Pembahasan Kuis Pengantar Dan Aktivitas 1 : Profil Belajar Siswa

Sobat Guru-Baik, Soal kuis ini diselesaikan setelah menerima materi pengantar dan aktivitas 1 : profil belajar siswa.

gambar Pembahasan Kuis Pengantar Dan Aktivitas 1 : Profil Belajar Siswa

Pada tahap ini peserta diminta berkomitmen dalam menjalankan setiap aktivitas pada sesi ini dengan memperhatikan 3 hal penting berikut ini.

Tujuan

  • Setelah mempelajari modul Sesi 2 ini, Anda diharapkan dapat mengidentifikasi ragam disabilitas peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar dengan baik dan mampu menyusun Profil Belajar Siswa (PBS) bagi peserta didik penyandang disabilitas di kelas/di sekolah masing-masing dengan baik.

Kompetensi Dasar

  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman cara mengidentifikasi keberagaman peserta didik, terampil menyusun PBS bagi peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar.

Indikator Pencapaian Kompetensi

  • Memahami keberagaman peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar.
  • Memiliki pemahaman cara mengidentifikasi keberagaman peserta didik yang diduga memiliki hambatan belajar.
  • Terampil menyusun dan mengisi instrumen PBS.
  • Terampil menganalisis hasil PBS.

Soal Dan Jawaban Pengantar Profil belajar siswa

Quis Berbagi Pengalaman – Desain Universal untuk Pembelajaran

Kita percaya bahwa setiap anak adalah unik, karenanya dalam setiap kelas dimana Anda mengajar tentu akan menemukan keberagaman, baik dalam kemampuan maupun gaya belajarnya.

Yuk bagikan pengalaman Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. "Apa yang Anda pahami mengenai disabilitas dan kebutuhan belajarnya?"

Jawab : Disabilitas adalah seseorang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif. Kebutuhan belajar dapat di identifikasi dengan cara mengamati aktifitas serta partisipasi Peserta Didik, dengan cara itu Guru akan mengetahui kebutuhan belajar yang kehendakinya.

2. "Apa yang Anda ketahui tentang identifikasi kesulitan fungsional dan apa yang harus diperhatikan saat mengidentifikasi peserta didik di kelas?"

Jawab : Identifikasi kesulitan fungsional adalah cara mengidentifikasi jenis kebutuhan khusus pada Peserta Didik, dimana paling banyak Peserta Didik mengalami kesulitan fungsional intelektual.

Penyandang kesulitan fungsional masih dinilai sebagai masalah sosial yang kebijakan pemenuhan haknya baru bersifat jaminan sosial, rehabilitasi sosial, bantuan sosial, dan peningkatan kesejahteraan sosial. Penyandang kesulitan fungsional seharusnya mendapatkan kesempatan yang sama dalam upaya mengembangkan dirinya melalui kemandirian sebagai manusia yang bermartabat.

3. "Apakah Anda memiliki PBS di kelas atau sekolah?"

Jawab : Di sekolah kami tidak memiliki PBS untuk Peserta Didik penyandang disabilitas.

Catatan : Jawaban diatas disesuaikan dengan kondisi Satuan Pendidikan masing-masing dan berdasarkan pemikiran individu guru.

Kuis Aktivitas 1 – Profil Belajar Siswa

1. Disabilitas fungsional adalah suatu hal yang menghambat atau mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas karena kondisi tertentu.
A. Benar
B. Salah

2. Beberapa contoh disabilitas fungsional adalah anak tidak dapat membaca ukuran tulisan “awas” atau sulit membaca tulisan di papan tulis, atau sulit berjalan dan menaiki tangga, atau sulit mengikuti aturan, atau sulit berteman.
A. Benar
B. Salah

3. Kesulitan menggunakan tangan dan jari, seperti mengambil benda kecil,menekan tombol dan membuka tutup botol merupakan disabilitas fungsional motorik halus.
A. Benar
B. Salah

4. Kesulitan membaca termasuk kesadaran fonemik, mengeja, menulis, dan mengucapkan kata-kata merupakan beberapa ciri dari disgrafia.
A. Benar
B. Salah

5. Kesulitan fungsi pikir secara umum termasuk aspek akademik seperti mengenali, mengingat, mengetahui, memahami, dan melakukan berbagai instruksi merupakan beberapa ciri disabilitas fungsional intelektual/berpikir.
A. Benar
B. Salah

Saya Akhiri informasi ini sampai disini, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat. Terima kasih dan salam sehat.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Kuis Pengantar Dan Aktivitas 1 : Profil Belajar Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel