Modul 3.3 Guru Penggerak 2022

Untuk memfasilitasi program pendidikan guru penggerak disetiap musim, tim kemendikbudristek telah menyediakan modul untuk memfasilitasi kegiatan CGP agar bisa menjadi guru terbaik Indonesia untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (instructional leaders). Salah satunya adalah Modul 3.3 “Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid” yang kami bagikan dalam postingan ini.

gambar modul 3.3 guru penggerak

Selamat Datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak. Subbagian yang akan kita bahas selanjutnya adalah tentang Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Ini merupakan rangkaian akhir dari Paket Modul 3 yang bertema “Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah”. Secara keseluruhan, modul ini mengajak Anda untuk membayangkan menjadi pemimpin yang dapat menggerakkan komunitas dan lingkungan sekolah. Pemimpin penggerak yang dapat memanfaatkan potensi ekosistem untuk berdaya guna, bukan saja terhadap sekolah, tapi juga terhadap masyarakat sekitarnya.

Sebagai langkah awal dalam pembahasan modul ini, Anda diajak untuk mengingat kembali apa yang sudah dilakukan pada materi sebelumnya, yaitu bagaimana Anda dapat memetakan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki sekolah.

Berbekal dari ketajaman Anda memetakan sumber daya yang dimiliki sekolah, Bapak/Ibu CGP tentu sudah mampu menggambarkan bagaimana pemanfaatan sumber daya dapat dijadikan program sekolah yang berdampak. Untuk itu, subbagian ini membahas tentang prioritas kebutuhan, masalah dan kebutuhan sekolah, tentang bentuk-bentuk program, tahapan pengelolaan program yang efektif dan berdampak, serta mengevaluasi praktik yang selama ini dijalankan di sekolah. Kemampuan merancang dan mengelola program dibekali dengan pengetahuan tentang manajemen risiko sehingga Anda mampu melakukan monitoring dan evaluasi program yang sudah dirancang.

Semoga proses pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman baru dan membuka cakrawala berpikir yang lebih luas lagi, dan lebih mengedepankan perencanaan program yang berdampak pada murid.

Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:
1. mempraktikkan tahapan pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid.
2. mengembangkan kepemimpinan murid melalui berbagai cara.

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:
1. menunjukkan keterampilan menganalisis data untuk menentukan prioritas masalah dan kebutuhan di sekolahnya
2. menunjukkan pemahaman mengenai bentuk-bentuk program dan strategi memilih bentuk program yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan aspek-aspek dalam pengembangan program (format, durasi kerja, sumber daya, lokasi)
3. menerapkan tahapan pengelolaan program yang efektif dan berdampak serta mengevaluasi praktik yang selama ini dijalankan di sekolahnya
4. memahami analisis Manajemen Risiko dan mampu mengelola risiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid
5. memahami prinsip-prinsip monitoring dan evaluasi serta menerapkannya dalam pengelolaan program

Isi Materi Modul:
1. Bentuk-bentuk program sekolah
2. Tahapan membuat program dengan 5 D/BAGJA
3 . Pengelolaan Program dengan strategi MELR dan Manajemen Risiko

Dilengkapi dengan komponen bahan ajar seperti contoh gambar, video, serta fitur interaktif untuk menarik perhatian Peserta program pendidikan. Sehingga modul ini menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk menempah calon guru-guru penggerak

Modul ini sangat mudah diakses dan digunakan secara mandiri oleh setiap guru dimanapun dan kapanpun melalui media internet melalui gerbang kemdikbud.

Nah dengan tujuan lebih mempermudah teman-teman peserta pelatihan guru penggerak. Kali ini kami akan bagikan modul yang disusun Indra Sari, SH. M.Pd dan Dr. Siti Suharsih, S.S., M.Pd dan dicetak oleh Kemdikbudristek, Dirjen GTK, Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas sekolah dan tenaga kependidikan tahun 2022. Bisa unduh melalui blog sederhana ini, sehingga diharapkan bisa melengkapi bahan belajar peserta.

Untuk membaca isi full modul yang telah kami jelaskan diatas. Berikut bisa di download file lengkapnya berekstensi pdf melalui link yang telah kami sediakan.

Atau Download Modul Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid.Pdf

Lihat Semua Modul Guru Penggerak Tema 1 2 3 Lengkap

Akhir kata, kami cukupkan informasi kali ini sampai disini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk meninggalkan pesan dikolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Modul 3.3 Guru Penggerak 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel