RPP Daring IPS Kelas 7 SMP/Mts Tahun 2020/2021

Guru-Baik.Com - Melalui halaman kali ini kami akan bagikan RPP PPkn moda daring untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh dimusim wabah covid19 saat ini. Seperti yang kita ketahui saat ini guru harus mengajar dari jarak jauh dengan memanfaatkan media internet (online) sebagai media pembelajaran. Agar tujuan pembelajaran tetap tercapai maka wajib menyusun rencana mengajar dengan metode yang digunakan adalah STUDYSASTER (kebencanaan).

gambar rpp daring IPS kelas 7 SMP

Sebenarnya ada beberapa jenis yang bisa digunakan oleh guru dalam mengajar. Diantaranya moda dalam jaringan (daring) dan moda luar jaringan (luring). Dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan oelh guru yang bersangkutan sesuai dengan daerah masing-masing.

Sebagian daerah yang berada dalam zona hijau bisa melaksanakan kegiatan pembelajran secara tatap muka. Namun untuk daerah yang berada dalam zona merah wajib menggunakan RPP moda daring yang contohnya kami bagikan disini.

Banyak sekali jenis Media pembelajaran yang bisa digunakan untuk kegiatan mengajar online atau dalam jaringan (daring) meliputi google classroom, Whatsapp, Zoom, telegram, Youtube, dan aplikasi lainnya. Tentunya guru bisa memilih salah satu yang sesuai dengan media yang bisa digunakan oleh siswanya dan didukung didaerahnya.

Agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran di era new normal ini bisa berjalan dengan baik. Guru wajib mempersiapkan rencana mengajar berupa RPP daring yang digunakan sebagai acuan memulai kegiatan pemberian materi pada peserta didik dikelas virtual.

Contoh RPP IPS Daring

Supaya lebih jelas, Silahkan perhatikan contoh RPP IPS Daring Kelas 7 format selembar k13 tahun 2020/2021 dan silahkan gunakan sebagai refferensi.

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat:

  • menjelaskan pengertian konsep ruang
  • menjelaskan konsep saling melengkapi antar ruang (complementarity atau Regional Complementary)

 

Model Pembelajaran & Sumber Belajar

  • STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan
  • Sumber Belajar; Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

 

Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online Yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :Saling Melengkapi (complementarity atau Regional Complementary)..

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pancasila Sebagai Dasar Negara.

Critical Thinking : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Saling Melengkapi (complementarity atau Regional Complementary). .

Collaboration : Peserta didik bersama orang tua mendiskusikan, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Saling Melengkapi (complementarity atau Regional Complementary).

Communication : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pancasila Sebagai Dasar Negara. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

 

Penilaian Hasil Pembelajaran

Penilaian yang dilakukan yaitu Penilaian Kompetensi Sikap, Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Penilaian Kompetensi Keterampilan.

Link Download

Bagi guru yang menginginkan file contoh RPP daring SMP dalam format doc. Silahkan gunakan link dibawah ini untuk mengunduh.

1. Download RPP Daring IPS Kelas 7 SMP format Selembar Semester 1

2. Download RPP Daring IPS Kelas 7 SMP format Selembar Semester 2

Akhir kata, Kami cukupkan informasi kali ini sampai disini. Silahkan gunakan sebagai refferensi untuk kelengkapan file administrasi guru-guru sekalian. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Daring IPS Kelas 7 SMP/Mts Tahun 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel