Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Bahasa Indonesia Tahun 2022 (Contoh Dan Link Download Tersedia)

Pendidik yang budiman, Di tulisan kali ini kami akan share modul ajar kurikulum merdeka bahasa indonesia kelas 4 SD yang khusus kami tujukan untuk sekolah yang telah mengimpelementasikannya di tahun ajaran baru 2022/2023 baik penggerak maupun jalur mandiri.

gambar modul ajar (rpp kurikulum merdeka bahasa indonesia kelas 4 SD)

Materi yang digunakan dalam penyusunan modul sesuai dengan buku bahasa indonesia kelas IV SD dari kemendikbud yang berjudul "lihat sekitar" semester ganjil, terdiri dari 8 bab yang akan menjadi bahan pembelajaran selama 1 semester meliputi Bab I Sudah Besar, Bab II Di Bawah Atap, Bab III Lihat Sekitar, Bab IV Meliuk dan Menerjang, Bab V Bertukar atau Membayar, Bab VI Satu Titik, Bab VII Asal-Usul, BabVIII Sehatlah Ragaku.

Disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Sehingga didalamnya tertuang tiga komponen penting yang menjadi penyusun modul ajar kurikulum merdeka, Meliputi:

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Dengan menggunakan komponen-komponen penting diatas sehingga menjadi dasar untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga modul ajar kurikulum merdeka yang tersedia memiliki 4 kirteria penting berikut:
👉Esensial :
Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
👉Menarik, bermakna dan menantang :
Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
👉Relevan Dan Kontekstual :
Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
👉Berkesinambungan :
Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SD

Tersedia dalam format pdf yang bisa bapak/ibu guru gunakan sebagai refferensi, berupa contoh modul ajar mata pelajaran bahasa indonesia untuk kelas empat sekolah dasar (fase B kurikulum merdeka).Nantinya bisa dikembangkan sendiri oleh bapak/ibu agar menjadi lebih baik dan sempurna.

A. IDENTITAS MODUL
Penyusun : .....................................
Instansi : SD ...............................
Tahun Penyusunan : Tahun 2022
Jenjang Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Fase /Kelas: B/ 4
BabI : Sudah Besar
Tema: Aku
Hari/Tanggal : .....................................
Alokasi Waktu : 6 Minggu

B. KOMPETENSI AWAL
 Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita;
 Peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang;
 Peserta didik dapat membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif, serta menggunakannya; dan
 Peserta didik dapat mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek KamusKelas Empat.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
 Mandiri;
 Bernalar kritis;
 Kreatif;

D. SARANA DAN PRASARANA
 Buku Siswa: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar, SD Kelas IV, Penulis: Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati
 Buku cerita anak
 Media cetak dan elektronik
 Brosur dan poster tentang hemat listrik
 Internet

E. TARGET PESERTA DIDIK
 Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
 Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F.JUMLAH PESERTA DIDIK
 Minimum 15 Peserta didik, Maksimum 25 Peserta didik

G. MODEL PEMBELAJARAN
 Model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.

KOMPONEN INTI

A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Alur Konten Capaian Pembelajaran :

Pertemuan 1
 Memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

TujuanPembelajaran :

Pertemuan 1
 Melalui kegiatan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

B. PEMAHAMAN BERMAKNA
 Meningkatkan kemampuan siswa tentang memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi;
 Meningkatkan kemampuan siswa tentang membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf; dan
 Meningkatkan kemampuan siswa tentang menulis dengan menggunakan kosakata baru dan kalimat transitif/ intransitif.

C. PERTANYAAN PEMANTIK
 Apa saja perubahan pada diri kalian dibandingkan setahun lalu saat kalian di awal kelas tiga ?
 Bagaimana menurut kalian cerita berjudul “Tak Muat Lagi”?
 Diskusikan bersama, seperti apakah hubungan kakak-adik yang baik?
 Apakah baju, sepatu, tas, atau buku kaliandijual, diberikan kepada adik, atau disumbangkan?

D. PERSIAPAN BELAJAR
Bab ini dimulai dengan tanya jawabsantai tentang diri peserta didik danperubahan yang mereka alami. Kegiatanpembuka dilanjutkan dengan permainanmengurutkan agar peserta didikbersemangat memulai pelajaran.

Tip Pembelajaran
• Ini kegiatan pertamapeserta didik di kelas 4.Hindarkan kesan bahwa“sudah besar” hanyaterkait tinggi badan,karena pertumbuhan anakberbeda-beda.
• Soroti perubahan positifsekecil apa pun yang terkaitkemandirian pribadi,membantu orang lain,kegiatan keagamaan, danlain-lain.

Contoh:
• sudah bisa menyiapkansarapan sendiri
• sudah hafal dua suratpendek di kitab suci
• dan lain-lain.

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1

Kegiatan Pendahuluan
1. Guru menyapa peserta didik dan mengajak mereka berbincang sebentar. Guru dapat menanyakan apakah ada peserta didik yang datang terlambat, dan apa alasannya.
2. Guru menjelaskan bahwa peserta didik akan membaca cerita berpasang-pasangan.
3. Guru mengajak peserta didik menyepakati aturan main saat membaca bersama. Misalnya, peserta didik membaca bergantian per panel komik dengan suara tidak terlalu keras, tetapi dapat didengar jelas oleh pasangannya. Sepakati pula apakah peserta didik yang sedang mendapat giliran menyimak boleh membantu atau memperbaiki kesalahan bacaan temannya atau tidak.
4. Guru menjelaskan bahwa setelah membaca mereka akan berdiskusi. Guru juga menjelaskan tata tertib dalam berdiskusi dengan baik.

Kegiatan Inti Membaca
1. Guru mempersilakan peserta didik membaca cerita “Tak Muat Lagi”. Kosakata baru ditandai kuning agarpeserta didik memberikan perhatianlebih.
2. Guru berkeliling untuk memeriksa jika ada peserta didik yang kesulitan.
3. Jika semua selesai membaca, guru mengajak peserta didik mendiskusikan isi cerita tersebut.
4. Guru memandu peserta didik berdiskusi menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa, serta menambahkan pertanyaan-pertanyaan lain yang terkait. Peserta didik dipersilakan untuk menjawab atau bertanya.

Tip Pembelajaran
• Perhatikan bahwa tidak semua pertanyaan memiliki jawaban eksplisit di dalam teks. Oleh karena itu, guru perlu membaca dan memahami semua pertanyaan terlebih dahulu.

Kegiatan Penutup
1. Guru memandu peserta didik untuk menyimpulkan permasalahanyang dihadapitokoh danmengaitkannyadenganpengalamanpribadi.
2. Guru memperlihatkan Peserta didik membaca teksdengan nyaring,lalu menjawabpertanyaanterkait teks.

Link Download

Selanjutnya jika bapak/ibu guru merasa contoh yang kami tampilkan diatas sesuai silahkan download file lengkap modul ajar bahasa indonesia kelas 4 SD berformat pdf yang bisa di convert doc melalui tautan dibawah ini:

DAPATKAN HARGA PROMO

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD Bahasa Indonesia Tahun 2022 (Contoh Dan Link Download Tersedia)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel