RPP Moda Daring Prakarya Kelas 7 SMP/Mts Semester Ganjil Dan Genap Khusus PJJ

RPP Moda Daring Prakarya Kelas 7 merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat dibutuhkan oleh guru-guru yang mengempunya di jenjang SMP pada musim pandemi covid 19 ini. Kenapa demikian, karena kegiatan pembelajaran saat ini dilaksanakan dengan sistem jarak jauh (PJJ atau BDR).

gambar contoh RPP Prakarya SMP

Dengan kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan dengan metode pembelajaran studysaster (kebencanaan), mengharuskan memanfaat media online seperti whatsapp, google meet, zoom, telegram dan lain-lain untuk media pendukung jalannya kegiatan belajar dan mengajar.

RPP daring dibuat sebagai lesson plain yang mengatur jalannya kegiatan belajar mengajar dengan metode yang kami sebutkan diatas yang dilaksanakan dengan mentaati protokol pencegahan penularan virus corona.

Untuk mempermudah bapak/ibu guru yang sedang mencari refferensi, dibawah ini kami sediakan contoh nya untuk satu kali pertemuan:

Sekolah : SMP ...

Mata Pelajaran : Prakarya (Rekayasa)

Kelas/Semester : VII / Ganjil

Materi Pokok : Sketsa dan gambar teknik

Alokasi Waktu : 80 Menit

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat: Memahami pengertian program Pendidikan Teknologi Dasar

Model Pembelajaran : STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan.

Sumber Belajar; Buku Prakarya Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016, buku refensi yang relevan serta lingkungan setempat, youtube dan TVRI.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online Yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp.

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Pengenalan program Pendidikan Teknologi Dasar.

Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

Kegiatan Inti

Kegiatan Literasi : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengenalan program Pendidikan Teknologi Dasar.

Critical Thinking : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengenalan program Pendidikan Teknologi Dasar.

Collaboration : Peserta didik bersama orang tua mendiskusikan, mengumpulkan informasi, kemudian melalaui aplikasi ZOOM siswa mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi dengan siswa lain mengenai Pengenalan program Pendidikan Teknologi Dasar.

Communication : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.

Creativity : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengenalan program Pendidikan Teknologi Dasar. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.

Kegiatan Penutup

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Penilaian Hasil Pembelajaran

1. Penilaian Pengetahuan; Teknik Penilaian: Tes Uraian (SOAL DARING)

2. Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek dan Penilaian Produk

Untuk melihat versi lengkap dalam format doc, silahkan perhatikan dibawah :

Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh atau daring perlu antusiasme dari setiap siswa dan andil orangtua untuk membantu anak-anaknya belajar dirumah dengan menggunakan beberapa sumber yang bisa dimanfaatkan seperti buku mata pelajaran dan aneka kerajinan yanga ada dirumah.

Jika ibu/bapak guru merasa tertarik, silahkan gunakan link unduhan yang telah kami sediakan berikut ini :

1. Download RPP Prakarya Moda Daring Kelas 7 (Budidaya)

2. Download RPP Prakarya Moda Daring Kelas 7 (Kerajinan)

3.Download RPP Prakarya Moda Daring Kelas 7 (Pengolahan)

4. Download RPP Prakarya Moda Daring Kelas 7 (Rekayasa)

Demikian informasi untuk contoh RPP daring prakarya kelas 7 SMP/Mts yang bersumber dari bapak Sugianto, S.pd dan telah melalui editing yang agak lama oleh kami sendiri. Silahkan gunakan sebagai refferensi untuk melengkapi administrasi ajar yang digunakan pada musim ini. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Moda Daring Prakarya Kelas 7 SMP/Mts Semester Ganjil Dan Genap Khusus PJJ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel