Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 4, 5, Dan 6

gambar Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 4, 5, Dan 6

Pada kesempatan kali ini akan kami membahas dan berbagi kunci jawaban soal buku siswa tematik kelas 5 tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan pembelajaran 1. Jawaban yang akan kami berikan kali ini ialah pada soal tema 1 kelas 5 halaman 4, 5, dan 6.

Jawaban soal halaman 4 akan membahas pertanyaan tentang ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf pada teks organ gerak dan hewan.

Kunci jawaban halaman 5 akan menjawab soal tentang cara mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.

Sedangkan dihalaman 6 akan membahas pertanyaan tentang mendiskusikan pengertian, fungsi dan cara menentukan ide pokok bacaan.

Berikut kami berikan kunci jawaban buku siswa tematik kelas 5 tema 1 organ gerak hewan dan manusia semester 1 kurikulum 2013 revisi pada halaman yang telah kami jelaskan diatas.

Kunci jawaban Tema 1 Kelas 5 halaman 4

Ayo Berlatih

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Soal Halaman 4

Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

Jawaban Terbaik

Paragraf
Ide Pokok
Kalimat Pengembang
2
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.
Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya
3
Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.
Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.
4
Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.
Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.
5
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnnya dapat bergerak.
Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Kunci jawaban Tema 1 kelas 5 halaman 5

Ayo Berdiskusi

Soal Halaman 5

Kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf!

  1. Organ gerak Terdiri atas 2 macam
  2. Organ Gerak Banyak Sekali Fungsinya
  3. Tanpa Organ Gerak Manusia Tidak dapat bergerak

Jawaban Terbaik

  1. Organ gerak terdir atas dua macam, yakni organ gerak atas dan bawah. Organ gerak atas terdiri atas lengan, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, tulang pengumpil dan tulang jari tangan, sedangkan organ gerak bawah terdiri atas kaki kiri dan kanan.
  2. Organ gerak banyak sekali fungsinya. Dengan organ gerak kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, belari, menendang, memanjat dan lain-lain.
  3. Tanpa Organ gerak manusia tidak dapat bergerak. Sesuai dengan fungsi organ gerak berfungsi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga kalau organ gerak tidak ada dapat dipastikan manusia tidak bisa melakukan apapun.

Kunci jawaban buku Tema 1 kelas 5 halaman 6

Ayo Berdiskusi

> Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan.

Soal Halaman 6

Diskusikan tentang hal-hal berikut:

Jawaban Terbaik

  1. Ide pokok bacaan merupakan kalimat gagasan atau pemikiran utama yang dikembangkan sehingga menjadi bahasan dalam sebuah paragraf.
  2. Fungsi ide pokok merupakan kalimat utama yang menjadi pengembang suatu paragraf.
  3. Untuk menentukan ide pokok bacaan kita bisa menelaah pokok masalah yang dikembangkan menjadi sebuah paragraf, biasanya ide pokok terdapat diawal, tengah atau akhir paragraf.

Tulislah kesimpulan yang dapat kalian ambil dari diskusi ini

  • Ide pokok merupakan kalimat gagasan atau pemikiran utama yang berfungsi sebagai pengembang suatu paragraf, dan ide pokok biasanya terletak diawal, tengah dan akhir paragraf.

Link Download Kunci jawaban soal tematik buku siswa kelas 5 tema 1 halaman 4, 5, 6, 7 format doc, Ambil File.

Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban pada buku tematik kelas 5 kali ini. Semoga bisa menjadi refferensi bagi peserta didik maupun pendidik yang membacanya. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 4, 5, Dan 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel