Tahapan Memulai Kegiatan Belajar Dirumah (BDR) Dimusim Wabah Covid 19

Guru-Baik.Com - Kegiatan pembelajaran dimusim wabah covid 19 ini kemungkinan masih akan dilaksnakan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dikenal juga dengan istilah belajar dari rumah (BDR). Walaupun berbeda metode dari kegiatan pembelajaran sebelumnya, namun tujuannya tetap sama yaitu memberikan ilmu kepada peserta didik.

gambar langkah-langkah kegiatan belajar BDR

Nah agar tujuan tersebut bisa tercapai perlu planning dan implementasi yang tepat dari seorang pendidik. Berkut kami rangkumkan tahap - tahap pembelajaran dari rumah (BDR) yang bisa diaplikasikan teman-teman guru sekalian agar kegiatan mengajar di kurikulum darurat ini bisa berhasil dengan baik.

A. PERSIAPAN

1. Lakukan pengumpulan informasi, pelajari dan pahami tentang berbagai regulasi, panduan, prinsip pembelajaran dan strategi pembelajaran tentang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

2. Pelajari, pahami dan analisis buku guru, buku siswa dan program pembelajaran semester kemudian buatlah perencanaan pembelajaran yang simple yang memotivasi peserta didik untuk melakukan kegiatan.

3. Buatlah rancangan jam belajar, untuk kelas bawah (kls 1,2 dan 3) jam belajar perlu luwes menyesuaikan dengan jam aktivitas orang tua. Pada kelas atas (kls 4,5 dan 6) jam belajar sesuai jam sekolah atau jam mengerjakan tugas.

4. Buatlah rancangan kelompok kecil (maksimal 5 orang) bagi peserta didik memimiliki gawai yang rumahnya berdekatan untuk memudahkan guru dalam pengiriman tugas dan pengumpulan tugas melalui orang tua.

5. Buatlah jadwal kunjungan rumah bagi peserta didik yang tidak mempunyai gawai dan lokasinya jauh dari teman satu sekolah untuk memberikan dan pengambilan tugas sebaiknya per minggu atau 2 minggu.

6. Lakukan pengumpulan informasi dan analisis terlebih dahulu mengenai kesiapan orang tua dalam mendampingi peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang perlu dipertimbangkan yaitu akses orangtua terhadap teknologi, pola kerja orangtua dan tingkat pendidikan orangtua

7. Lakukan pengumpulan informasi dan analisis terlebih dahulu mengenai kesiapan peserta didik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Faktor yang setidaknya perlu dipertimbangkan yaitu akses peserta didik, tempat tinggal, kemampuan menggunakan teknologi, kebiasaan, kecerdasan, dan kemampuan belajar.

8. Lakukan penjelasan terlebih dahulu kepada orang tua khususnya pada kelas bawah tentang tujuan dan proses belajar jarak jauh dan buatlah kesepakatan dengan orang tua terkait tata cara pengerjaan tugas, kriteria keberhasilan pengerjaan tugas, jadwal belajar dan pertemuan dengan orang tua.

B. PELAKSANAAN

1. Panduan tugas yang disusun dibuat secara rinci dan jelas namun tidak mendikte. Pastikan orang tua peserta didik memahami instruksi namun tidak terkekang atau terbatasi dalam belajar.

2. Pengerjaan tugas dipadukan dengan tujuan pembelajaran dalam bentuk aktivitas sehari- hari peserta didik di rumah atau membuat peserta didik bisa menerapkan kemampuannya pada konteks atau tugas sehari- hari di rumah serta dikaitkan dengan kejadian yang hangat dibicarakan.

3. Buatlah pertanyaan terbuka pada instruksi penugasan yang memfasilitasi murid untuk mengekspresikan pendapatnya dari berbagai sumber belajar sehingga dimungkinkan setiap peserta didik jawabannya berbeda.

4. Buatlah kombinasikan aktivitas belajar tidak hanya atau sebatas duduk dan menulis tetapi terdapat aktivitas berpikir melalui diskusi dengan anggota keluarga dan ada aktivitas fisik melalui pengamatan.

5. Sediakan beberapa pilihan tugas dari sumber belajar yang berbeda untuk dipilih oleh peserta didik untuk memilih tugas sesuai dengan minat, kebiasaan dan kebutuhannya dan tentunya yang dapat dilakukan.

C. PENILAIAN

1. Kriteria penilaian keberhasilan pengerjaan tugas sesuai dengan KKM satuan pendidikan tahun berjalan melalui penilaian kualitatif yang disertai penilaian deskripsi sedangkan penilaian kuantitatif ada pada catatan guru (daftar nilai).

2. Perbanyak asesmen formatif untuk membantu murid memahami kemampuan awalnya dan kebutuhan belajar berupa pertanyaan yang dapat dijawab dengan gambar atau ekspresi murid (khusus kelas bawah) dan pertanyaan sederhana, ringan dan tidak banyak berupa tes obyektif (khusus kelas atas).

Persiapkan Perangkat ajar mucim covid juga - RPP Daring Kelas 1 2 3 4 5 6 SD

Akhir Kata, Cukup Sekian Informasi kali ini kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tahapan Memulai Kegiatan Belajar Dirumah (BDR) Dimusim Wabah Covid 19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel