Modul Ajar PKN SD Kelas 5 [Fase C] Kurikulum Merdeka 2022/2023

Sobat guru-baik, Modul ajar kurikulum merdeka PKN kelas v SD/MI semester ganjil dan genap kurikulum merdeka merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang akan kami bagikan pada artikel ini. Perangkat ini merupakan persiapan guru dalam menghadapai kegiatan belajar mengajar (IKM) tahun ajaran baru 2022/2023.

gambar Modul Ajar PKN SD Kelas 5 [Fase C] Kurikulum Merdeka 2022/2023

Dengan memiliki modul ini, maka guru akan mudah melaksanakan pengajaran dikelas karena telah memiliki perencanaan yang termuat didalamnya. Sehingga kegiatan belajar mengajar telah terkonsep sedemikian rupa dan terancang dengan apik agar dapat mencapai sebuah proyek profil pelajar pancasila.

Dibuat berdasarkan penjabaran yang ada pada ATP (alur tujuan pembelajaran) serta sesuai dengan capaian pembelajaran (CP 033) terbaru fase C dan dikondisikan dengan karakteristik peserta didik. Sehingga modul yang tersedia berkriteria Esensial, Menarik, Relevan dan kontekstual dan Berkesinambungan.

Materi-materi pada pelajaran PKN kelas 5 SD/Mi sesuai dengan buku terbitan kemendikbud terbaru yang menjadi bahan pembuatan modul ini kami tuliskan pula. Tentu saja bertujuan agar guru-guru tidak keliru melihat mengamati serta mengembangkan yang telah disediakan pemerintah melalui badan penyedia administasi ajar guru dari kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Materi Semester Ganjil

✔ Bab 1 Pancasila dalam Kehidupan

✔ Bab 2 Makna Norma dalam Kehidupanku

Materi Semester Genap

✔ Bab 3 Mengenali Diri Sendiri dan Lingkunganku

✔ Bab 4 Dari Aku untuk Indonesia

Adapun Komponen-komponen yang termuat dalam modul ajar ini berisikan :

1. INFORMASI UMUM

Identitas Modul

Berisi Info seputar modul ajar yang terdiri dari: Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya modul ajar, Tingkatan sekolah (SD/SMP/SMA), Kelas, dan Alokasi waktu (penentuanya cocok dengan jam pembelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing)

Kompetensi Awal

Yang dimaksud dengan Kompetensi awal merupakan pengetahuan dan/ atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu.

Profil Pelajar Pancasila

Pelajar Pancasila merupakan tujuan akhir dari suatu aktivitas pembelajaran yang berhubungan erat dengan pembentukan karakter siswa.

Profil Pelajar Pancasila bisa terefleksi dalam konten dan/atau sistem pembelajaran. Dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tak perlu dicantumkan seluruhnya, namun bisa dipilih Profil Pelajar Pancasila yang cocok dengan kegiatan pembelajaran.

Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila saling berkaitan dan terintegrasi dalam seluruh mata pembelajaran. Hal ini nampak jelas di dalam:
materi/isi
pembelajaran
pedagogi dan/atau
kegiatan projek
asesmen

Tiap modul mencakup satu atau beberapa unsur dimensi Profil Pelajar Pancasila yang telah ditetapkan.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana adalah fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Sarana artinya alat dan bahan yang diaplikasikan. Prasarana ialah materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang diaplikasikan dalam aktivitas pembelajaran. Ketersediaan materi sebaiknya mempertimbangkan keperluan peserta didik, baik dengan keterbatasan atau kelebihan.

Teknologi juga termasuk sarana dan prasarana yang perlu dimanfaatkan untuk pembelajaran yang lebih dalam dan bermakna.

Sasaran Peserta Didik

Terapat 3 (Tiga) klasifikasi target peserta didik yakni:
1. Peserta didik reguler/tipikal: umum, tak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
2. Peserta didik dengan kesulitan belajar seperti gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya (contohnya dengan audio). kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dan lain-lain.
3. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, sanggup mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan sanggup memimpin.

Contoh Pembelajaran

Contoh pembelajaran merupakan atau kerangka pembelajaran yang memberikan ilustrasi sistematis pelaksanaanpembelajaran}.

Modelnya {bahkan bermacam-macam, mulai dari contoh pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.

2. KOMPONEN INTI

Tujuan Pembelajaran

Pada Tujuan pembelajaran semestinya mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan wajib bisa diuji dengan pelbagai bentuk asesmen sebagai format dari unjuk pemahaman.

Selain itu, tujuan pembelajaran akan menentukan kegiatan belajar, sumber tenaga yang diaplikasikan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang diterapkan.

Tujuan pembelajaran bahkan bisa bermacam-macam bentuk , mulai dari pengetahuan (fakta dan berita), prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.

Pemahaman Bermakna

Pemahaman bermakna merupakan info tentang manfaat yang akan diperoleh peserta didik sesudah pelaksanaan pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat diterapkan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

Model kalimat pemahaman bermakna: Manusia berorganisasi untuk memecahkan persoalan sulit dan mencapai suatu tujuan.

Pertanyaan Pemantik

Adapun Pertanyaan pemantik bertujuan untuk mengantar siswa mendapatkan pemahaman bermakna cocok dengan tujuan pembelajaran.

Pertanyaan ini diciptakan oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kecakapan berpikir kritis dalam diri peserta didik.

Misalnya, pada pembelajaran menulis cerpen, guru dapat mengajukan pertanyaan pemantik sebagai berikut:

Apa yang membuat sebuah cerpen menarik untuk dibaca?

Seandainya kamu diminta untuk membuat akhir cerita yang berbeda, apa yang akan kamu usulkan?

Kegiatan Pembelajaran

Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam format langkah-langkah konkret, yang disertakan opsi pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan keperluan belajar siswa.

Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan cocok dengan durasi waktu yang direncanakan, dalam tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

Asesmen

Kebutuhan Asesmen diterapkan untuk mengevaluasi capaian pembelajaran di akhir kegiatan.

Kriteria pencapaian wajib diatur dengan jelas cocok dengan tujuan pembelajaran ditetapkan.

Ada 3 tipe asesmen:
a. Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik)
b. Asesmen selama proses pembelajaran (formatif)
c. Asesmen pada akhir pelaksanaan pembelajaran (sumatif)

Wujud asesmen yang dapat dilakukan :

Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, pengevaluasian diri, penilaian teman sebaya, dan anekdotal. Kinerja (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.) Tertulis tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).

Pengayaan dan Remedial Pengayaan ialah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengoptimalkan potensinya secara maksimal.

Dalam merancang kegiatan pengayaan, Anda perlu mengamati diferensiasi, seumpama lembar belajar/ kegiatan yang berbeda dengan kelas.

Remedial diberikan terhadap peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran (mengulang).

3. LAMPIRAN

a. Lembar Kerja Peserta Didik

Lembar kerja siswa ini dimaksudkan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan terhadap peserta didik, termasuk peserta didik nonreguler.

b. Bahan Bacaan Guru & Peserta Didik

Bahan bacaan guru dan peserta didik dapat diaplikasikan sebagai pemantik sebelum aktivitas dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.

c. Glosarium

Glosarium ialah kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal komplit dengan definisi dan artinya. glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.

d. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan sumber-sumber acuan yang digunakan dalam pengembangan modul didik. ialah segala sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs web, lingkungan sekitar, narasumber, dan lain-lain.

Dengan ini diharapkan para guru wali kelas dapat merancang pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan harapan mencapai profil pelajar pancasila. Untuk lebih jelas silahkan "unduh contoh modul ajar kurikulum merdeka kewarganegaraan kelas lima kurikulum merdeka" berikut:

🚀 Download Modul Ajar Bab 1 Pancasila dalam Kehidupan kelas 5 semester ganjil

🚀 Download Modul Ajar Bab 2 Makna Norma dalam Kehidupanku kelas 5 semester ganjil

🚀 Download Modul Ajar Bab 3 Mengenali Diri Sendiri dan Lingkunganku kelas 5 semester benap

🚀 Download Modul Ajar Bab 4 Dari Aku untuk Indonesia kelas 5 semester genap

🚀 Download ATP PKN kelas 5 Kurikulum Merdeka

🚀 Download CP PKN kelas 5 Kurikulum Merdeka

🚀 Download Buku Guru Dan Siswa PKN kelas 5 Kurikulum Merdeka

Demikian informasi ini kami sajikan. Semoga bisa menjadikan file diatas sebagai refferensi. terus berinovasi pendidik Indonesia. Terima kasih dan Salam edukasi.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar PKN SD Kelas 5 [Fase C] Kurikulum Merdeka 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel