Step By Step Cara Membuat Soal Online Di Jotform

Untuk kebutuhan guru dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran dari rumah (daring) selama musim wabah COVID 19 yang tenggang waktu sampai kapan belum bisa dipastikan, Sehingga kami berinisiatif memberikan sebuah tutorial singkat tentang cara membuat soal online melalui situs jotform.

Perlu diketahui soal online yang dibuat melalui jotform bisa digunakan untuk UAS/PAS, PTS/UTS maupun penilaian harian atau PH. Soal yang dihasilkan pun bisa dibuat dengan tampilan yang sangat menarik sehingga bisa menekan rasa bosan peserta didik. caranya pun hampir sama seperti pada google formulir yang telah kami share beberapa waktu yang lalu.

Tak perlu berlama-lama, langsung saja ketopik pembahasannya. Silahkan disimak panduan singkat membuat soal online di jotform berikut ini :

Step pertama : Sediakan sebuah email aktif, nanti digunakan untuk login.

Step kedua : Slahkan masuk terlebih dahulu kesitus jotform yang dengan alamat link berikut : https://www.jotform.com/

Step ketiga :Setelah berhasil masuk, silahkan pilih klik "sign up with google" untuk masuk menggunakan gmail, Untuk pertama kali masuk anda diminta untuk memasukkan gmail dan sandi (silahkan masukkan saja)

Step Keempat : Untuk memulai, silahkan klik tombol "Create a Form" di laman selanjutnya klik "Star From SCrath", kemudian akan muncul dua pilihan antara "Classic Form" dan "Card form" tergantung mana tampilan yang kalian suka. (lihat gambar)

Step Kelima : Klik tombol "Add form Element" untuk memulai membuat soal online.

Step Keenam : Buat user dan password login siswa untuk nantinya mendata siswa yang mengerjakan, caranya klik "FULL NAME", KEMUDIAN seret kesebelah kanan tempat formulir yang kita sedang buat. Silahkan ganti name "Question text" dengan judul soal dan sublabel sesuai dengan keinginan misal "Nama siswa dan NIS". Nah tombol submit dibawahnya adalah tombol untuk kelahalaman selanjutnya yang digunakan siswa untuk masuk ke soal setelah mengisi "user dan password login siswa" Boleh diganti sesuai keinginan misal "Kerjakan Soal".

Step Ketujuh : Silahkan klik "add new page" untuk membuat halaman selanjutnya, untuk mulai membuat soal silahkan pilih single choice, multiple chocie, short text atau long text sesuai bentuk soal yang ingin dibuat. soal bisa anda copas dari file yang sudah diketik ke word.

Step kedelapan: untuk menambah soal baru silhkan langsung saja klik dan seret form tipe soal yang diinginkan seperti yang kami jelaskan pada step ke tujuh.

Step Kesembilan : Setelah soal semuanya telah dibuat, silahkan klik menu setting. pada form setting pilih email, kemudian anda bisa mengklik tombol + untuk menambah email, fungsinya adalah untuk melihat siswa yang sudah mengerjakan tugas nanti pemberitahuan akan masuk ke email

Step kesepuluh : Klik menu publish, pada DIRECT LINK OF YOUR FORM klik copy link dan bagikan link tersebut ke siswa agar siswa bisa mengerjakannya. Nah bagi guru yang sudah mempunyai website atau blog bisa menggunakan menu Embed untuk mengambil kode html dan tinggal di paste ke laman blog anda.

Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan gambar bergerak dibawah ini sebagai panduan lengkap membuat soal online disitus jotform

bisa dilihat contoh soal online yang sudah kami buat di situs jotform dibawah ini :

Akhirnya, selesai sudah penjelasan kami tentang bagaimana membuat soal online disitus jotform. Semoga ibu / Bapak guru bisa mengaplikasikannya dirumah dan segera membuat soal online untuk peserta didiknya.

Belum ada Komentar untuk "Step By Step Cara Membuat Soal Online Di Jotform"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel