Download RPP Daring Kelas 5 Semester Genap Lengkap Semua Tema

Musim covid belum berakhir, kegiatan pembelajaran belum boleh dilaksanakan dengan tatap muka secara langsung. Tindakan ini diambil semata-mata agar bisa menjaga kesehatan dan keselamatan warga sekolah dari ancaman penularan corona virus corona yang sangat berbahaya.

Beberapa waktu yang lalu bapak mendikbud kita menyampaikan bahwa sekolah tatap muka belum boleh dilaksanakan di januari 2021 ini dengan kata lain pembelajaran harus dilaksanakan dengan metode dalam jaringan atau dikenal dengan singkatan daring.

gambar rpp daring kelas 5 semester 2

Untuk strategi yang dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran ini ialah siswa dan guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan bantuan media online seagai alat komunikasi, sehingga sangat dibutuhkan jaringan internet yang memadai dan dan piranti komuikasi yang bisa digunakan untuk akses menghubungkan antara server (guru) dan client (murid).

Setelah itu dibutuhkan beberapa aplikasi pendukung yang bisa dimanfaatkan seperti :

Whatsapp dan Telegram

Aplikasi digunakan untuk media berkirim pesan atau chating dan membentuk grup untuk mengirimkan tugas-tugas yang dikerjakan dalam bentuk google formulir dan lain-lain.

Zoom, google meeting dan webex

aplikasi bisa digunakan untuk video conference, sehingga guru dan peserta didik bisa memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan diskusi secara langsung atau memberikan seminar kepada siswa.

Youtube dan facebook

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh guru dalam memberikan materi yang dikemas dalam bentuk video pembelajaran yang diupload kedalam youtube ataupun facebook, sehingga siswa bisa menyimak materi dengan menontoh video tersebut.

Sebagai mana kita ketahui bahwa RPP merukan Salah satu komponen yang paling penting dimiliki seorang guru. Untuk saat ini RPP disusun sesuai edaran mendikbud terbaru no 14 yang berbunyi RPP harus disederhanakan dengan hanya tiga komponen inti saja yaitu tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian. Akan tetapi guru boleh menambahkan komponen lainnya namun sebagai peleengkap saja. dan itupun jika dibutuhkan sesuai konsep pembelajaran guru yang bersangkutan.

Baiklah, untuk membantu guru sekalian dalam mempersiapkannya, maka disini kami membagikan contoh RPP daring khusus kelas 5 semester 2 tahun pelajaran 2021

Contoh RPP Daring

Baiklah, agar lebih jelas silahkan lihat contoh rpp yang telah kami siapkan dibawah ini :

A. TUJUAN PEMBELAJARAN


1. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa memahami hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
2. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat memahami hubungan manusia dengan lingkungan sengan penuh tanggung jawab
3. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa dapat mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
4. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa memahami siklus hidup beberapa hewan dengan penuh rasa kepedulian.
5. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa mengetahui salah satu contoh sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian
6. Setelah siswa menonton video yang dikirim guru ke grup whatsapp, siswa mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik dengan penuh tanggung jawab.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN


Pembukaan
 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) Dipandu melalui grup whatsapp
 Siswa mengisi daftar hadir online yang dikirimkan guru di grup whatsapp
Kegiatan Inti
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi hubungan manusia dengan lingkungan sengan penuh tanggung jawab.
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi tentang siklus hidup beberapa hewan
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi tentang sumber energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa
 Melalui grup whatsapp, guru mengirimkan link video pembelajaran terkait dengan materi tentang keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik
 Melalui Grup whatsapp, Guru memberikan tugas kepada siswa

C. PENILAIAN (ASESMEN)


Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru. Misalnya memberikan tugas dirumah dan mengumpulkannya melalui WA grup.

Link Download

Untuk ibu/bapak guru yang ingin mendownload, Silahkan gunakan link yang telah kami sematkan dibawah ini :

Selengkapnya :

RPP Daring Kelas 5 Tema 6

RPP Daring Kelas 5 Tema 7

RPP Daring Kelas 5 Tema 8

RPP Daring Kelas 5 Tema 9

Perlu diketahui bahwa RPP ini memiliki 3 komponen inti didalamnya sebagaimana tertuang dalam SE no 14 tentang penyederhaan RPP, meliputi :

1. Tujuan Pembelajaran

2. Inti Pembelajaran

3. Penilaian atau assesment.

Ketiga komponen diatas adalah wajib untuk ada dalam sebuah RPP. Boleh ditambahkan komponen lain seperti Ki-KD dan sebagainya sebagai pelengkap. Akan tetapi hal ini jika guru menginginkannya untuk mencapai goal learning masing-masing.

Akhir kata, Kami Cukupkan informasi tentang RPP daring kelas 5 semester 2 terbaru sampai disini. Semoga bisa memberikan refferensi bagi teman-teman guru SD/MI dimanapun berada.

Belum ada Komentar untuk "Download RPP Daring Kelas 5 Semester Genap Lengkap Semua Tema"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel