RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 PKn Terbaru 2022/2023

Salam Pendidik, Di tulisan kali ini kami akan membahas dan berbagi info contoh RPP kurikulum merdeka fase A khusus untuk kelas 1 SD. RPP jenis terbaru ini dikenal dengan "rpp plus merdeka belajar atau juga modul ajar". Tehnik penyusunan, prinsip hingga komponennya hampir sama dengan Rencana ajar sebelumnya, hanya saja untuk kompetensi dan materinya diberi penguatan "profil pelajar pancasila". Namun untuk lebih memahamkan teman-teman guru sekalian, diakhir artikel telah kami sediakan link yang bisa digunakan untuk mengunduh file lengkapnya, sehingga bisa dijadikan refferensi.

Komponen RPP Kurikulum Merdeka

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelajaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Berikut Contoh RPP kurikulum merdeka kelas 1 SD Kewarganegaraan.

gambar rpp merdeka belajar kelas 1 sd PKn

Pertemuan 1 modul ajar Kelas 1 SD fase A mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Untuk kelengkapan lainnya seperti 1 lembar kerja peserta didik (LKPD), penilaian/asesmen, glosarium dan bahan ajar bisa lanjut download melalui link yang tersedia diakhir artikel.

B. KOMPETENSI AWAL

1.       Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Pancasila

2.       Peserta didik dapat dapat menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam Pancasila

3.       Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas peran dirinya dalam kegiatan bersama sesuai nilai Pancasila

C. PROFILPELAJAR PANCASILA

v  Beriman, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar, Kritis, Dan Kreatif.

D. SARANADAN PRASARANA

v  Alat Pembelajaran : Komputer / laptop, jaringan internet, proyektor / Alat permainan tradisional / media gambar

v  Sumber Belajar     : (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SD Kelas IPenulis: Elisa Seftriyana & Ratna Sari Dewi dan Internet), Lembar kerja peserta didik

v  Lampu ruang kelas yang memadai

v  Ruang kelas yang cukup luas

E. TARGET PESERTA DIDIK

v  Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

v  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai

keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F.JUMLAH PESERTA DIDIK

v  Minimum 15 Peserta didik, Maksimum 25 Peserta didik

G. MODEL PEMBELAJARAN

v  Pembelajaran Tatap Muka, Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring), Pembelajaran

Jarak Jauh Luar Jaringan (PJJ Luring)

KOMPNEN INTI

A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Fase A

Elemen: Pancasila

Tujuan umum yang diharapkan pada unit I “Aku Cinta Pancasila” mengenali simbol-simbol Pancasila dan menjelaskan makna masing-masing sila tersebut, serta hubungan antar sila. Tujuan khusus yang diharapkan pada unit I “Aku Cinta Pancasila” antara lain :

·        Melalui kegiatan mengamati dan menyimak  cerita  bergambar,  peserta  didik nenunjukkan sikap sesuai dengan nilai pancasila terhadap diri sendiri dan orang lain sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME.

·        Melalui mengamati dan menyimak cerita bergambar,  peserta  didik  dapat mengidentifikasi nilai Pancasila dalam kehidupan  sehari  sesuai  nilai-nilai  baik Pancasila.

B. PEMAHAMAN BERMAKNA

a.  Contoh implementasi sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

b.  Kosakata teks Pancasila.

C. PERTANYAAN PEMANTIK

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembelajaran I

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

a.    Persiapan Mengajar

Pada unit kegiatan pembelajaran I, beberapa hal yang harus dipersiapkan guru antara lain:

1)   Jika sarana dan prasarana memadai, guru menyiapkan video lagu Garuda Pancasila yang dapat ditampilkan menggunakan proyektor, atau guru dapat menggantinya menggunakan poster/banner berisi lirik lagi Garuda Pancasila dengan desain yang menarik.

2)  Guru dapat menyiapkan cerita bergambar tentang perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila (salah satu contoh termuat dalam LKPD).

3)  Guru dapat menyiapkan gambar/poster Garuda Pancasila yang dapat ditempel di setiap sudut kelas dalam upaya melekatkan simbol Pancasila dalam ingatan peserta didik.

4)  Guru dapat mendesain kegiatan inovasi, permainan, board games, atau media lain yang memotivasi belajar peserta didik (contoh inovasi termuat pada alternatif pembelajaran).

 

b.  Kegiatan Pengajaran di Kelas

Pada unit kegiatan pembelajaran I, beberapa hal yang dilaksanakan oleh guru antara lain:

Ø  Kegiatan Pembuka (5 Menit)

1)   Jika pembelajaran ini dimulai dari jam pertama, maka dalam kegiatan pendahuluan ini diawali dengan mengucapkan salam dari guru, membaca doa atau meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing (penguatan elemen akhlak beragama).

2)   Guru dapat mengecek kesiapan peserta didik sebelum belajar dengan meminta peserta didik merapikan pakaian, tempat duduk, kemudian mengecek kehadiran peserta didik.

3)   Guru memberikan pertanyaan sebagai stimulus pengetahuan peserta didik tentang Pancasila, melalui media poster Pancasila, dengan pertanyaan “Anak-anak, tahukah kalian apa yang Ibu pegang ini? Gambar apakah ini?”.

Ø  Kegiatan Inti (60 Menit)

1)   Guru memberikan tanggapan atas respon dari peserta didik mengani poster Pancasila tersebut. Guru dapat memberikan penjelasan tentang Pancasila dalam rangka mengenalkan Pancasila sebagai salah satu simbol negara yang memiliki nilainilai yang menjadi acuan dalam kehidupan sehari-hari.

2)   Guru meminta peserta didik untuk bernyanyi bersama-sama lagu Garuda Pancasila. Guru dapat memberikan penjelasan tentang lagu Garuda Pancasila terutama pada lirik Pancasila sebagai pribadi bangsa, yang mana pribadi bangsa selalu mencerminkan nilai-nilai baik dan positif dalam kehidupan sehari-hari.

3)   Guru menampilkan cerita bergambar yang termuat pada Lembar Kerja Peserta Didik. Guru menjelaskan nilai-nilai positif dalam cerita bergambar tersebut dan mengaitkannya dengan nilai- nilai Pancasila (Penguatan elemen akhlak kemanusiaan, elemen kepeduliaan, dan bernalar kritis).

4)  Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar, menyimak apa yang disampaikan oleh guru, dan meminta peserta didik untuk menceritakan kembali cerita bergambar tersebut (penguatan elemen kepeduliaan dan elemen regulasi diri).

5)   Guru memfasilitasi dan memotivasi peserta didik untuk menceritakan kembali cerita bergambar tentang nilai Pancasila.

6)   Guru mengajak anak-anak bermain “Bola Bekel” secara berkelompok dengan desain komponen permainan modifikasi nilai-nilai Pancasila (penguatan elemen kolaborasi dan regulasi diri).

 

Ø  Kegiatan Penutup (5 Menit)

1)   Guru memberikan penguatan dengan pertanyaan “sudahkah anak-anak melaksanakan apa dilakukan dalam cerita ini?”. Guru meminta peserta didik untuk meneladani cerita bergambar tersebut.

Guru meminta peserta didik untuk membawa LKPD ke rumah masing-masing, dan meminta peserta didik untuk bercerita kembali atau berlatih bercerita kepada orang tua/keluarga di rumah tentang nilai-nilai baik Pancasila dalam kehidupan sehari-hari (penguatan elemen akhlak kemanusiaan dan elemen kepeduliaan).

Lebih Lengkap : Modul Ajar Kelas 1 SD

Belum ada Komentar untuk "RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 PKn Terbaru 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel