Rangkuman Materi Mengukur Panjang | TVRI 20 April 2020

Materi yang akan diberikan untuk SD kelas rendah 1 2 3 Selasa 21 April 2020 adalah tentang pengukuran panjang. Nah agar lebih memudahkan adik-adik sekalian, berikut kami suguhkan rangkumannya.

Pengukuran panjang adalah membandingkan panjang sesuatu dengan panjang sesuatu yang panjangnya sudah diketahui yang dijadikan sebagai patokan. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang benda haruslah sesuaidengan ukuran benda. Sebagai contoh, untuk mengukur lebar buku kitagunakan pengaris, sedangkan untuk mengukur lebar jalan raya lebih mudahmenggunakan meteran kelos.

a. Pengukuran Panjang dengan Mistar

Penggaris atau mistar berbagai macam jenisnya, seperti penggaris yangberbentuk lurus, berbentuk segitiga yang terbuat dari plastik atau logam,mistar tukang kayu, dan penggaris berbentuk pita (meteran pita). Mistarmempunyai batas ukur sampai 1 meter, sedangkan meteran pita dapatmengukur panjang sampai 3 meter. Mistar memiliki ketelitian 1 mm atau 0,1cm. Posisi mata harus melihat tegak lurus terhadap skala ketika membaca skalamistar. Hal ini untuk menghindari kesalahan pembacaan hasil pengukuranakibat beda sudut kemiringan dalam melihat atau disebut dengan kesalahan paralaks.

b. Pengukuran Panjang dengan Jangka Sorong

Bagaimanakah mengukur kedalaman suatu tutup pulpen? Untuk mengukurkedalaman tutup pulpen dapat kita gunakan jangka sorong. Jangka sorongmerupakan alat ukur panjang yang mempunyai batas ukur sampai 10 cmdengan ketelitiannya 0,1 mm atau 0,01 cm. Jangka sorong juga dapat digunakanuntuk mengukur diameter cincin dan diameter bagian dalam sebuah pipa.Bagian-bagian penting jangka sorong yaitu:1. rahang tetap dengan skala tetap terkecil 0,1 cm2. rahang geser yang dilengkapi skala nonius. Skala tetap dan noniusmempunyai selisih 1 mm.

c. Pengukuran Panjang dengan Mikrometer Sekrup

Tahukah kamu alat ukur apa yang dapat digunakan untuk mengukur bendaberukuran kurang dari dua centimeter secara lebih teliti? Mikrometer sekrupmemiliki ketelitian 0,01 mm atau 0,001 cm. Mikrometer sekrup dapatdigunakan untuk mengukur benda yang mempunyai ukuran kecil dan tipis,seperti mengukur ketebalan plat, diameter kawat, dan onderdil kendaraanyang berukuran kecil. Bagian-bagian dari mikrometer adalah rahang putar,skala utama, skala putar, dan silinder bergerigi. Skala terkecil dari skala utamabernilai 0,1 mm, sedangkan skala terkecil untuk skala putar sebesar 0,01 mm.

Selengkap : Jawaban dan soal akhir sesi untuk SD Kelas `4 5 6

Akhirnya, demikian rangkuman tentang pengukuran panjang, Semoga bisa menjadi refferensi teman-tenab dakam belajar.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Mengukur Panjang | TVRI 20 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel