Contoh RPP 1 lembar Moda Daring Kelas 3 SD Tahun Ajaran 2020/2021

Guru-Baik.Com - Sahabat edukasi, Pada postingan kali ini kami akan bagikan contoh rpp 1 lembar terbaru yang telah dibuat dalam moda daring. Dokumen ini kami share bertujuan membantu teman-teman guru mempersiapkan perangkat ajar dalam menjalani kegiatan mengajar di musim covid 19 ini.

gambar rpp daring kelas 3

virus corona yang masih menjadi ancaman saat ini membuat suatu perubahan kepada metode pengajaran disemua jenjang pendidikan. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ditempuh sebagai mekanisme kegiatan pemberian materi tanpa harus kontak langsung antara siswa dan guru.

Walaupun kegiatan belajar dilaksanakan secara online menggunakan whats apps ataupun zoom dan aplikasi lain. Akan sebagai guru profesional harus tetap mempersiapkan sebuah lesson plain yang dijadikan pemandu jalannya proses pembelajaran.

RPP yang digunakan masih tetap disusun berdasarkan surat edaran nomor 14 tahun 2019 yaitu RPP 1 lembar dengan 3 komponen wajib didalamnya meliputi tujuan kegiatan pembelajaran dan penilaian/assesment. Hanya saja perbedaannya terletak pada metode pembelajaran yang dilaksanakan melalui aplikasi dalam jaringan (daring) berupa WA, zoom, google meet dan lain sebagainya.

Penting diketahui untuk mendukung lancarnya proses pembelajaran. Sedikit banyaknya guru harus memahami tekhnologi digital yang digunakan sebagai sarana.

Baiklah sesuai dengan judul postingan maka berikut telah kami siapkan contoh rpp daring kelas 3 SD tahun 2020/2021 sebagai refferensi teman-teman guru sekalian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING

(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan : SD/MI

Kelas / Semester : 3 /1

Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke : 1

Alokasi waktu : 1 hari

 TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah mendengarkan lagu yang di share melalui WA Grup siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
  2. Setelah mengamati gambar yang di share melalui WA grup, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
  3. Setelah mengamati gambar yang di share melalui WA grup, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  4. Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  5. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

 

ü Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)

ü Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

ü Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15

menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Kegiatan

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding dengan cara mendengarkan audio yang dikirim guru ke grup WA

Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.

Ø Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.

Ø siswa mengamati tanda dan yang ada pada syair lagu.

Ø Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.

Ø Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.

Ø Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan. (Creativity and Innovation)

Ø Siswa mengamati gambar yang dikirim guru ke Grup WA

Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.

Ø Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar.

Ø Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan.

Ø Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya.

Ø Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.

Ø Penugasan (Mengerjakan soal daring)

140

menit

Penutup

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

15

menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Sebelum lanjut ketahap download, dibawah ini kami juga tampilkan contoh dalam format doc/word agar lebih menjelaskan bentuk sampel lesson plain yang kami berikan

Link Download

Diatas telah kami tampilkan contoh agar bisa memberikan gambaran kepada teman-teman guru sebelum mengunduh file yang telah kami sediakan.

Untuk contoh RPP ini silahkan nanti bapak/ibu mengeditnya sesuai dengan keinginan masing-masing. dan juga boleh menyandingkannya dengan beberapa refferensi yang mengkin telah bapak/ibu sekalian ambil dari laman guruberbagi.kemdikbud.go.id.

Dibawah ini link download RPP daring kelas 3 format 1 lembar yang telah kami siapkan.

1. RPP Daring Kelas 3 Tema 1 Semester Ganjil

2. RPP Daring Kelas 3 Semester Genap tahun 2021

Akhir kata, Cukup disini informasi kali ini kami berikan. Silahkan gunakan sebagai refferensi. Boleh tambahkan komponen lainnya seperti lampiran penilaian jika memang diperlukan.

Tingglkan komentar atau hubungi kontak kami jika membutuhkan bantuan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP 1 lembar Moda Daring Kelas 3 SD Tahun Ajaran 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel