Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn SMP/Mts Kelas VII Terbaru 2022/2023

Sobat Guru-Baik, Mengingat sudah ribuan sekolah yang mengimplementasikan kurikulum merdeka di tahun 2022/2023 ini. Maka pada postingan ini kami bagikan informasi tentang perangkat ajar terbaru yakni rpp plus atau modul ajar khusus untuk mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas 7 SMP/Mts.

Dibuat berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, perlu penetapan satuan pendidikan pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri.

gambar modul ajar PKN kelas 7

Dalam penggunaan dan penerapannya bapak/ibu guru bisa memilih satu dari tiga opsi pengaplikasian modul ajar pada kurikulum merdeka yang dianut sekolah masing-masing yakni:
👉Mandiri Belajar :
Satuan pendidikan menerapkan beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka tanpa mengganti kurikulum yang digunakan.
👉Mandiri berubah :
Satuan pendidikan menggunakan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang disediakan dan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi secara sederhana.
👉Mandiri berbagi :
Satuan pendidikan menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan perangkat ajar secara mandiri.

Perlu difahami selain untuk kurikulum pemulihan, modul ajar kurikulum merdeka bisa juga digunakan sebagai pengganti rpp bagi sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2013. Bapak /ibu guru hanya tinggal menyesuaikan kompetensi dasar dan materi pembelajaran saja.

Adapun materi pada pelajaran PKN kurikulum merdeka kelas vii SMP/Mts sesuai buku kurikulum merdeka kemendikbudristek terbaru. Berikut guru-baik tuliskan:

Materi Semester Ganjil Revisi 2022
Unit 1. Sejarah Kelahiran Pancasila:
Unit 2. Norma dan UUD NRI Tahun 1945
Unit 3. Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah

Materi Semester Genap Revisi 2022
Unit 4. Kebinekaan Indonesia
Unit 5. Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal
Unit 6. Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal

Sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Sehingga didalamnya tertuang tiga komponen penting yang menjadi penyusun modul ajar kurikulum merdeka, Meliputi:

1. Informasi Umum
Pada bagian ini berisikan identitas sekolah, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, terget peserta didik dan model pembelaran yang digunakan.

2. Komponen Inti
Pada Bagian ini didalamnya terkandung tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajran, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik guru.

3. Lampiran
Bagian ini merupakan komponen terakhir yang terdapat didalam modul ajar, dimana pada komponen ini berisikan lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru dan peserta didik, glosarium serta daftar pustaka.

Dengan menggunakan komponen-komponen penting diatas sehingga menjadi dasar untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik. Sehingga "modul ajar yang tersedia memiliki beberapa kriteria penting" sebagai berikut:
👉Esensial :
Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
👉Menarik, bermakna dan menantang :
Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
👉Relevan Dan Kontekstual :
Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan tempat peserta didik berada.
👉Berkesinambungan :
Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Contoh Modul Kurikulum Merdeka SMA

Berikut contoh Modul Kewarganegaraan kelas VII tersedia dalam format pdf yang bisa bapak/ibu guru gunakan sebagai refferensi. Nantinya bisa dikembangkan sendiri oleh bapak/ibu agar menjadi lebih baik dan sempurna.

A. IFORMASI UMUM MODUL
Nama Penyusun : …………………..
Instansi/Sekolah : SMP Negeri …………….
Jenjang / Kelas : SMP / 7
Alokasi Waktu : 3 X 6 Pertemuan (18 x 40 menit)
Tahun Pelajaran : 2022 / 2023

B. KOMPONEN INTI

Pancasila

Peserta didik mampu menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara. Peserta didik memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa. Peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945

Peserta didik memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi. Peserta didik memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peserta didik memahami peraturan perundang-undangan dan tata urutannya; mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara.

Bhinneka Tunggal Ika

Peserta didik mampu mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dan mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi secara proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat. Peserta didik memahami urgensi pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya; menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya.

Peserta didik menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global.

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mampu mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia; peserta didik turut menjaga keutuhan wilayah NKRI. Peserta didik mampu menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila serta menunjukkan contoh serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi. Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanan dan keamanan. Peserta didik menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara.

Tujuan Pembelajaran
7.1.1 Peserta didik mampu menghayati sejarah kelahiran Pancasila sebagai karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri.
7.1.2 Peserta didik mampu menjelaskan proses kelahiran, perumusan, hingga penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
7.1.3 Peserta didik mampu mempraktikkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Konsep Utama
Sejarah Kelahiran Pancasila

Pertanyaan Pemantik
• Pernahkah kalian melihat burung garuda ?
• Sebutkan lima Sila pancasila ?

Profil Pancasila
• Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
• Berkebhinekaan global
• Gotong Royong
• Mandiri
• Bernalar Kritis
• Kreatif

Kata kunci
BPUPKI, Dasar Negara, Pancasila, Piagam Jakarta, PPKI, Semangat Komitmen, Tanggung Jawab, dan Konsensus

Target Peserta Didik : Peserta didik Reguler

Jumlah Siswa : 30 Peserta didik (dimodifikasi dalam pembagian jumlah anggota kelompok ketika jumlah siswa sedikti atau lebih banyak)

Assesmen
Guru menilai ketercapaian tujuan pembelajaran
- Asesmen individu
- Asesmen kelompok

Jenis Assesmen
• Presentasi
• Produk
• Tertulis
• Unjuk Kerja
• Tertulis

Model Pembelajaran
• Tatap muka
• PJJ Daring
• PJJ Luring

Ketersediaan Materi
• Pengayaan untuk peserta didik berpencapaian tinggi:
YA/TIDAK
• Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk peserta didik yang sulit memahami konsep:
YA/TIDAK

kegiatan Pembelajaran Utama
• Individu
• Berkelompok (Lebih dari dua orang)

Metode Dan Model Pembelajaran
• Diskusi
• presentasi
• ceramah
• Kunjungan lapangan
• Pengamatan lingkungan
• Kajian Dokumen Historis
• discovery learning
• jigsaw

materi pembelajaran
Sejarah Kelahiran Pancasila
1. Latar Sejarah Kelahiran Pancasila
2. Kelahiran Pancasila
3. Perumusan Pancasila
4. Penetapan Pancasila

Media, Alat dan Bahan

1. Sumber Utama
a. Kemendikbud. 2021, Buku Siswa Kelas VII pendidikan pancasila dan kewarganegaran, Jakarta; Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
b. Laptop, LCD, PC, proyektor, white board, penghapus, sticky note, Alat tulis sekolah

2. Sumber Alternatif

Guru juga dapat menggunakan alternatif sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekitar dan disesuaikan dengan tema yang sedang dibahas.

Persiapan Pembelajaran :
• Menyiapkan bahan ajar/materi
• Menyiapkan alat dan bahan
• Menyiapkan rubric penilaian
• Menyiapkan alat penilaian

Langkah-langkah pembelajaran : Latar Sejarah Kelahiran Pancasila

Pembuka
1. Mengucap salam, mengajak berdoa, mengucap selamat datang di SMP/Tsanawiyah.
2. Mengenalkan diri ke siswa.
3. Mencairkan suasana seperti dengan berpantun. (Misalnya: “Ke sungai memancing ikan gabus, yang didapat malah ikan sepat /Kalau belajar PPKn dengan bagus, pastilah kalian jadi siswa hebat”)
4. Menanyakan pada siswa nama dan latar belakangnya.
5. Mengecek kehadiran dan mengondisikan kelas.
6. Mengajak menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Inti
1. Menanyakan pada siswa pengetahuan soal Pancasila.
2. Menanyakan penerapan sila Pancasila sehari-hari.
3. Menyampaikan contoh penerapan Pancasila.
4. Meminta siswa membaca apersepsi burung garuda.
5. Mendiskusikan hebatnya burung garuda/elang di alam.
6. Menunjukkan dan menjelaskan ‘pemetaan pikiran’ Sejarah Kelahiran Pancasila.
7. Meminta siswa membuat yel pembelajaran PPKn (Misalnya “Pancasila! Pancasila! Pancasila! Yes!).
8. Membuat penilaian terhadap siswa.

Penutup
1. Meminta masukan siswa atas pembelajaran hari itu dan AMBAK (apa manfaatnya bagiku/siswa) yang didapatkannya.
2. Meminta siswa mempelajari Subbab Latar Sejarah Kelahiran Pancasila untuk pembelajaran berikutnya.
3. Bersama menyerukan yel, dan salam penutup.

Melakukan observasi selama kegiatan berlangsung dan menuliskannya pada jurnal, baik sikap positif dan negatif.
 Melakukan penilaian antarteman.
 Mengamati refleksi peserta didik.

Pengetahuan
 Memberikan tugas tertulis, lisan, dan tes tertulis

Keterampilan
 Presentasi
 Proyek
 Portofolio

Refleksi Guru:
• Apakah kegiatan belajar berhasil?
• Berapa persen peserta didik mencapai tujuan?
• Apa yang menurut Anda berhasil?
• Kesulitan apa yang dialami guru dan peserta didik?
• Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
• Apakah seluruh peserta didik mengikuti pelajaran dengan baik?

Refleksi Peserta Didik:
• Bagian mana yang menurutmu paling sulit dari pelajaran ini?
• Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu?
• Kepada siapa kamu akan meminta bantuan untuk memahami pelajaran ini?
• Jika kamu diminta untuk memberikan bintang 1 sampai 5, berapa bintang akan kamu berikan
• pada usaha yang telah kamu lakukan?
• Bagian mana dari pembelajaran ini yang menurut kamu menyenangkan?

"Untuk Contoh dalam bentuk File format pdf silahkan lihat melalui tampilan berikut :"

Link Download Modul Ajar

Bagi bapak/ibu guru yang membutuhkan, berikut kami sediakan contoh file lengkap dalam format pdfuntuk semua bab semester ganjil dan genap. Silahkan unduh dan gunakan sebagai refferensi

bab 1 Sejarah Kelahiran Pancasila

bab 2 Norma dan UUD NRI Tahun 1945

bab 3 Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah

bab 4 Kebinekaan Indonesia

bab 5 Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal

bab 6 Bekerja Sama dan Bergotong Royong

Akhir kata, kami cukupkan informasi kali ini sampai disini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ingin file lengkap jangan sungkan untuk Chating Kami. Salam Pendidik.

Belum ada Komentar untuk "Modul Ajar Kurikulum Merdeka PPKn SMP/Mts Kelas VII Terbaru 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel