Jenis Pekerjaan Yang Berkaitan Dengan Pemanfaatan Sumber daya Laut [Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 145

Berikut kami bagikan jawaban soal buku siswa kelas 5 tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 145 yaitu pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya alam laut adalah?. Dimana pertanyaan ini bermuatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) jenjang sekolah dasar (SD).

Jenis Pekerjaan Yang Berkaitan Dengan Pemanfaatan Sumber daya Laut [Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 145

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat

Kondisi geografis sebagai negara maritim dan kepulauan membawa banyak keuntungan bagi bangsa Indonesia. Wilayah laut Indonesia yang sangat luas telah diakui secara internasional sebagai negara maritim yang ditetapkan dalam UNCLOS pada tahun 1982. Hal ini berarti Bangsa Indonesia diberi kewenangan untuk memanfaatkan potensi sumber daya laut.

Cakupan wilayah yang sangat besar dan luas, tentu saja laut Indonesia mengandung keanekaragaman sumber daya alam laut yang sangat potensial, baik hayati maupun non-hayati. Sumber daya alam laut tersebut antara lain ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wisata bahari, sumber energi minyak dan gas bumi, bahan mineral, dan juga media transportasi antarpulau. Semua potensi alam tersebut tersedia dalam jumlah yang besar dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Besarnya peluang ekonomi dari pemanfaatan potensi sumber daya laut yang sedemikian besar ini tentunya dapat memberikan kontribusi bagi kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia. Hingga pada akhirnya juga akan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa. Kelompok masyarakat yang bisa merasakan langsung potensi kekayaan sumber daya kelautan ini adalah masyarakat yang berda di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang bisa diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya.

Ayo Berlatih

Kelompok masyarakat yang bisa merasakan langsung potensi kekayaan sumber daya kelautan ini adalah masyarakat yang berada di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang bisa diusahakan untuk menunjang kehidupan ekonominya.

Ayo sebutkan jenis-jenis usaha atau pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam laut di Indonesia?

Adapun contoh jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut meliputi :

  1. Nelayan
  2. Pengeboran minyak lepas pantai (Offsore)
  3. Pelayaran
  4. Berbagai sektor pelayanan pelabuhan
  5. Budidaya rumput laut
  6. Berbagai sektor usaha pariwisata.

Akhir kata, cukup smpai disini tulisan ini kami sampaikan. Silahkan gunakan sebagai refferensi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Pekerjaan Yang Berkaitan Dengan Pemanfaatan Sumber daya Laut [Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 145"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel