RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMP/Mts Semua Kelas K13 Revisi 2020

Rutinitas guru setiap awal semester adalah menyiapkan perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan aturan-aturan mendikbud terbaru.

Untuk tahun ajaran baru tahun 2019/2020 permndikbud kembali mengluarkan kebijakan tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.

rpp 1 lembar bahasa inggris revisi 2020

Berdasarkan aturan baru tersebut dapat kami simpulkan terkait penyederhanaan RPP revisi 2020 ini adalah terletak ada komponen dan juga format yang digunakan untuk menyusunnya.

Ada 3 komponen yang wajib digunakan dalam RPP revisi terbaru mendikbud ini yaitu tujuan kegiata dan penilaian, komponen lainnya boleh ditambahkan namun hanya sekedar pendukung saja.

Untuk Format yang digunakan dalam menyusun RPP revisi 2020 ini, guru dibebaskan dalam memilih, menggunakan serta mengembangkannya, walaupun demikian RPP haruslah tetap menganut kaidah efisien, efektif dan berorientasi pada peserta didik.

Sesuai dengan judul postingan kami, guru-baik.com akan berikan RPP bahasa inggris 1 lembar untuk SMP/Mts revisi 2020.

Bagi guru yang penasaran terkait bentuk RPP 1 lembar bahasa inggris SMP revisi 2020, silahkan perhatikan contoh yang kami berikan berikut ini:

Contoh RPP 1 Lembar Revisi 2020 Terbaru

Sekolah : SMP...

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : IX/...

Materi Pokok : Teks Interaksi Interpersonal;Menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi

Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran @40 Menit

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Menirukan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
  • Mengidentifikasi ungkapan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dari teks yang dibaca
  • Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
  • Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
  • Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

Media Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar

  • Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
  • Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
  • Sumber Belajar : Buku Bahasa Inggris Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 130 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

Penilaian Hasil Pembelajaran

  • Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
  • Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio

­­­

 

……….............……..,... Juli 20...

 

Mengetahui

Kepala Sekolah …………. Guru Mata Pelajaran

 

 

 

…………………………………… …………………………………….

NIP/NRK. NIP/NRK.

Link Download

Sesuai dengan yang kami sampaikan diatas, Agar supaya bapak/ibu guru dapat mendownload contoh rpp bahasa inggris SMP 1 lembar dengan mudah dan gratis, melalui artikel ini kami sisipkan link yang bisa digunakan.

Perlu diketahui bahwa RPP versi 1 lembar SMP yang kami sediakan memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. RPP disusun sesuai permendikbud no 14 tahun 2019 : Disederhanakan dengan konsep efektif, efisien dan berorientasi pada peserta didik.

  2. Dibuat dengan 3 komponen wajib (tujuan, kegiatan dan penilian).
  3. Dibuat 1 lembar untuk setiap pertemuan.

  4. Melalui editing RPP revisi sebelumnya yang sudah disesuaikan dengan permendikbud sebelumnya.

  5. Terlampir rubric penilaian untuk angket penilaian seorang guru.

Jika teman-teman guru merasa tertarik, Silahkan download rpp k13 bahasa inggris semester 2 untuk SMP revisi terbaru 2020 format 1 lembar melalui tautan berikut:

  • Download RPP Bahasa inggris kelas 7 revisi 2020, Unduh

  • Download RPP Bahasa Inggris kelas 8 revisi 2020, Unduh

  • Download RPP Bahasa Inggris kelas 9 revisi 2020, Unduh

Kami perjelas bahwa yang bisa kami berikan gratis contohnya untuk file lengkap bisa chat wa 082182669919, file yang kami berikan bisa diaplikasikan langsung sehingga mempermudah guru-guru sekalian.

Demikian informasi terkait rpp bahasa inggris untuk SMP/Mts 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2020 (Semua kelas) kami bagikan, Apabila nanti ada informasi terbaru akan kami update melalui artikel ini, Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Bahasa Inggris SMP/Mts Semua Kelas K13 Revisi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel