Cara Membuat Soal Online, Setel Batas Waktu Dan Rekap Nilai Menggunakan Google Form

Kewaspadaan selama musim pandemi covid 19 ini membuat kita harus lockdown, Sehingga pembelajaran harus dilaksanakan dari rumah dan tentu saja menggunakan media internet. Perangkat yang dibutuhkan oleh guru adalah media ajar dan evaluasi daring yang mudah diaplikasikan.

Namun kami bisa pastikan tidak semua guru tahu harus menggunakan aplikasi yang mana, sehingga kali ini akan kami berikan solusi berupa fitur google drive yang bisa digunakan untuk pembuatan soal online yaitu google form.

Google form merupakan salah satu fitur google drive yang bisa disetting untuk pembuatan soal online yang nantinya bisa dijadikan sebagai media evaluasi materi-materi yang telah diberikan sebelumnya dan tentu saja bisa diakses dengan mudah oleh seluruh peserta didik.

Dengan menggunakan google formulir ini setiap guru bisa membuat soal online dengan mudah, hasil ujian pun langsung tertera, bisa diambil dan download dalam bentuk rekap ms.excel, selain itu guru juga bisa menyetel waktu pengisian soal dimana setelah waktu habis, peserta didikpun otomatis tidak bisa mengakses soal tersebut, tak cukup sampai disitu guru juga bisa mengatur skor setiap soal sesuai dengan intensitas kesulitan soal tersebut.

Sampai disini ibu/bapak guru pasti bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan fitur google drive ini? Baiklah supaya jelas dan tidak mengambang pada postingan kami ini akan kami berikan panduan bagaimana cara akses dan membuat soal online dengan google form yang bisa diberikan waktu dan juga melihat rekap nilainya.

Cara membuat soal online dengan menggunakan google form

Perlu diperhatikan sebelum mengakses, bapak/ibu guru wajib menyiapkan satu buah email google aktif dengan menggunakan domain gmail.com. contoh email google yang dimaksud ( xxxxx@gmail.com). Setelah itu silahkan ikuti panduan kami dibawah ini :

Step pertama : silahkan buka situs google drive dengan menggunakan link berikut : https://drive.google.com/drive/. Jika sudah berhasil masuk pada laman utama, silahkan klik tombol BARU, selanjutnya pilih lainnya, Google formulir dan dari template seperti tampilan dibawah.

Step kedua : Setelah masuk silahkan pilih template Penilaian, seperti tampilan dibawah.

galeri template soal online

Step ketiga Setelah template terbuka, kita akan mulai membuat soal online dengan google form. Pada TEKS Penilaian silahkan ganti dengan judul soal online anda misal "Soal Online kelas 5 Tema 8"

Step keempat Untuk membuat user login siswa, misal nama siswa dan nama sekolah, silahkan klik ikon + disamping kanan dan pilih tambahkan pertanyaan, di dalam form pertanyaan ganti tulisan dengan nama siswa.

Step kelima Pada jenis pilihan ganda ganti dengan Jawaban singkat.

Step keenam Kita akan mulai membuat soal. Supaya mempermudah lebih mudah sebaiknya siapkan file soal dalam format word, Sehingga nanti soalnya tinggal kita kopi paste saja (nanti akan dipraktikkan caranya).

Step ketujuh kita akan mmebuat soal dihalaman 2,, caranya klik tombol Tambahkan bagian di samping kanan. Bagian judul silahkan diganti atau disesuaikan sendiri.

Step kedelapan : Sekarang kita mulai membuat soal pilihan ganda nomor 1, caranya klik ikon + disamping kanan dan pilih tambahkan pertanyaan, di form pertanyaan ketikkan soal atau kopi paste dari soal telah dibuat dalam dokumen word sebelumnya

Step kesembilan: Membuat pilihan jawaban, ganti teks opsi 1 dengan jawaban yang akan di masukkan. ulangi sampai berapa jumlah optional jawaban yang diinginkan. pada bagian bawah soal geser ke wajib diisi.

Step kesepuluh: Membuat kunci jawaban dan skor tiap soal. Klik teks kunci jawaban dan poin. kemudian silahkan setel jumlah poin yang akan diberikan untuk setiap soal contohnya 5, selanjutnya pilih salah satu jawaban yang benar dan klik tombol selesai.

Step kesebelas: Membuat soal berikutnya , caranya klik ikon Duplikat dibagian bawah, dan ulangi langkah kesembilan sampai sepuluh, hingga jumlah soal yang ingin dibuat tercapai.

Agar lebih jelas!! silahkan simak tutorial gambar bergerak dibawah ini

Berbagi link soal online ke siswa

Setelah soal dibuat, sekarang kita akan berbagi link soal ke siswa. Caranya, silahkan klik tombol KIRIM pada pojok kanan atas, kemudian pilih tautan, jika ingin link pendek, silahkan perpendek url kemudian salin, seperti tutorial dibawah.

Melihat Jawaban dan Nilai Siswa

Untuk melihat nilai siswa beserta jawabannya dalam format excel. pertama-tama pada laman google formulir, klik Respons, berikutnya klik ikon warna hijau "Membuat spreadsheet" lalu klik BUAT.

Selanjutnya tunggu proses sampai halaman menampilkan spreadsheet, kemudian setelah tampil nilai siswa, kita akan mencetaknya dalam format excel, caranya klik file, pilih download dan dan microsoft excel. seperti tutorial dibawah.

Memberikan Batasan Waktu pengerjaan soal

Pertama, Silahkan klik ikon titik tiga yang berada dipojok kanan atas, setelah itu silahkan pilih pengaya. (Lihat gambar dibawah)

Kedua, kemudian cari FormLimiter, setelah itu klik untuk proses instalasi/ pemasangan ke akun google Anda.

Ketiga, Setelah selesai proses pemasangan, akan muncul jendela disebelah kanan soal yang berisi pengaturan tanggal dan waktu, silahkan anda atur tanggal dan waktu ditutupnya soal online anda, jangan lupa klik tombol Save and enable.(lihat gambar dibawah)

Hasil akhirnya, jika peserta didik telah mengerjakan soal online sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka menutup sendiri dengan tampilan pesan seperti berikut:(lihat Gambar)

Sampai disini penjelasan kami, semoga artikel tutorial yang berisikan panduan tentang bagaimana membuat soal online dengan menggunakan google form, setel waktu pengerjaan dan melihat rekap nilai siswa bisa bermanfaat untuk kita semua terkhusus tenaga pendidik diseluruh Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Soal Online, Setel Batas Waktu Dan Rekap Nilai Menggunakan Google Form"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel