui menghubungkan makna-makna, membangun atau merekonstruksikan imaji-imaji visual dengan baik, menyesuaikan atau mengadaptasikan imaji dengan pikiran imajinatif untuk menciptakan karya baru dalam tulisan, lukisan, dan pementasan.
 Jujur, yang ditunjukkan melalui penyampaian informasi berdasarkan apa yang disimak

Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menemukan informasi eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat.
2. Peserta didik mengidentifikasi gaya penulisan teks deskripsi di media sosial dengan menuliskan kalimat ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik.
3. Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap katakata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tepat.
4. Peserta didik berlatih mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat majas personifikasi.

Kata Kunci : Teks deskripsi, objek, kata konkret, kalimat perincian, dan majas personifikasi.

Deskripsi Umum Pembelajaran :
 Mempersiapkan pembelajaran
 Menyiapkan LK
 Kegiatan pembelajaran: awal, inti, penutup
 Refleksi
 Mengerjakan asesmen

Materi Ajar :
 Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks “Pantan Terong yang Instagramable”
 Kata sapaan.
 Menemukan arti kata menggunakan kamus..
 Majas personifikasi, Kata konkret, Kalimat perincian.
 Menilai pamflet wisata

Alat dan Bahan :
 LCD/video
 Komputer, jaringan internet
 Buku
 Kertas HVS
 Kertas POST it
 Majalah
 kamus

Sarana Prasarana:
 Ruang kelas
 Perpustakaan

CAPAIAN PEMBELAJARAN :
peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi, mempresentasikan, dan menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan; Peserta didik menulis berbagai teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur, dan menuliskan tanggapannya terhadap paparan dan bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik mengembangkan kompetensi diri melalui pajanan berbagai teks penguatan karakter.

Konsep Utama :
Mengakses Informasi dan Mengambil Simpulan dari Teks Deskripsi

Target Peserta Didik :
Reguler

Assesmen :
Tertulis, individu dan kelompok Keterampilan dan pengetahuan prssyarat :
 Mengenal Teks deskripsi
 Memahami unsur-unsur di dalam teks.

Ketersediaan Materi :
 Pengayaan untuk peserta didik berpencapaian tinggi:
YA/TIDAK
 Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk peserta didik yang sulit memahami konsep:
YA/TIDAK

Kegiatan Pembelajaran Utama / Pengaturan peserta didik :
 Individu
 Berkelompok (Lebih dari dua orang)

Pertanyaan Inti :
1. Mengapa teks deskripsi penting bagi kita?
2. Apa saja unsur teks deskripsi yang baik?
3. Bagaimana menyajikan teks deskripsi yang baik?

Metode :
 Diskusi
 Latihan
 penugasan
 Presentasi
 Eksplorasi

Materi Ajar, Alat dan Bahan :
buku, majalah, video, HP, laptop, internet.

Perkiraan materi :
Materi diperlukan untuk pengadaan majalah (bila diperlukan) dan kuota internet

Persiapan Pembelajaran :
 Menyiapkan bahan ajar/materi
 Menyiapkan LK
 Menyiapkan rubric penilaian
 Menyiapkan alat penilaian

Langkah-langkah pembelajaran :

Pertemuan ke-1
Kegiatan awal
 Guru menyapa peserta didik.
 Guru mengajak peserta didik untuk berdo’a sebelum memulai pelajaran.
 Guru mengecek kehadiran peserta didik.
 Guru menstimulasi peserta didik tentang jelajah Nusantara pada pertemuan sebelumnya dengan beberapa pertanyaan.

Kegiatan Inti

Sebelum Membaca:
 Peserta didik diminta untuk duduk dalam kelompok sebelum mereka membaca bacaan “Pantan Terong yang Instagramable” secara mandiri.
 Guru dapat memperagakan teknik menganotasi. Guru membacakan nyaring beberapa kalimat, lalu berhenti atau mengulang frasa yang belum dipahami.
 Guru menunjukkan cara menandai frasa tersebut,kemudian mencatatnya.

Selama Membaca:
Guru berkeliling untuk menjawab pertanyaan peserta didik tentang kata atau frasa yang belum dipahami.
 Guru juga dapat menawarkan bantuan kepada peserta didik yang terlihat mengalami kesulitan membaca.

Setelah Membaca:
 Dalam kelompok, minta peserta didik menganalisis teks deskripsi "pantan terong yang Instagramable" dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengakses informasi (nomor 1 dan 2) dan membuat simpulan (nomor 3, 4 dan 5) dalam buku peserta didik.
 Kata-kata Instagramable, blog, adalah istilah media sosial yang saat ini tak asing bagi peserta didik SMP. Namun, bukannya tak mungkin peserta didik belum mengenal istilah tersebut karena terbatasnya aksesnya kepada jaringan internet.
Tanyakan kepada peserta didik siapa yang mengenal istilah sosial media tersebut, dan minta mereka menjelaskan kepada teman sekelasnya.

Kegiatan Penutup
 Guru membuat sumpulan tentang pelajaran yang disampaikan.
 Peserta didik diberi tugas untuk membaca teks Deskripsi dari buku atau internet kemudian dianalisis unsur-unsurnya.
 Guru menutup pelajaran

DAPATKAN HARGA PROMO

Link Download

Baiklah, di penghujung tulisan ini telah kami sediakan file lengkap untuk semua BAB pelajaran bahasa indonesia kelas 7. File tersedia dalam format pdf yang bisa di convert doc dengan mudah. Tergantung minat dan kebutuhan guru-guru sekalian.

Lihat Lengkap Modul Ajar Kelas 7 SMP Lengkap Semua Mapel

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Terbaru 2022/2023 [Lengkap Semua BAB]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel