Pembahasan Jawaban Soal Tema 1 Kelas 4 Halaman 46 48 49 50 52 53 54 55 56 57

Adik-adik silahkan pelajari kunci jawaban soal tema 1 kelas 4 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku pembelajaran 4. Jawaban yang akan kami berikan kali ini ialah pada halaman 46, 48, 49, 50, 52, 53, 54, 55, 56 dan 57.

Kunci Jawaban Soal Tema 1 Kelas 4 Halaman 46 48 49 50 52 53 54 55 56 57

Adapun materi yang dibahas meliputi memberikan contoh segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan, menunjukkan perbedaan segi banyak beraturan dan tidak beraturan, menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf, menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks, menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dan menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.

Bahasan soal dan jawaban Halaman 46 48 49 50

Ayo Mengamati

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini.

"Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas."

Jawaban:
Persegi, belah ketupat, dan segitiga.

Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya.

Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.

"1. Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)"

"2. Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama?"

"3. Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya."

"4. Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut."

Jawaban:

Segi banyak beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar.

Segi banyak tidak beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama.

Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas. Kelompokkan ke dalam tabel berikut.

Jawaban:

Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.

Jawaban:

Kerjakan latihan berikut.

"1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!"

Alasan: Segibanyak beraturan mempunyai seluruh sisi dan sudut yang sama besar. Segibanyak tidak beraturan mempunyai panjang sisi dan besar sudut yang tidak sama. Termasuk lingkaran, karena sebetulnya mempunyai sisi dengan jumlah yang tak terhingga.

"2. Buatlah desain batik dari bangun segi banyak. Berikut adalah contohnya."

Jawaban:

Motif desain batik bangun segitiga

Motif desain batik bangun persegi

Kunci Jawaban Halaman 52 53 54

Ayo Membaca

Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Jawaban:

Paragraf 1
➧ Gagasan pokok: Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.
➧ Gagasan pendukung: Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Paragraf 2
➧ Gagasan pokok: Kisah Tari Kipas Pakarena berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi
➧ Gagasan pendukung: Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu

Paragraf 3
➧ Gagasan pokok: Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian.
➧ Gagasan pendukung: Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Kunci Jawaban Halaman 55 56 57

Ayo Mengamati

Diskusikan hasilmu dengan hasil temanmu.

Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan? Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
➧ Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
➧ Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
➧ Bandingkan hasilnya.

Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!

Jawaban:

Apabila kita bercerai berai seperti halnya sebatang lidi maka akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan. Namun apabila diikat dan disatukan maka akan mudah dalam melakukan pekerjaan. Bersatu membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat. Bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

Kaitkan jawabanmu dengan keadaan masyarakat Indonesia yang berbeda-beda.

Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu. Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang diikat cukup erat menjadi satu.

Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.

Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Jawaban:

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

Jawaban:

Jika kita tidak memiliki persatuan dan kesatuan maka Indonesia sebagai negara yang mempunyai banyak keberagaman dan perbedaan agama, suku, etnis, budaya, bahasa, maupun adat istiadat akan tinggal sebuah nama saja (hancur).

Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?

Jawaban:
➧Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan dirasakan orang lain.
➧Kepentingan golongan maupun suku masing-masing adalah yang paling dipentingkan oleh masyarakat.
➧Muncul pertikaian dan permusuhan antar warga masyarakat ketika misalnya visi dan misi tidak sejalan.
➧Tidak adanya kerja sama yang terjalin antar warga masyarakat, padahal dalam masyarakat kita gotong-royong adalah yang paling diprioritaskan. Aktivitas gotong-royong adalah salah satu contoh dari bentuk persatuan dan kesatuan yang seharusnya dipertahankan.

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini?

Hari ini saya telah belajar nilai kepedulian dan kesantunan

Apa yang perlu kita lakukan untuk mempererat pesatuan dan kesatuan?
➧ Selalu menjalin rasa kepercayaan, kebersamaan, dan saling melengkapi antarbangsa demi menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Berupaya untuk dapat saling menghargai satu sama lain antarsesama bangsa yang berlandaskan rasa kemanusiaan sehingga dapat tercapai kehidupan yang serasi dan harmonis.
➧ Selalu menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, saling tolong menolong, serta nasionalisme antarbangsa yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan Bersama Orang Tua

Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya persatuan dan kesatuan. Refleksikan bagaimana persatuan dan kesatuan di lingkunganmu.

Demikian Pembahasan soal dan jawaban buku siswa kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 35 36 39 40 41 42 43 44 dan 45 kami bagikan. Semoga bisa menjadi refferensi bagi peserta didik maupun pendidik yang membacanya. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Jawaban Soal Tema 1 Kelas 4 Halaman 46 48 49 50 52 53 54 55 56 57"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel