Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP 2021 Jenjang SD SMP SMA/SMK, Tahap 7 Sudah Cair Hingga 1 Juta Rupiah

Pemerintah telah membuka program indonesia pintar (PIP) tahun 2021 melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) berupa bantuan pendidikan yang diperuntukkan siswa SD SMP dan SMA/SMK. Dan status penerima PIP dapat dicek melalui website resminya yaitu pip.kemendikbud.go.id. Perlu diketahui bahwa saat ini untuk tahap 7 dan `17 sudah cair.

Sasaran pemerintah untuk program ini adalah anak usia sekolah (usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, yatim piatu, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam/musibah serta pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Disempurnakan dari program sebelumnya bantuan siswa miskin (BSM), program ini diharapkan dapat mengurangi persentase siswa putus sekolah dan mengembalikan yang telah putus sekolah agar bisa melanjutkan kembali.

Untuk besaran dana yang didapatkan persiswa dari program ini adalah sebagai berikut.

1. Siswa SD/MI/Paket A sebesar Rp 450.000 pertahun
2. Siswa SMP/Mts/Paket B sebesar Rp 750.000 pertahun
3. Siswa SMA/MA/Paket C sebesar Rp 1000.000 pertahun

Agar bisa mendapatkan bantuan ini siswa harus melengkapi syarat-syarat nya sebagai berikut :

a. Peserta Program Indonesia Pintar harus membuat Kartu Indonesia Pintar (KIP).
b. Penerima KIP harus terdaftar sebagai peserta didik di lembaga pendidikan formal (SD/SMP/SMA/SMK) ataupun non formal (PKBM/SKB/LKP).
c. KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan.

Cara Daftar "PIP 2021"

  • Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ke sekolah atau lembaga pendidikan terdekat atau jika tidak memiliki KKS datu DTKS silahkan meminta surat keterangan tidak mampu melalui RT/RW atau ekelurahan setempat.
  • Setelah itu sekolah yang bersangkutan akan segera memprosesnya dan mengusulkan siswa tersebut menjadi penerima PIP ke direktorat terkait.

Cara Cek penerima PIP tahun 2021


➧ Buka laman pip.kemdikbud.go.id melalui ponsel atau komputer

➧ Kemudian Pilih "Cari Penerima PIP"

➧ Silahkan Masukkan "NISN", "Tanggal Lahir", dan "Nama Ibu Kandung" pada kolom yang tersedia

➧ Tekan enter atau Pilih "Cari"

➧ Nantinya status penerima akan muncul pada tahap ini.

Dengan dilakukannya 5 langkah mudah ini, maka selesailah sudah cara yang bisa diakukan untuk mengetahui nama siswa penerima bantuan PIP 2021.

Nah setelah pengecekan selesai, untuk masalah pencairan siswa yang bersangkutan dapat melakukanpencairan PIP dengan membawa KIP serta beberapa dokumen yang bisa mengesahkan kebenaran akan kepemilikan kartu indonesia pintar tersebut.


➧ 1. Login ke portal pip kemendikbud melalui link berikut : https://pip.kemdikbud.go.id/session

Cara Mencairkan Dana PIP

Untuk pencairan Bantuan PIP, bisa dilakukan mandiri juga bisa kolektif dari sekolah. Pencairan PIP secara mandiri wajib membawa persyaratan dokumen berikut ke bank penyalur :
➧ Photo Copy KTP Orangtua/Wali Siwa
➧ Surat Keterangan/Pengantar Kepala Sekolah
➧ Buku Tabungan Penerima PIP sesuai SK Penerima PIP yang sudah diaktivasi BANK penyalur. (jika belum aktivasi nomor rekening, silahkan langsung mintakan aktivasi ke bank penyalur)
➧ Photo copy Kartu Keluarga
➧ Lembar Depan Biodata Rapor Siswa (Sesuai syarat dari bank penyalur setempat)
➧ Membawa SK penerima PIP yang bisa diminta dari pihak Sekolah (operator PIP)

Cara mendapatkan SK Penerima PIP 2021

Jika bapak/ibu bertanya bagaimana mendapatkan SK penerima PIP yang merupakan salah satu syarat untuk mencairkan. Maka jawabannya silahkan hubungi pihak sekolah (Operator sekolah) untuk dapat mendownloadkan dan mencetak SK penerima PIP 2021 ini.

Sudah menjadi tugas operator, maka berikut Cara Cetak SK Siswa penerima PIP Tahun 2021 baik siswa yang sudah aktivasi maupun siswa yang belum aktivasi rekening ke bank penyalur.
➧ 2. pada laman login, ada dua opsi yaitu login dengan NPSN dan SSO. jika teman-teman memilih login menggunakan NPSN maka perlu masuk menggunakan NPSN dan kode registrasi Dapodik. Tapi jika menggunakan SSO, gunakan akun dapodik untuk login ke web PIP
➧ 3. Login sebagai : Pilih Sekolah. Kemudian pilih salah satu opsi login. (misal: Login SSO Dapodik).
➧ 4. Setelah berhasil, masuk ke dashboard pip kemdikbud, klik menu "siswa SK pemberian" untuk mencetak SK terbaru, pilih tahun, tahap dan status pilih semua.
➧ 5. Selanjutnya klik tombol Download, file excel SK penerima PIP akan terdownload otomatis.
➧ 6. Untuk melihat siswa yang belum aktivasi rekening, silahkan klik menu "Siswa NOminasi" pilih tahun, tahap dan status pilih semua
➧ 7. Selanjutnya klik tombol Download, file excel SK Siswa nominasi belum aktivasi rekening akan terunduh otomatis.

Sedikit tambahan untuk daftar siswa penerima PIP tahap 7 tahun 2021 dan dana yang dialokasikan dapat dilihat melalui tampilan dibawah ini.

Demikian Informasi yang bisa kami berikan kali ini, Semoga apa yang telah kami tuliskan tersampaikan dengan baik serta menjadi tuntunan pemirsa sekian dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cek Daftar Nama Siswa Penerima PIP 2021 Jenjang SD SMP SMA/SMK, Tahap 7 Sudah Cair Hingga 1 Juta Rupiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel