Rangkuman Dokumenter Ayam Betutu, Materi SMP Belajar Lewat TVRI 17 April 2020

Salah satu materi yang akan diberikan untuk jenjang SMP untuk kegiatan belajar dirumah lewat TVRI jum'at tanggal 17 April 2020 adalah tentang dokumenter : ayam betutu. Nah agar lebih memudahkan adik - adik sekalian berikut kami rangkumkan materinya untuk kalian.

Ayam betutu adalah sebuah masakan khas berupa lauk yang berasal dari Bali, masakan yang kaya akan rempah - rempah asli nusantara ini memberikan aroma khas yang tentu saja menggugah selera orang - orang yang berada disekitarnya.

Seiring berjalannya waktu masakan khas bali ini (bebek dan ayam betutu) telah tersebar keseluruh penjuru nusantara dan menjadi hidangan yang bisa dinikmati oleh setiap orang.

Untuk jawaban tiap akhir sesi, DISINI

Sejarah ayam betutu

Awal mulanya ayam betutu berasal dari wilayah Gianyar di Ubud Bali, setelah itu berkembang ke kawasan Gilimanuk hingga sekarang makanan ini telah menjadi ikon kuliner Khas Bali yang sangat terkenal, Sehingga ada yang kurang rasanya jika wisatawan yang berkunjung tidak mencicipi yag satu ini.

Arti betutu sendiri kurang lebih adalah proses mengolah daging yaitu yang umumnya ayam dan juga bebek. Jadi ketika menggunakan nama betutu sebetulnya itu bukan sebuah nama makanan, tapi proses mengolah daging ayam atau bebek menjadi sebuah makanan.

Nah pengolahan betutu sendiri sangat khas, yaitu disekam dalam api yang di simpan dalam tanah dari batu-batu yang sudah dipanaskan dengan temperatur tinggi dengan waktu pengolahan berkisar 8 sampai 10 jam. Dan cara pengolahan ini merupakan warisan dari masa Majapahit, yaitu pada masa abad ke 16 ketika pengaruh Islam masuk ke tanah Jawa. Banyak orang-orang Majapahit yang merupakan pemeluk Hindu tidak ingin memeluk Islam, mereka akhirnya lari diantaranya ke wilayah Bali.

Berbagai pengaruh budaya yang ada di masa Majapahit, akhirnya beralih ke Bali salah satunya kuliner. Kita mengenal beberapa kuliner khas Bali seperti misalnya lawar dan juga betutu.

Apa yang membuat betutu bisa bertahan dan bersaing dengan kuliner modern? Tentu saja hingga saat ini yang membuatnya masih bertahan adalah cita rasa serta pengemasannya yang menarik dengan tetap menggunakan cara tradisional yang unik dan menarik baik bagi penduduk lokal Bali maupun wisatawan dari seluruh penjuru.

Jadi apa yang membuat betutu disukai, pertama masih mempertahankan teknik-teknik asli dengan menggunakan bumbu khas atau bumbu bali yang dimasukkan kedalam tubuh daging ayam dan juga bebek dan juga masih ada diantaranya mempertahankan penyekaman daging di dalam tanah di bebatuan yang panas. Itu juga salah satu yang menjadi ciri eksotisme tersendiri.

Bahan yang diperlukan untuk membuat ayam betutu terdiri dari :
  • satu ekor ayam yang sudah dibersihkan bagian dalamnya,
  • bumbu genep ; merupakan bumbu khas Bali yang terdiri dari bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa.
  • bumbu wewangenan ; terdiri dari merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, kemenyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut.
  • garam,
  • dan minyak kelapa.

Cara Membuat Ayam Betutut

Proses pembuatan ayam betutu dimulai dengan menghaluskan base genep dan wewangenan kemudian ditumis hingga harum. Selanjutnya ayam dibersihkan dari bulu, jeroan, paruh, dan kulit kaki yang keras dikelupas. Panaskan air dengan sedikit bumbu, daun salam, daun limau, dan batang serai yang telah dimemarkan. Ayam direbus ke dalam air hingga tiga per empat matang kemudian diangkat. Setelah diangkat, base genep dimasukkan ke dalam perut ayam dan sebagian base genep yang dicampurkan dengan minyak tandusan dibalurkan di seluruh permukaan tubuh ayam. Ayam yang telah dibumbui kemudian sedikit diremas-remas agar ayam menjadi lunak dan dibungkus dengan daun pisang atau kelopak daun pinang untuk selanjutnya dimasukkan ke bara api. Bara api tidak boleh terlalu besar dan proses pemasakan di bara api kurang lebih 1 jam. Ayam betutu kemudian disajikan dengan cara dibelah pada bagian perut hingga daerah tempat tembolok, kemudian kedua belah dada ditarik ke samping. Satu paket ayam betutu biasanya dihidangkan bersama dengan sambal matah, kacang dan sayur.

Akhirnya, Kami cukupkan sampai disini, semoga rangkuman kami tentang ayam betutu Makanan khas daerah Bali tradisi Indonesia ini bisa menjadi refferensi, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Dokumenter Ayam Betutu, Materi SMP Belajar Lewat TVRI 17 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel