Modul Ajar IPA Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka Terbaru 2022/2023

Sobat Guru-Baik, Mengingat sudah ribuah sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka di tahun 2022/2023 ini. Maka pada postingan ini kami bagikan informasi tentang perangkat ajar terbaru yakni modul ajar yang kali ini kami khususkan untuk mata pelajarann ilmu pengetahuan alam kelas 7 SMP.

Sedikit perubahan khusus untuk kurikulum merdeka belajar, diantaranya KI-KD dihilangkan, materi ajar lebih fokus pada materi essensial dan diikuti dengan berubahnya beban waktu belajar. Penerapan kurikulum prototype dimulai dari sekolah penggerak kemudian diikuti oleh satuan pendidikan lain melalui jalur mandiri sebagaimana yang tertuang dalam kepmendikbudristek no 56/M/2022.

gambar modul ajar kelas tujuh IPA

Sebelum lanjutkan pembahasan lebih jauh, ada baiknya dicatat terlebih dahulu materi yang akan dibahas pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) sekolah menengah pertama (SMP) dalam buku kurikulum merdeka 2022

Semester Ganjil : Bab I Hakikat ilmu sains dan metode ilmuah, Bab II Zat dan perubahannya, bab III suhu kalor dan pemuaian, bab IV gerak dan gaya

Semester Genap : Bab V Klasifikasi mahluk hidup, bab VI Ekologi dan keanekaragaman hayati, bab VII Bumi dan tata surya

Dalam penggunaan dan penerapannya bapak/ibu guru bisa memilih satu dari tiga kategori impelentasi modul ajar pada kurikulum merdeka yang dianut sekolah masing-masing yakni:
👉Mandiri Belajar :
Satuan pendidikan menerapkan beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka tanpa mengganti kurikulum yang digunakan.
👉Mandiri berubah :
Satuan pendidikan menggunakan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan dan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi secara sederhana.
👉Mandiri berbagi :
Satuan pendidikan menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan perangkat ajar secara mandiri.

Sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Sehingga didalamnya tertuang tiga "komponen penting yang menjadi penyusun modul ajar kurikulum merdeka", Meliputi:

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Dengan menggunakan komponen-komponen penting diatas sehingga menjadi dasar untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga "modul ajar yang tersedia memiliki beberapa kriteria penting" sebagai berikut:
👉Esensial :
Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
👉Menarik, bermakna dan menantang :
Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
👉Relevan Dan Kontekstual :
Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
👉Berkesinambungan :
Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Contoh Modul Ajar IPA Kurikulum Merdeka SMP Kelas 7

Berikut contoh lengkapnya yang bisa bapak/ibu guru amati dan fahami kemudian gunakan sebagai refferensi. Nantinya bisa dikembangkan sendiri oleh bapak/ibu agar menjadi lebih baik dan sempurna.

INFORMASI UMUM

A. IDENTITAS MODUL

Penyusun                           : .....................................

Instansi                     : SMP...............................

Tahun Penyusunan : Tahun 2022 Jenjang Sekolah                        : SMP

Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Fase / Kelas                       : 7 (Tujuh) Kegiatan1               : Sains

Alokasi Waktu             : 1 Pertemuan (2 x 35 menit)

C. PROFILPELAJAR PANCASILA

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia, 

Pelajar Indonesia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara. 

2. Berkebinekaan global, Pelajar Indonesia mempertahankan kebudayaan luhur", 

lokalitas, dann identitasinya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Perilaku pelajar Pancasila ini menumbuhkan rasa saling menghargai dan memungkinkan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen kunci berkebinekaan global adalah mengenal dan menghargai budaya, kemampuan kommunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pomgalaman kebinekaan. 

3. Gotong royong, Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan pelajar Pancasila untuk melakukan kegiatan secara bersama sama dengan suka rela Agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen kunci gotong royong adalah kolaborasi, kepeduliam, dan berbagi.

4. Mandiri. Pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, Miongevaluasi, dan menyimpulkannya. Elemen laundi bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil keputusan. 

5. Bernalar Kritis, pelajar yang bernalar kritis adalah pelajar Pancasila yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi, dan menyimpulkannya. Elemen kunci bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaram, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan  mengambil keputusan.

6. Kreatif, Pelajar yang kreatif adalah pelajar Pancasila yang mampu  memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci kreatif adalah menghasilkan gagasan yang orisinal dan menghasilkan karya serta tindakan yang orisinal. 

 

D. SARANA DAN PRASARANA

·       PPT Pembelajaran 

·       Video Pembelajaran 

·       LCP Proyektor

E. TARGET PESERTA DIDIK

·     Siswa Reguler dan tipikal

F. MODEL PEMBELAJARAN

·       Model pembelajaran tatap muka.

KOMPONEN INTI

A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan membaca literasi siswa dapat menyebutkan cabang-cabang ilmu sains disertai bidang yang dipelajari

2.     Dengan membaca literasi siswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari Sains 

B. PEMAHAMAN BERMAKNA

·       Apa itu Sains? 

·       Bagaimana ilmuwan Sains menghasilkan penemuan? 

C. PERTANYAAN PEMANTIK

·       Manfaat Sains apa saja yang telah kalian nikmati ? 

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Membaca materi / memperhatikan video di grup WA atau di classroom atau

Langkah Pembelajaran : 

1. Guru membuka kelas dan mengecek kehadiran siswa dan berdoa

2. Siswa mengerjakan Mengumpulkan Jawaban Soal Bukti Telah Membaca

3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

4. Guru menyampaikan pertanyaan pemantik

5. Guru meyampaikan pertanyaan Esensial

6. Siswa dan guru berdiskusi tentang Sains dan cabang-cabang yang dipelajarinya

7. Sebagai kegiatan penutup, gure momivita siswa untuk berdiskasi antar teman tentang "Bagaimanakah ilmu Salus digunakan dalam pekerjaan Dokter, Polisi, Arsitek, Ahli Nutrisi

8. Penugasan : membuat Poster penemuan Sains: sejarah, perkembangan, cara kerja dan dampak bagi manusia dan lingkungan

9. Siswa mengerjakan Soal Penilaian Akhir SubBab 

F. ASESMEN/ PENILAIAN

·       Diagnosis

·       Individu

·       Kelompok 

Jenis Assessment 

·       Tertulis 

 

DAPATKAN HARGA PROMO

Link Download

Baiklah, di penghujung tulisan ini telah kami sediakan lengkap file contoh yang bisa di download dengan mudah dan gratis. untuk ibu/bapak guru yang ingin menggunakannya sebagai kelengkapan mengajar pada kurikulum merdeka silahkan gunakan tautan dibawah ini.

Lihat :Modul Ajar Revisi Terbaru Kelas 7 SMP Lengkap Semua Mapel

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar IPA Kelas VII SMP Kurikulum Merdeka Terbaru 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel