Rangkuman Materi Tarian Lenggang Nyai Untuk SMP | Acara Belajar Dirumah TVRI Rabu 22 April 2020

Materi untuk SMP pada acara belajar dirumah TVRI hari rabu tanggal 22 April 2020 mengangkat sejarah tarian lenggang nyai yang berasal dari Betawi. Nah agar lebih jelas dan sedikit menambah wawasan adik - adik tentang tarian ini yuk simak rangkuman materi berikut ini.

Tarian Lenggang Nyai merupakan tarian yang berasala dari Betawi. Konon katanya tarian ini di adaptasikan dari cerita hidup Nyai Dasimah. Nama tarian ini sendiri berasal dari kata lenggang yang berarti lenggak lenggok dan Nyai yang erasal dari Nyai dasimah itu sendiri.

Menurut sejarahnya, Tari Lenggang Nyai ini di ciptakan oleh seorang seniman tari dari Yogyakarta bernama Wiwik Widiastuti, seorang seniman yang sangat mencintai kebudayaan Indonesia.

Tarian ini diambil dari cerita Nyai Dasimah, legendanya Nyai Dasimah merupakan seorang gadis yang cantik yang bingung dalam memilih pasangannya untuk menikah. Ketika itu beliau dihadapkan pada pemuda Indonesia dan Pemuda Belanda. Pilihan Nyai Dasimah jatuh kepada pemuda asal Belanda, kemudian mereka menikah, namun Nyai Dasimah tidak tahan dengan banyak nya aturan yang dibuat suaminya sehingga Dasimah merasa terkekang. Merasa hak – haknya sebagai perempuan di rampas, Nyai Dasimah memutuskan untuk memberontak dan memperjuangkan kebebasannya.

Lenggang Nyai merupakan perwujudan dari perjuangan Nyai Dasimah dalam memperjuangkan kebebasannya. Gerakan dalam tarian ini melambangkan kelincahan Nyai Dasimah.

Dalam pertunjukannya, penari menari dengan gerakan yang lincah yang menggambarkan keceriaan dan keluwesan gadis Betawi. Kelincahan tersebut terlihat dari gerak tubuh, kaki dan tangan para penari yang bergerak cepat tetapi tetap harmonis dengan musik. Beberapa gerakan juga menggambarkan kebingungan Nyai Dasimah saat mengambil keputusan untuk memilih pendamping hidupnya.

Ada hal unik dalam tarian ini dari segi busana. Busana yang digunkan dalam tarian ini merupakan perpaduan anatara budaya China dan Betawi. Dan tarian ini diiringi oleh musik gambang kromong.

Untuk pembahasan Soal dan Jawaban materi Tarian Lenggang Dasimah ==>DISINI<==

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Tarian Lenggang Nyai Untuk SMP | Acara Belajar Dirumah TVRI Rabu 22 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel