Pembahasan Kuis Pengantar Strategi Pengalaman

Sobat Guru-Baik, Soal kuis ini diselesaikan setelah menerima materi pengantar dan aktivitas 1 : Pengantar Strategi Pelaksanaan Pembelajaran.

Gambar Kuis Pengantar Strategi Pengalaman

Pada tahap ini peserta diminta berbagi pengalaman strategi pelaksanaan pembelajaran dan implementasi rancangan pembelajaran di sekolah.

Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) idealnya selalu didasarkan pada hasil identifikasi dan asesmen sebelumnya. Hasil identifikasi yang berbeda dari satu peserta didik dengan peserta didik lainnya, menjadikan adanya kebutuhan yang berbeda sesuai dengan hambatan yang mereka miliki. Itulah esensi dari keberagaman peserta didik. Hal itulah yang menjadikan stimulus positif bagi guru untuk membuat beragam strategi pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didiknya yang keberagaman.

Strategi pelaksanaan pembelajaran yang akomodatif bagi keberagaman peserta didik, adalah implementasi pembelajaran yang didasarkan pada profil belajar siswa (PBS) dan dari RPP akomodatif yang yang telah Anda buat dengan menggunakan kerangka desain universal untuk pembelajaran atau Universal Design for Learning (UDL) yang telah dipelajari pada sesi-sesi sebelumnya. Strategi yang Anda gunakan ditujukan untuk mencapai tujuan belajar dan kebutuhan belajar PDBK dengan tetap memfasilitasi tercapainya tujuan belajar dan kebutuhan belajar peserta didik reguler pada umumnya.

Soal Dan Jawaban Pengantar Pelaksanaan Pembelajaran

Quis Berbagi Pengalaman – Strategi Pengalaman Pembelajaran.

Kita percaya bahwa setiap anak adalah unik, karenanya dalam setiap kelas dimana Anda mengajar tentu akan menemukan keberagaman, baik dalam kemampuan maupun gaya belajarnya.

Yuk bagikan pengalaman Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Bagaimana pengalaman Anda dalam memilih strategi untuk pelaksanaan pembelajaran dalam seting pendidikan inklusif, atau ketika dihadapkan dengan kelas yang memiliki peserta didik yang beragam?

Jawab : Siswa beragam harus dilayani secara beragam dalam pembelajaran, dengan memenuhi kebutuhan (cara belajar) siswa. Membuat pembelajaran dalam bentuk fragmen-fragmen kecil dengan kegiatan yang memenuhi tipe-tipe siswa belajar. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Memperlakukan siswa secara adil. Memberikan motivasi yang tepat. Membangun komunikasi yang baik. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

2. Jelaskan menurut anda apakah strategi pembelajaran yang anda laksanakan sudah mampu mengakomodasi keberagaman perserta didik di kelas anda? Jika sudah ceritakan faktor-faktor apa saja yang mendukungknya, dan jika belum jelaskan apa saja yang menjadi tantangannya?

Jawab : strategi yang dilaksanakan belum secara optimal mengakomodasi keberagaman peserta didik kareana keterbatasan pengetahauan dan kemampuan guru, media, dan jumlah keberagaman dari peserta didik

3. Apakah dalam strategi pemebelajaran yang anda buat sudah dilakukan, menggunakan prinsip-prinsip UDL, jika sudah pada bagaian mana dan jelaskakan? Jika belum, menurut anda apa yang anda bisa lakukan agar prinsip-prinsip UDL tersebut bisa diimplementasikan dalam strategi pembelajaran yang anda buat?

Jawab : Sudah sebagian menggunakan prinsip-prinsip UDL seperti : Multiple means of engagement. Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif (yaitu, mengapa kita belajar): Mempertimbangkan bagaimana melibatkan peserta didik guna merangsang minat dan memotivasi dalam belajar melalui kegiatan seperti pembelajaran kolaboratif, permainan dan simulasi, nyata dan virtual.

Multiple means of representation. Menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran (menyediakan konten melalui berbagai cara, seperti diskusi, bacaan, teks digital, dan presentasi multimedia)

Multiple means of action and expression. Menyediakan berbagai cara yaitu berupa tindakan dan ekspresi sebagai upaya dalam mendukung cara belajar yang strategis (yaitu, bagaimana kita belajar): Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai cara seperti melalui tes atau makalah, melalui seni, presentasi multimedia, dan rekaman digital.

Untuk Refferensi Lengkap Soal & Jawaban Guru Belajar Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (PPSPPI) Silahkan Cek pada link yang telah kami sediakan dibawah ini:

1. Soal Dan Jawaban Pre-Test Guru Belajar Seri PPSPPI

2. Desain Universal untuk Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Kuis Aktivitas 1 Desain Universal untuk Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Asesmen Formatif Desain Universal untuk Pembelajaran

3. Profil Belajar Siswa
Soal Dan Jawaban Pengantar & Kuis Aktivitas 1 Profil Belajar Siswa
Soal Dan Jawaban Aktivitas 2 Profil Belajar Siswa
Soal Dan Jawaban Aktivitas 3 Gambaran Profil Belajar Siswa
Soal Dan Jawaban Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa
Soal Dan Jawaban Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa

4. Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
Soal Dan Jawaban Refleksi Pengantar Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Kuis Pengalaman Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Kuis Pengantar Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Refleksi Tugas 1 Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Refleksi Tugas Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Refleksi Tugas 3 Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Refleksi Tugas Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Refleksi Tugas Aktivitas 5 Perencanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Asesmen Formatif Perencanaan Pembelajaran

5. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
Soal Dan Jawaban Kuis Berbagi Pengalaman Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
Soal Dan Jawaban Asesmen Formatif Strategi Pelaksanaan Pembelajaran

6. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
Soal Dan Jawaban Asesmen Formatif EvaluasiPelaksanaan Pembelajaran

G. Post-Test Guru Belajar Seri PPSPPI

Saya Akhiri informasi ini sampai disini, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat. Terima kasih dan salam sehat.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Kuis Pengantar Strategi Pengalaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel