Soal PH/UH + Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 K13 Tahun 2021/2022

Sobat guru-baik dimanapun berada, Soal PH merupakan kumpulan bebrapa soal yang diambil dari materi pertema yang telah diajarkan sebelumnya, yang dijadikan sebagai media untuk mengevaluasi peserta didik terhadap materi yang telah diberikan selama ini.

Soal penilaian harian kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 merupakan sebuah perangkat tes yang berisikan beberapa soal untuk menguji sejauh mana peserta didik memahami materi pertema yang selama ini diajarkan oleh guru.

gambar soal ulangan harian kelas 5 tema 2

Penilaian harian sangat penting dilaksanakan dengan menggunakan soal PH yang sesuai dengan kisi-kisi kelas 5 tema 2 k13 revisi 2021 Agar para guru mampu menilai sejauh mana kecakapan peserta didik yang telah dicapai.

Contoh Soal

1. Bagaimana jika tidak ada penerapan tanggung jawab di masyarakat?

2. Sebutkan tanggung jawab di sekolah !

3. Berikan contoh tanggung jawab di masyarakat

4. Apa manfaat dari sikap tanggung jawab?

Teks untuk soal nomer 5 dan 6
Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi.

5. Buatlah pertanyaan dengan kata Tanya “bagaimana” yang sesuai paragraf diatas !

6. Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ekonomi?

Perhatikan teks berikut untuk soal 7 dan 8
Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, Gerakan Pungut Sampah (GPS) ini merupakan program Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan agar Kota Bogor terbebas dari sampah. Karena masalah sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

7. Apa masalah yang dihadapi?

8. Bagaimana langkah yang diambil pemerintah kota tersebut?

9. Bagaimana peran produsen, distributor, dan konsumen dalam kegiatan ekonomi?

10. Bagaimana proses membuat pakaian?

Jawaban

1. Tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat akan menyebabkan terjadi ketidakharmonisan dalam hubungan antarwarga masyarakat, kekacauan terjadi di mana-mana, tidak adanya kerukunan antarwarga masyarakat.

2. Contoh tanggung jawab di Sekolah :
a. Mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru
b. Mentaati tata tertib di sekolah
c. Belajar dengan rajin
d. Menjaga nama baik Sekolah

3. Contoh tanggung jawab di masyarakat :
a. Gotong royong membersihkan lingkungan
b. Menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat
c. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan
d. Menjaga persatuan dan kesatuan warga masyarakat

4. Manfaat sikap tanggung jawab :
a. Dapat dipercaya
b. Menumbuhkan kedisiplinan
c. Lebih dihargai dan dihormati
d. Mendorong tercapainya kesuksesan

5. Bagaimana proses kegiatan ekonomi?

6. Produsen, distributor dan konsumen

7. Masalah yang dihadapi yaitu sampah

8. Melaksanakan program Gerakan Pungut Sampah (GPS)

9. Produsen merupakan pihak yang bertugas untuk membuat atau memproduksi suatu barang. Sedangkan distributor adalah pihak yang menyalurkan barang hasil produksi ke tangan konsumen. Dan konsumen itu sendiri adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

10. Proses menghasilkan pakaian membutuhkan waktu yang lama. Untuk membuat pakaian produsen pakaian membutuhkan bahan baku berupa kain dan benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Kemudian benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi kain. Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit.

Download soal PH Kelas V Tema 2

Telah kami sampaikan diawal artikel bahwa, akan kami bagikan soal ulangan harian kelas 5 + kunci jawaban tersebut dengan gratis dan mudah untuk tema 2 lengkap.

Untuk mendownloadnya telah kami sediakan link unduhan yang bisa digunakan, tinggal klik maka soal PH akan langsung terdownload dikomputer bapak/ibu guru sekalian.


Download Soal Tematik Subtema 1 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 2 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 3 -Unduh-
Download Soal Tematik Subtema 4 -Unduh-

-----------------------Kisi-kisi PH Kelas 5 Semester 1 k13 revisi 2021-------------------

Demikian informasi file soal penilaian harian (PH) kelas 5 tema 2 kurikulum 2013 revisi terbaru yang bisa kami berikan, silahkan gunakan sebagai perangkat ajar untuk ulangan harian secara langsung maupun refferensi, Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Soal PH/UH + Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 K13 Tahun 2021/2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel