dampak postif dan negatif akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan, [Jawaban Soal Buku siswa kelas 5 tema 1 halaman 146]

Berikut ini kami bagikan jawaban buku tematik siswa k13 kelas 5 tema 1 subtema 3 tentang dampak postif dan negatif akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan muatan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Ayo Mengamati

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Sebagai negara maritim dan kepulauan yang berada di antara Benua Australia dan Asia membawapengaruh terhadap kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena  dengan posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Mau tidak mau banyak pedagang dari berbagai negara di seluruh belahan bumi ini akan melewati dan mampir ke Indonesia. Pedagang-pedagang dari berbagai negara tersebut tentunya memiliki latar.

Belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Para pedagang yang mampir dan ada sebagian yang menetap di Indonesia turut membawa adat budaya dari negara asalnya. Lambat laun adat budaya yang dibawa tersebut akan berbaur, bercampur, bahkan melebur dengan adat budaya asli Indonesia.

Berikut adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan.
  1. Komunikasi dan interaksi antarpenduduk menjadi lebih mudah, baik antarwarga Indonesia maupun orang Indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran antarpulau dan antarnegara.
  2. Terjadinya pembauran, pencampuran, atau peleburan nilai-nilai antarpulau dan antarnegara.
  3. Munculnya perkampungan-perkampungan etnis tertentu, seperti Pecinan dan Kampung Arab.
  4. Terjadinya perubahan perilaku masyarakat karena pengaruh masuknya pola dan nilai perilaku dari pulau, daerah, maupun negara lain.
  5. Terjadinya perpindahan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.
Ayo Menulis

Ada dampak positif, tentunya juga ada dampak negatifnya. Coba ceritakan berbagai dampak yang timbul sebagai akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.
dampak postif dan negatif akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan, [Jawaban Soal Buku siswa kelas 5 tema 1 halaman 146]

Jawaban soal buku siswa kelas 5 tema 1 subtema 3 halaman 146

Dampak Positif : Memiliki beragam potensi alam dan hasilnya, memiliki beragam kekayaan budaya dan memiliki beragam kekayaan sumber daya manusia.

Dampak Negatif : Tidak meratanya potensi alam dan sumber daya manusia, tidak merata nya pembangunan dan penggunaan hasil, rentan terjadi konflik bentrok antar warga daerah.

Demikian artikel tentang pola lantai dalam tari sebagai jawaban dari soal tematik kelas 5 tema 1 subtema 3 halaman 146 kurikulum 2013 revisi 2018. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "dampak postif dan negatif akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan, [Jawaban Soal Buku siswa kelas 5 tema 1 halaman 146]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel