Modul Ajar Kurikulum Merdeka PKn Kelas 4 SD Tahun 2022/2023 [Download File Lengkap]

Pendidik yang budiman, Di tulisan kali ini kami akan share modul ajar kurikulum merdeka pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas 4 SD yang khusus kami tujukan untuk sekolah yang telah mengimpelementasikannya di tahun ajaran baru 2022/2023 baik penggerak maupun jalur mandiri.

gambar modul ajar (rpp kurikulum merdeka bahasa indonesia kelas 4 SD)

Materi yang digunakan dalam penyusunan modul sesuai dengan buku panduan PKn kelas IV SD dari kemendikbud terbaru semester ganjil, terdiri dari 8 bab yang akan menjadi bahan pembelajaran selama 1 semester meliputi Bab I Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan, Bab II Konstitusi Dan Norma di Masyarakat, Bab III Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan, Bab IV Negaraku Indonesia dan Bab V Pola Hidup Bergotong Royong.

Disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Sehingga didalamnya tertuang tiga komponen penting yang menjadi penyusun modul ajar kurikulum merdeka, Meliputi:

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Dengan menggunakan komponen-komponen penting diatas sehingga menjadi dasar untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga modul ajar kurikulum merdeka yang tersedia memiliki 4 kirteria penting berikut:
👉Esensial :
Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
👉Menarik, bermakna dan menantang :
Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
👉Relevan Dan Kontekstual :
Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
👉Berkesinambungan :
Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka SD

Tersedia dalam format pdf yang bisa bapak/ibu guru gunakan sebagai refferensi, berupa contoh modul ajar mata pelajaran PPKn untuk kelas empat sekolah dasar (fase B kurikulum merdeka).Nantinya bisa dikembangkan sendiri oleh bapak/ibu agar menjadi lebih baik dan sempurna.

A. IDENTITAS MODUL
Penyusun : .....................................
Instansi : SD ...............................
Tahun Penyusunan : Tahun 2022
Jenjang Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Fase /Kelas: B/ 4
BabI : 1. Pancasila SebagaiNilai Kehidupan
Materi Pembelajaran :Sikap mencintai sesama manusia dan lingkungannya, serta menghargai kebinekaan
Hari/Tanggal : .....................................
Alokasi Waktu : 6 Minggu

B. KOMPETENSI AWAL
 Peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita;
 Peserta didik dapB. KOMPETENSI AWAL
 Peserta didik memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepadaTuhan Yang Maha Esa

C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
 Beriman ,bertakwa kepada Tuhan YME Dan berahlakmulia.
 Berkebhinnekaan global.
 Gotong royong.
 Mandiri.
 Bernalar kritis.
 kreatif

D. SARANA DAN PRASARANA
 Sumber Belajar : (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SD Kelas IVPenulis: Yusnawan Lubis, Dwi Nanta Priharto dan Internet), Lembar kerja peserta didik

E. TARGET PESERTA DIDIK
 Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
 Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F.JUMLAH PESERTA DIDIK
 Minimum 15 Peserta didik, Maksimum 25 Peserta didik

G. MODEL PEMBELAJARAN
 Pembelajaran Tatap Muka

KOMPONEN INTI

A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
 Tujuan Pembelajaran: • Peserta didik memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

B. PEMAHAMAN BERMAKNA
 Peserta didik untuk memahami materi tentang sikap mencintai sesama manusia dan lingkungannya, sertamenghargai kebinekaan.

C. PERTANYAAN PEMANTIK
 Bagaimana perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?
 Apa sajakah wujud perilaku sehari-hari yang mencerminkan Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia?
 Mengapa kita harus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kita?
 Mengapa sikap menolong dan jujur terkandung dalam Pancasila sila pertama?

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Belajar 1

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

a.Persiapan Mengajar
Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, guru harus melakukan persiapan yangmaksimal supaya kegiatan pembelajaran yang dilakukan bersama peserta didikbisa berjalan maksimal dan bermakna. Adapun yang harus dipersiapkan guru, diantaranya sebagai berikut:

1) Peralatan Pembelajaran
Adapun alternatif peralatan pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh gurusebelum memulai kegiatan pembelajaran pada kegiatan belajar 1 ini, diantaranya:
a) laptop,
b) alat bantu audio (speaker),
c) proyektor,
d) papan tulis, dan
e) alat tulis, seperti spidol atau kapur tulis.

2) Media Pembelajaran
Media pembelajaran dipergunakan oleh guru untuk mempermudah penyampaianpesan pembelajaran kepada peserta didik. Media belajar yang digunakan sesuaimateri pada pertemuan pertama yang akan membahas tentang sikap dan perilakuyang sesuai dengan sila-sila Pancasila. Adapun alternatif media pembelajaranyang dapat dipilih oleh guru diantaranya:
a) Video yang berkaitan dengan sikap mencintai sesama manusia danlingkungannya, serta menghargai kebinekaan. Video tersebut dapat diunduhdari berbagai media online.
b) Foto-foto para pahlawan bangsa.
c) Gambar-gambar yang terkait dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengansila-sila Pancasila.
d) Cerita-cerita legenda di lingkungan masyarakat yang mencerminkanpelaksanaan norma-norma kehidupan.
e) Fabel tentang perilaku yang mencerminkan sikap dan perilaku yang sesuaidengan sila-sila Pancasila yang berlaku di masyarakat.
f) Media-media pembelajaran tersebut merupakan alternatif bagi guru.
Dengan demikian, guru dapat memilihnya sesuai kondisi dan fasilitas milikpribadi maupun sekolah.

b. Kegiatan Pengajaran di Kelas
Prosedur pembelajaran ini merupakan panduan praktis bagi Guru agar dapatmengembangkan aktivitas pembelajaran PPKn secara mandiri¸ efektif, danefisien di kelasnya masing-masing. Pada pertemuan kegiatan belajar satu ini,pelaksanaannya dengan model belajar/bekerja dalam kelompok. Secara umum,dalam model ini guru akan memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkankompetensinya untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai yang termuatdalam tayangan video, gambar, atau cerita rekaan.
1) Kegiatan Pembuka
a) Sebelum peserta didik memasuki kelas, guru mengkondisikan barisanpeserta didik agar rapi dengan salah satu peserta didik menjadi pemimpindan secara bergiliran bersalaman kepada guru saat memasuki kelas. Langkah ini dilakukan apabila pembelajaran PPKn dilaksanakan pada jampertama.
b) Guru memberikan salam dan secara acak memberikan kesempatan kepadaseorang peserta didik lainnya untuk memimpin doa sesuai agama dankepercayaannya sebelum memulai kegiatan belajar.
c) Guru mengajak peserta didik menyanyikan bersama lagu Indonesia Rayauntuk membangkitkan semangat nasionalisme.
d) Guru mengecek kehadiran peserta didik.
e) Guru menyampaikan materi pembelajaran sebagai awalan Dalam kegiatanbelajar secara klasikal. Kemudian, dilanjutkan dengan tujuan pembelajaransaat ini dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan singkat yang berkaitandengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila untukmengecek pengetahuan awal peserta didik.
f) Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan serta mempersiapkanmedia pembelajaran yang akan digunakan di dalam pembelajaran.

2) Kegiatan Inti
a) Peserta didik dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok yang terdiriatas 3-5 orang.
b) Guru menampilkan video dengan menggunakan laptop dan proyektor.
c) Guru mempersilakan peserta didik menyimak dan memperhatikan tayanganvideo tersebut.
d) Setelah penayangan video, guru menyampaikan pertanyaan terkait tayanganvideo atau gambar untuk merangsang peserta didik menyampaikanpendapatnya. Alternatif pertanyaan yang dapat diajukan diantaranya:
(1) Peristiwa apa yang terjadi dalam video tersebut?
(2) Siapakah tokoh-tokoh yang ada dalam video tersebut?
(3) Bagaimana suasana yang tampak dalam video tersebut?
(4) Sikap atau perilaku seperti apakah yang harus kalian teladani dari tokoh-tokohyang ada dalam video tersebut?
e) Guru mempersilakan kepada setiap kelompok peserta didik untukmenyampaikan pendapatnya tentang video tersebut berdasarkanpertanyaan-pertanyaan di atas. Pada langkah ini, guru hendaknya tidakmengomentari pendapat peserta didik dan tidak meminta alasan pesertadidik mengenai pendapatnya.
f) Kemudian, guru mengklarifikasi masalah dengan cara memberikantanggapan atas pendapat setiap kelompok serta mengarahkannya kekonsep atau materi pembelajaran yaitu tentang sikap dan perilaku yangsesuai dengan sila-sila Pancasila.
g) Guru memberikan lembar aktivitas peserta didik yang harus dikerjakansecara berkelompok.
h) Guru mempersilakan perwakilan tiap kelompok untuk presentasi lembaraktivitas yang telah selesai dikerjakan.

3) Kegiatan Penutup
a) Guru mengapresiasi dan memberikan klarifikasi terhadap seluruh tugasyang sudah dikerjakan oleh peserta didik.
b) Guru bersama peserta didik melalukan refleksi pembelajaran mengenaimateri pembelajaran pada pertemuan ini.
c) Guru memberikan informasi mengenai kegiatan pembelajaran padapertemuan selanjutnya.
d) Guru menutup pelajaran dan secara bergantian memberikan kesempatankepada peserta didik lain untuk memimpin berdoa bersama setelah selesaipembelajaran

Link Download

Selanjutnya jika bapak/ibu guru merasa contoh yang kami tampilkan diatas sesuai silahkan download file lengkap modul ajar pendidikan kewarganegaraan kelas 4 SD berformat pdf yang bisa di convert doc melalui tautan dibawah ini:

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Kurikulum Merdeka PKn Kelas 4 SD Tahun 2022/2023 [Download File Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel