Pembahasan Soal Dan Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD/MI Halaman 17 18 19 20 21 29 30 31 32

Pendidik, Pada kesempatan kali ini kami akan membahas jawaban soal latihan buku siswa tematik kelas 4 tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku pembelajaran 2. Jawaban yang akan kami berikan kali ini ialah pada soal tema 1 kelas 4 halaman 17, 18, 19, 20, 21, 29, 30, 31, dan 32

gambar Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD/MI Halaman 17 18 19 20 21 29 30 31 32

Soal latihan yang terdapat pada halaman ini akan membahas muatan pelajaran matematika dan kesenian.

Adapun materi yang dibahas meliputi menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar, menuliskan konsep segi banyak dalam bentuk diagram frayer, mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa, mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dan mempresentasikan keberagaman Indonesia.

Berikut bahasan soal dan jawaban buku siswa tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 17, 18, 19, 20, 21, 29, 30, 31, 32

Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar di atas.

Jawaban: Persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, jajar genjang, layang-layang, belah ketupat, dan lingkaran.

Apakah segi banyak itu?

Bentuk berikut adalah segi banyak.

Bentuk berikut adalah bukan segi banyak.

Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu

1. Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan!
Jawaban: Ya, segi banyak merupakan bangun tertutup yang mempunyai sisi-sisi garis lurus menyatu dan tertutup.

Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus?
Jawaban: Ya, sisi segi banyak merupakan garis lurus. Segi banyak paling sedikit mempunyai tiga buah sisi.

3. Apa itu segi banyak?
Jawaban: Segibanyak merupakan bangun tertutup. Segibanyak memiliki minimal 3 sudut. Segibanyak minimal memiliki 3 buah sisi. Jumlah sudut sama banyak dengan jumlah sisi. Sisinya dibatasi oleh garis lurus (tidak melengkung).

Berdasarkan bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segi banyak dan bukan segi banyak. Jelaskan alasanmu!

Bangun segi banyak: Persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, jajar genjang, layang-layang, dan belah ketupat.
Alasan: Pada bangun tersebut, garisnya tidak terputus, melainkan saling bersambung. Bangun tersebut minimal memiliki 3 buah sisi. Jumlah sudut sama banyak dengan jumlah sisi. Sisinya dibatasi oleh garis lurus (tidak melengkung).

Bangun yang bukan segi banyak: Lingkaran, oval, 3/4 lingkaran, bentuk bulan sabit, bentuk hati dan lain-lain.
Alasan: Bangun tersebut hanya terdiri atas garis saja, dibentuk oleh kurva lengkung, tidak selalu memiliki sudut, dan tidak selalu memiliki sisi berupa garis lurus.

Diskusikan hasil jawabanmu dengan temanmu! Apakah hasil pengelompokanmu sama dengan temanmu? Jelaskan!
Jawaban: Ada yang sama dan ada yang berbeda. Karena saya dan teman-teman mempunyai pemikiran yang beragam. Oleh karena itu, hasil yang kami temukan sedikit berbeda.

Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan?

Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini!
Jawaban: Persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, jajar genjang, layang-layang, belah ketupat, lingkaran, oval, 1/2 lingkaran, 3/4 lingkaran, bentuk bulan sabit, bentuk hati dan lain-lain.

Tulislah contoh penggunaan segi banyak yang ada di sekitarmu!
Jawaban: Contoh penggunaan segi banyak yang ada disekitar antara lain : pintu, jendela, buku, kotak, lemari, bintang, laptop, atap rumah, dan lain-lain.

Apa manfaat segi banyak dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban: Manfaat segi banyak dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat membantu manusia dalam menciptakan suatu bentuk yang diinginkan, sehingga lebih banyak variasi bentuknya jadi tidak monoton.

Apa yang akan terjadi jika segi banyak tidak ada dalam kehidupan seharihari?
Jawaban: Apabila segi banyak tidak ada dalam kehidupan sehari-hari, kita akan kesulitan untuk memperoleh bentuk bangun yang diinginkan.

Diskusikan hasilmu dengan teman dan gurumu!

Tahukah kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segi banyak?

Setelah kamu belajar tentang segi banyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.

Jawaban:

Keberagaman budaya Indonesia sangat Indah. Di antaranya tarian, rumah adat, makanan, dan lain-lain. Keberagaman tersebut memperkaya budaya Indonesia.

Tahukah kamu, bahwa kita bisa mendesain keberagaman budaya Indonesia dari tangram?

Perhatikan bentuk keberagaman budaya Indonesia!

Bentuk di atas disusun dari tangram.

Apakah tangram itu?

Sekarang saatnya kamu membuat tangram.

Sekarang saatnya kamu berlatih menarikan tarian Bungong Jeumpa.

Tarian ini dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan saat berdiri dan gerakan saat duduk. Kali ini kita akan mempelajari gerakan berdiri. Lakukan gerakan ini dengan aba-aba hitungan dari gurumu.

Keberagaman Indonesia indah sekali. Bagaimana menjaga keberagaman tersebut? Ayo kita pelajari lebih lanjut!

Kunci Jawaban Halaman 29 30 31 32

Ayo Berdiskusi

Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing. Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa daerah mereka.

Identifikasi keberagaman berikut.

Mereka adalah contoh keberagaman masyarakat Indonesia. Meskipun mereka dari suku yang berbeda-beda, mereka hidup berdampingan dengan baik. Ingin tahu cerita tentang mereka?

Bacalah teks berikut ini!

Siap Menghadapi Musim Hujan

Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.

Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.

Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini, mereka siap menghadapi musim hujan.

Diskusikan pertanyaan berikut!

1. Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan? Jawaban: Warga desa Kampung Babakan melakukan kerja bakti.

2. Mengapa mereka melakukan kerja bakti? Jawaban: Warga desa Babakan melakukan kerja bhakti untuk mempersiapkan lingkungan menghadapi musim hujan. 3. Apakah warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan! Jawaban: Ya , jika mereka mempunyai rasa persatuan mereka akan selalu bergotong royong 4. Apa manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan? Jawaban: Kampung babakan menjadi kampung yang bersih karena masyarakatnya bekerja bhakti membersihkan lingkungan 5. Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jawaban: Jika masyarakat tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan maka kampung menjadi kurang terjaga kebersihannya.

Tulislah hasil diskusimu pada kalender bekas. Tunjukkan hasilnya di depan kelas!

Sekarang amatilah dirimu dan temanmu. Pada saat kamu melakukan diskusi tadi, apakah ada keberagaman yang terlihat antara kamu dan temanmu?

1. Apakah keberagaman yang kelompok kamu miliki? Jelaskan! Jawaban: Keberagaman dalam kelompok kami antara lain rambut, tinggi, asal daerah, dan umur

2. Apakah ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, tinggi, dan lain-lain) anggota kelompokmu sama atau berbeda? Jelaskan! Jawaban: Ciri fisik dalam kelompok kami berbeda-beda.

3. Mengapa meskipun kalian memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi tetap harus bekerja sama? Jawaban: Meski kami beragam kami tetap bekerja sama dengan persatuan dan kesatuan.

4. Apakah kalian memiliki pendapat yang sama? Jelaskan! Jawaban: Kami memiliki pendapat yang berbeda. 5. Samakah cara kalian menyampaikan pendapat? Jelaskan! Jawaban: Cara menyampaikan pendapat anggota kelompok kami berbeda-beda. 6. Apakah keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok? Jelaskan! Jawaban: Keberagaman sangat bermanfaat bagi kami, dengan keberagaman kami saling mendukung dan saling mengisi.

Setiap orang pasti berbeda dengan orang lain. Baik itu warna kulit, cara pandang, dan ide. Keberagaman yang ada adalah ciptaan Tuhan. Kita semua harus menghargai keberagaman yang ada. Keberagaman tersebut akan memperkaya kita. Bayangkan jika pendapat kita sama, apa yang akan terjadi?

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya belajar tentang nilai peduli dan santun

Bagaimana warga di lingkunganmu mengutamakan persatuan dan kesatuan?
Warga di lingkunganku sangat mengutamakan persatuan dan kesatuan sehingga kami dapat hidup rukun dan damai.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama orang tuamu, diskusikanlah nilai persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Apakah di keluargamu sudah ada nilai-nilai tersebut? Ceritakanlah hasilnya kepada gurumu!

Demikian Pembahasan soal dan jawaban buku siswa kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 17 18 19 20 21 29 30 31 dan 32 kami bagikan. Semoga bisa menjadi refferensi bagi peserta didik maupun pendidik yang membacanya. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Soal Dan Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD/MI Halaman 17 18 19 20 21 29 30 31 32"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel