Rangkuman Materi Perahu Jong Untuk Kelas 4 5 6 | Acara belajar Dirumah TVRI Kamis 23 April 2020

Salah satu kebudayaan yang unik nusantara kembali lagi menjadi tema yang diangkat untuk kegiatan pembalajran dirumah TVRI, Kamis 23 April 2020 yakni perahu jong untuk kelas 4 5 6.

Untuk menambah wawasan tentang permainan rakyat yang satu ini berikut kami rangkumkan untuk adik - adik sekalian.

Perahu jong merupakan permainan unik rakyat melayu yang cukup melegenda dari kepulauan Riau. Asal mulanya dahulu rakyat tionghoa melepaskan perahu layar kecil untuk membawa sesaji ketengah laut, salah satu kue didalamnya bernama jong kong. itulah asal mula nama perahu jong.

Karena unik lama kelamaan warga kepri mulai menggelar perlombaan yang melibatkan perahu layar jong ini. Cara permainan nya mengandalkan tupan angin untuk menjalankan perahun ini. Perahu ini sebenarnya tidak bisa beridiri sempurna sehingga para peserta pestival memberika pemberat pada salah satu sisi kayu panjang dan meletakkan perahu mereka hingga angin membawanya ketengah laut.

Pada perlombaan perahun jong akan diberikan lintasan berupa garis lurus dan garis finish nya berupa gawang. Perahu jong yang berhasil masuk kegawang akan memenangkan lomba sedangkan yang melencang dikatakan kalah.

Pada sesi perlombaan warna warni layar perahu jong akan menambah kecantikan pemandangan laut.

Festival Perahu Jong bisa kamu temui di pulau-pulau pesar pada Provinsi Kepulauan Riau. Salah satuunya adalah Pulau Batam, di mana warga Kampung Pulo, Batu Besar kerap bikin acara yang satu ini.

Untuk pembahasan Soal dan Jawaban materi perahu jong ==>DISINI<==

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Perahu Jong Untuk Kelas 4 5 6 | Acara belajar Dirumah TVRI Kamis 23 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel