RPP Merdeka Belajar SD Kelas 4 Bahasa Indonesia Terbaru 2022/2023

Salam Pendidik, Di tulisan kali ini kami akan membahas dan berbagi info contoh RPP kurikulum merdeka fase B khusus untuk kelas 4 SD. RPP jenis terbaru ini dikenal dengan "rpp plus merdeka belajar atau juga modul ajar". Tehnik penyusunan, prinsip hingga komponennya hampir sama dengan Rencana ajar sebelumnya, hanya saja untuk kompetensi dan materinya diberi penguatan "profil pelajar pancasila". Namun untuk lebih memahamkan teman-teman guru sekalian, diakhir artikel telah kami sediakan link yang bisa digunakan untuk mengunduh file lengkapnya, sehingga bisa dijadikan refferensi.

Komponen RPP Kurikulum Merdeka

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelajaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Berikut Contoh RPP kurikulum merdeka kelas 4 SD .

gambar rpp merdeka belajar bahasa indonesia kelas 4 SD

Pertemuan 1 modul ajar Kelas 4 SD fase B mata pelajaran bahasa indonesia, BAB 1 : aku, tema : sudah besar. Untuk kelengkapan lainnya seperti 1 lembar kerja peserta didik (LKPD), penilaian/asesmen, glosarium dan bahan ajar bisa lanjut download melalui link yang tersedia diakhir artikel.

B. KOMPETENSI AWAL

§  Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita;

§  Peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang;

§  Peserta   didik    dapat   membedakan   antara    kalimat   transitif   dan   kalimat    intransitif,   serta menggunakannya; dan

§  Peserta didik dapat mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek KamusKelas Empat.

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA

§  Mandiri;

§  Bernalar kritis;

§  Kreatif;

D. SARANA DAN PRASARANA

§  Buku Siswa: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar, SD Kelas IV, Penulis: Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati

§  Buku cerita anak

§  Media cetak dan elektronik

§  Brosur dan poster tentang hemat listrik

§  Internet

E. TARGET PESERTA DIDIK

§  Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

§  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F.JUMLAH PESERTA DIDIK

§  Minimum 15 Peserta didik, Maksimum 25 Peserta didik

G. MODEL PEMBELAJARAN

§  Model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran

jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.

KOMPONEN INTI

A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

§  Menjelaskan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahamannya terhadap tulisan dan gambar pendukung.

§  Menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai.

 

TujuanPembelajaran :

Pertemuan 1

§  Melalui kegiatan membaca cerita, peserta didik dapat menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

Pertemuan 2

§  Melalui kegiatan diskusi, peserta didik mampu mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun.

Pertemuan 3

§  Melalui kegiatan mencari kalimat di dalam cerita, peserta didik dapat memahami pemakaian kalimat transitif dan intransitif dengan baik.

§  Melalui kegiatan latihan ini, peserta didik dapat menggunakan tanda baca serta kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.

Pertemuan 4

§  Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar.

Pertemuan 5

§  Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

Pertemuan 6

§  Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia

Melalui kegiatan menulis surat, peserta didik dapat menggunakan tanda baca, kosakata baru, dan kalimat transitif dan intransitif dengan tepat.

B. PEMAHAMAN BERMAKNA

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1

Kegiatan Pendahuluan

1. Guru menyapa peserta didik dan mengajak mereka berbincang sebentar. Guru dapat menanyakan

         D. PERSIAPAN BELAJAR

Bab ini dimulai dengan tanya jawabsantai tentang diri peserta didik danperubahan yang mereka alami. Kegiatanpembuka dilanjutkan dengan permainanmengurutkan agar peserta didikbersemangat memulai pelajaran.

Tip Pembelajaran

•  Ini kegiatan pertamapeserta didik di kelas 4.Hindarkan kesan bahwa“sudah besar” hanyaterkait tinggi badan,karena pertumbuhan anakberbeda-beda.

•  Soroti perubahan positifsekecil apa pun yang terkaitkemandirian pribadi,membantu orang lain,kegiatan keagamaan, danlain-lain. Contoh:

•  sudah bisa menyiapkansarapan sendiri

•  sudah hafal dua suratpendek di kitab suci

         dan lain-lain.

 

 

Lebih Lengkap : Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD

Belum ada Komentar untuk "RPP Merdeka Belajar SD Kelas 4 Bahasa Indonesia Terbaru 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel