Pola Lantai Dalam Tari [Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Halaman 14]

Berikut kami bagikan jawaban buku siswa tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 halaman 14 tentang pola lantai dalam seni tari, muatan pelajaran SBdp.

Pola lantai Dalam tari

Kerja sama yang baik harus dimiliki oleh seorang penari agar menghasilkan tarian yang indah. Susunan pola para penari (formasi) adalah salah satu hal yang memperindah sebuah gerak tari, formasi tertentu yang dibuat para penari tersebut dinamakan Pola lantai.

Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak. Dalam hal ini penari harus memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi saat menari.

Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari. Pola lantai ini dilakukan baik oleh penari tunggal, berpasangan, atau penari kelompok. Dalam tarian, terdapat dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan lengkung. Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal.

Pada dasarnya pola garis pada lantai terbagi menjadi dua yaitu : garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat, sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tapi lemah.

Pola Lantai dalam tari

1. Pola Lantai Vertikal (Lurus)

Tari klasik banyak menggunakan pola lantai vertikal. Penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini memberikan kesan sederhana,
tetapi kuat.

Contoh tari dengan pola lantai vertikal : tari yospan papua, tari serimpi jawa tengah, dan tari baris cengkedan bali.

2.Pola Lantai Diagonal

Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

Contoh tari dengan pola lantai diagonal : Tari gending sriwijaya sumatera selatan

3. Pola Lantai Garis Melengkung

Penari membentuk garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak menggunakan pola ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.

Contoh tari dengan pola lantai melengkung : tari ma'badong toraja sulawesi selatan dan tari randai sumatera barat.

Jawaban Soal Buku Siswa kelas 6 tema 2 subtema 1 halaman 14


Alternatif jawaban : disesuaikan dengan setiap daerah asal siswa 

Contoh jawaban

Temukan berbagai tari daerahmu! Sebutkan pola lantai tariannya!

Tari seudati dari aceh menggunakan pola lantai garis lurus, segi empat, huruf U, zig-zag, huruf s, segitiga dan pola segi empat silang.

Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah langkahnya! Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.

Langkah-langkah tari seudati.


















Link Download jawaban soal buku siswa halaman 14, Ambil File

Demikian artikel tentang pola lantai dalam tari sebagai jawaban dari soal tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 halaman 14 kurikulum 2013 revisi 2018. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pola Lantai Dalam Tari [Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Halaman 14]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel