Jawaban Soal SMP Belajar Dirumah TVRI, Senin 27 April 2020

Berikut ini kami sajikan jawaban dari pertanyaan akhir sesi dalam acara belajar dirumah TVRI untuk SMP tanggal 27 April 2020. Adapun materi yang diberikan kali ini ialah bertemakan budaya nusantara dengan mengangkat pesona masjid agung Banten.

Kompetensi literasi yang ingin dicapai pada pembelajaran ini adalah Mengenali informasi yang akurat dan berdasarkan fakta

Perlu diketahui bahwa Islam dibawa oleh para wali ke Nusantara dengan nilai-nilai kedamaian dan kasih sayang. Pelaksanaannya pun tidak lepas dari budaya lokal yang ada. Itu sebabnya banyak masjid di Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya lokal.

Oke Langsung saja ke topik bahasan kita, Berikut ini jawaban dan soal untuk SMP dalam acara belajar dirumah TVRI, senin 27 April 2020.

1. Jelaskan kondisi masyarakat Banten sebelum masuknya Islam ke daerah tersebut!

Jawab : Sebelum era Islam, Kerajaan Banten dipimpin seorang Raja bernama Pucuk Umun dengan ajaran animisme Sunda Wiwitan. Setelah terjadinya kontak budaya antara Kerjaan Banten dengan Sultan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi, diutuslah seorang bernama Sabakingking (kelak bernama Sultan Maulana Hasanudin) untuk melakukan syiar Islam kepada Raja Banten Pucuk Umun.

Setelah kedua pihak beradu kesaktian ilmu, takluklah Kerajaan Banten pimpinan Pucuk Umun hingga sang raja pun bersedia pergi ke Mekkah untuk belajar agama Islam. Semenjak saat itu, wilayah kerajaan Banten mendapuk Sabakingking atau Sultan Maulana Hasanudin sebagai pemimpin kesultanan Islam baru yang terpisah dari otoritas ayahnya, Sunan Gunung Jati atau Sulatn Syarif Hidayatullah di Kesultanan Cirebon.

2. Apakah makna dari tumpak tiang masjid Banten yang berbentuk labu?

Jawaban :

Makna dari tumpak tiang Masjid Agung Banten berbentuk labu yakni hasil pertanian labu yang makmur di zaman Sultan Maulana Hasanudin abad ke-16. Sehingga hasil pertanian labu tersebut menjadi sebuah lambing kebanggaan kemakmuran pada masa tersebut. Sedangkan 24 tiang yang terdapat di Masjid Agung Banten bermakna jumlah waktu pada satu hari penuh (24 jam). Kemudian lima tiang kayu di ujung atas dalam masjid mengandung artian kewajiban sholat lima waktu. Dengan begitu, maknanya adalah ibadah sholat wajib 5 kali dalam sehari (24 jam).

3. Bagaimana bentuk akulturasi budaya yang terlihat dari bangunan Masjid Agung Banten?

Jawaban:

Bangunan Masjid Agung Banten, khususnya menara di masjid tersebut merupakan wujud nyata akulturasi dari budaya seni ragam hias yang terdapat di Pulau Jawa, yakni, tumpak (segitiga memanjang) di kepala menara. Sedangkan bangunan menara sendiri bukan bangunan yang lazim melengkapi masjid pada kala itu dan menara merupakan pengaruh dari kebudayaan Belanda.

Refferensi : https://padang.tribunnews.com/

Jadwal Dan Rincian MAteri Lengkap Belajar Dirumah TVRI Minggu Ketiga==>DISINI<==

Akhir kata, Kami cukupkan informasi sampai disini, jika ada koreksi atau masukkan sebagai pelengkap silahkan tinggalkan pesan dalam kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima KAsih.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Soal SMP Belajar Dirumah TVRI, Senin 27 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel