Terbaru Dan Lengkap : Modul Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) 2022/2023

Sobat Guru-Baik, Melalui postingan ini kami akan share berbagai modul program pendidikan guru penggerak yang bisa bapak/ibu guru CGP jadikan refferensi pada angkatan 7 8 9 10 tahun 2022.

gambar Modul Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) 2022/2023

Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), sebagai bagian dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar episode kelima, didesain untuk mempersiapkan guru-guru terbaik Indonesia untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (instructional leaders). Melalui berbagai aktivitas pembelajaran dalam PPGP, kandidat kepala sekolah masa depan diharapkan dapat memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah.

Upaya pemenuhan kandidat kepala sekolah yang lebih optimal menuntut penyesuaian pada desain pembelajaran PPGP. Karena itu, terhitung dari angkatan kelima durasi program diefisiensikan dari sembilan menjadi enam bulan. Selain itu, PPGP juga menerapkan diferensiasi proses untuk peserta di daerah yang memiliki akses terbatas, baik dari segi transportasi maupun telekomunikasi. Namun, terlepas dari moda penyampaian yang beragam, para Calon Guru Penggerak (CGP) di seluruh Indonesia sama-sama mempelajari materi-materi bekal kepemimpinan dengan sistem on-the-job learning di mana selama belajar, guru tetap menjalankan perannya di sekolah sekaligus menerapkan pengetahuan yang didapat dari ruang pelatihan ke dalam pembelajaran di kelas. Pendekatan pembelajaran juga tetap menggunakan siklus inkuiri yang sarat dengan refleksi dan praktik langsung, baik bersama sesama CGP maupun rekan sejawat di sekolah. Pendampingan di lapangan juga tetap menjadi kunci dari keberhasilan implementasi konsep di kelas atau sekolah CGP. yang dimiliki sekolah.

Untuk mendukung pelaksaan program ini maka tim kemendikbudristek menyusun dan menerbitkan modul yang dijadikan acuan belajar calon guru penggerak di setiap angkatan.

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai Kompetensi Lulusan sebagai berikut:
1. Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran.
2. Guru Penggerak, melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.

Baiklah, sesuai dengan judul diatas, jika ingin mendapatkan file pdf modul silahkan gunakan link unduhan yang telah kami sediakan dibawah ini:

Tema 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak
Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional
modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Modul 1.4 Budaya Positif guru penggerak

Tema 2 Praktik Pembelajaran Yang berpihak pada Murid
Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid
Modul 2.2 Pembelajaran sosial dan emosional
Modul 2.3 Coaching untuk supervisi akademik

Tema 3 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah
Modul 3.1 Pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan pemimpin
Modul 3.2 Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
Modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak positif pada murid

Akhir kata, kami cukupkan informasi kali ini sampai disini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk meninggalkan pesan dikolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Terbaru Dan Lengkap : Modul Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel